Seni Menikmati Kebahagiaan, Agar Bahagiamu Bisa Lebih Bermakna

Rasanya  setiap orang di dunia ini bekerja keras untuk mendapatkan kebahagiaan. Ada yang bilang kalau kebahagiaan itu sifatnya sementara. Well, hidup pun sifatnya sementara, makanya banyak orang yang berusaha keras untuk mendapatkan kebahagiaan biar bisa menikmati hidupnya yang singkat itu.

Tapi, mendapatkan kebahagiaan aja nggak cukup. Kita harus tau cara menikmati kebahagiaan itu supaya kebahagiannya bisa lebih bermakna. Gimana sih caranya buat menikmati kebahagiaan?

Advertisement

1. Menerima Kesedihan Sebagai Bagian dari Fase Kehidupan

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels via http://www.pexels.com

Pertama, Kita harus bisa ngerasain dingin dulu biar tau rasanya panas kaya gimana. Sama seperti kebahagiaan, kita harus ngerasain kesedihan dulu biar bisa menghargai kebahagiaan yang kita dapatkan. Dan menerima fakta bahwa kesedihan itu bagian dari fase hidup yang akan kita lewati. Tapi tenang, gaada yang abadi dalam dunia ini, begitu pula dengan kesedihan. Setelah hujan maka tampaklah pelangi, dan setelah kesedihan muncul lah kebahagiaan.

2. Setiap Harinya, Selalu Ada Berkah yang Tuhan Kirimkan untuk Kita agar Selalu Bersyukur

Foto oleh Thirdman dari Pexels

Foto oleh Thirdman dari Pexels via http://www.pexels.com

Seberat apapun hari yang kita jalani, pasti ada satu hal yang bikin kita bersyukur. Entah itu jalanan yang tidak biasanya lancar tanpa macet, atau langit yang sangat indah, mungkin juga masakan mamah yang sangat enak, atau juga kehadiran orang tersayang yang selalu ada menemani kita dan mendengarkan setiap keluh kesah kita. Atau bisa jadi jerawat bandel yang tiba-tiba hilang tanpa bekas. Atau bias tersayang yang tiba-tiba update twitter. Kalau diliat-liat, banyak hal kecil di sekeliling kita yang bisa bikin kita bersyukur dan merasa lebih baik lagi.

Advertisement

3. Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain Nggak Akan Ada Habisnya

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via http://www.pexels.com

Kita semua berbeda satu sama lain. Bahkan saat kita terlahir dari rahim yang sama dan gen yang sama, pasti ada aja yang membedakan kita. Makanya, ga akan ada habisnya kalau kita terus membandingkan diri kita dengan orang lain. Yang harus kita ingat adalah, kita semua bersinar dengan keunikan kita masing-masing.

4. Bahagia Setiap Orang Itu Beda-beda

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels via http://www.pexels.com

Kalau bahagia kamu adalah tentang uang, belum tentu bahagianya dia tentang uang. Yaa walaupun uang emang bikin bahagia siapa pun sih hehe. Yang pasti kita gabisa memukul rata bahwa kebahagiaan semua orang itu sama. Bisa aja kebahagiaan buat kamu itu jalan di pinggir pantai saat matahari terbenam, sedangkan kebahagiaan dia adalah memandangi kamu yang terlihat bahagia.

5. Kebahagiaanmu Itu Selalu Ada di Dalam Dirimu dan di Sekelilingmu

Advertisement
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via http://www.pexels.com

Kadang kita terlalu sibuk mencari kebahagiaan kesana kemari. Padahal, kebahagiaan itu tepat ada di dalam diri kita sendiri dan di sekeliling kita. Seperti memiliki banyak waktu, bisa membaca apa yang ingin kita baca, mendengarkan lagu dari band kesukaan kita, berbincang dengan orang yang kita sayangi, bukankah itu sebuah kebahagiaan?

Hal-hal yang kita anggap sepele itu, bagi sebagian orang merupakan hal yang sulit untuk didapatkan. So, menurutku, untuk bisa menikmati kebahagiaan yang kita punya, kita harus terlebih dahulu bersyukur dengan apa yang kita punya dan menikmati setiap fase kehidupan yang kita lewati.

Kadang sulit memang untuk menikmati kesedihan dan kesusahan. Tapi itu lah yang bisa bikin kita terus berkembang dan menghargai setiap kebahagiaan yang kita dapatkan, besar ataupun kecil. Dan jangan lupa untuk selalu berbuat baik kepada siapapun dan dimanapun ya, SoHip! Karena ga ada ruginya dari berbuat kebaikan. Kebaikan yang kita lakukan, bisa jadi itu kebahagiaan untuk orang lain. Tetap semangat orang-orang baik!

Kalau cara menikmati kebahagiaan versi kamu kaya gimana?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Just a jurnal of Dina's ordinary days. Stay be yourself, love yourself, and be kind to everyone!

CLOSE