Pernakah kamu mendengar tentang hotel kapsul? Bukan, ini bukan obat lho ya, tetapi seperti namanya, hotel kapsul adalah penginapan dengan konsep minimalis berbentuk 'kapsul'. Hotel kapsul ini pertama kali dikembangkan di Jepang. Penginapan minimalis ini memiliki tujuan untuk menyediakan tempat inap yang murah dengan akomodasi yang secukupnya tetapi serba nyaman.

Nah, pada umumnya hotel kapsul memiliki konsep yang sama yaitu dengan ruangan-ruangan kecil seperti kapsul untuk tempat tidurnya. Menginap di hotel kapsul ini pastinya memiliki sensasi tersendiri, dikarenakan tempatnya yang unik dan juga desainnya yang jarang ditemukan di hotel biasa.

Kalau kamu mau merasakan sensasi untuk menginap di hotel kapsul, kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke Negeri Sakura atau Jepang lho, karena di Indonesia sudah mulai banyak bermunculan hotel kapsul juga. Yuk simak beberapa hotel kapsul yang bisa kamu kunjungi.

1. INAP at Capsule Hostel, Bandung.

Single bed capsule.

Single bed capsule. via http://booking.com

INAP at Capsule Hostel terletak di Bandung, tepatnya di Grand Asia Afrika Apartment Tower D, Floor 19, Unit 17, Jalan Lengkong Kecil. Hotel kapsul ini menyediakan banyak fasilitas yang menggiurkan, seperti WiFi gratis dan juga makanan kecil dan minuman gratis seperti teh dan kopi.

Advertisement

Mereka juga punya kolam renang lho, seru kan! Untuk lokasinya sendiri, hotel ini cukup strategis karena hanya berjarak sekitar 1,3 km dari Braga City Walk dan 1 km dari Istana Merdeka. Salah satu yang menarik dari hotel ini adalah karena terletak di lantai yang tinggi, kamu bisa menikmati pemandangan spesial ke kota Bandung.

Nggak usah khawatir dengan harganya karena dengan mulai dari 100 ribu kamu sudah bisa menginap di sini. Kalau kamu mau kapsul dengan pemandangan ke kota Bandung, kamu cukup merogoh kocek mulai dari 120 ribu saja.

2. Whiz Capsule Hotel Grand Bromo, Probolinggo.

Single bed capsule.

Single bed capsule. via http://traveloka.com

Nah, selanjutnya, kalau kamu mau mampir ke Jawa Timur, kamu bisa mencoba untuk menginap hotel kapsul yang ada di Probolinggo, yaitu Whiz Capsule Hotel Grand Bromo. Kamu bisa mengunjungi hotel kapsul ini di Jl. Raya Bromo, Sukapura. Lokasi kapsul hotel ini berada 21 km dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Ngadisari dan juga 37 km dari bandara Abdul Rachman Saleh.

Advertisement

Fasilitas yang ditawarkan hotel kapsul ini juga cukup banyak, seperti WiFi gratis, kolam renang, bar dan masih banyak yang lainnya. Teknologi yang disediakan di setiap kapsulnya sangat canggih dan menarik untuk dicoba. Desain setiap ruangannya dan kamarnya juga sangat unik, yaitu seperti kamu sedang berada di pesawat ruang angkasa.

Buat harganya, hotel kapsul ini juga cukup terjangkau. Berdasarkan situ-situs booking online, untuk bisa menginap di Whiz Capsule Hotel Grand Bromo, kamu harus mengeluarkan budget mulai dari 150 ribu rupiah.

3. The Capsule Gajahmada, Semarang.

Single bed capsule.

Single bed capsule. via https://www.facebook.com

Selanjutnya kita berangkat ke Semarang! Di Semarang juga ada hotel kapsul dengan harga yang sangat terjangkau. The Capsule Gajahmada bisa ditemukan di Jalan Gajahmada No.68B, Kebangsari. Lokasinya cukup strategis dari berbagai tempat seperti Lawang Sewu yang berjarak 1.37 km, Ciputra Mall Semarang 1.34 km dan juga Universitas Diponegoro 2.18 km. #

Di sini juga tersedia WiFi gratis dan layanan resepsionis selama 24 jam. Hotel kapsul ini sangat cocok untuk kalian para pelancong yang ingin mengabiskan uang seminimum mungkin. Untuk menginap di hotel kapsul ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari 60 ribu rupiah saja per-malam.

4. Tab Capsule Hotel, Surabaya.

Single bed capsule.

Single bed capsule. via https://tabcapsulehotel.com

Setelah Semarang, sekarang saatnya kita pergi ke Surabaya. Di Surabaya, ada salah satu hotel kapsul yang sangat sayang untuk dilewatkan yaitu Tab Capsule Hotel. Lokasi hotel ini ada di Jl. Kayon Blok B No.11, Embong Kaliasin, Genteng. Tempatnya bisa dibilang cukup strategis karena dekat dengan pusat kota, yaitu sekitar 5 menit saja. Hotel ini juga hanya 30 menit dari bandara International Juanda serta sekitar 5 menit dari beberapa pusat perbelanjaan.

Untuk fasilitasnya, di sini tersedia WiFi gratis, pendingin ruangan dan juga kamu bakal dapat perlengkapan mandi yang akan diletakan di capsule pribadi kamu. Hotel kapsul ini mengusung tema minimalis dan futuristic yang artinya memiliki teknologi yang cukup memuaskan. Untuk menginap di hotel kapsul ini, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harganya dimulai dari 150 ribu saja.

5. Capsule Hotel Old Batavia, Jakarta.

Single bed capsules.

Single bed capsules. via https://www.booking.com

Hotel kapsul yang terakhir ini ada di Ibu Kota Jakarta, tepatnya di Jl. Cikini Raya No. 60Z. Lokasi hotel kapsul ini juga cukup strategis karena berada di tengah kota, seperti Stasiun Cikini yang berjarak hanya 2 menit, Stasiun Gambir berjarak 2.1 km, Taman Monas 2.4 km, Museum Gajah 2.7 km dan masih banyak lainnya.

Fasilitas yang ditawarkan juga cukup beragam seperti TV kabel, WiFi gratis, teras dan lounge bersama. Meskipun terletak di tengah kota, kamu tidak perlu khawatir dengan harga yang mahal. Harga yang ditawarkan Capsule Hotel Old Batavia cukup terjangkau yaitu mulai 100 ribu saja.

Nah, itu dia beberapa hotel kapsul ala Jepang yang bisa kamu temukan di Indonesia. Dengan konsep yang unik dan harga yang terjangkau, pastinya menginap di hotel kapsul akan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan. Kalau kamu ingin pergi dengan teman atau pasangan agar lebih seru, kamu bisa banget menyewa capsule dengan double bed. So, tunggu apa lagi? Jalan-jalan dengan budget rendah bukan lagi menjadi masalah bukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya