Setujukah Berbagi Bisa Buat Kita Bahagia? Ini Dia Alasannya!

Dengan berbagi kita merasakan kebahagian yang maksimal

Setuju sekali jika berbagi dapat membuat seseorang bahagia. Selain shopping, travelling, atau pun makan di tempat mewah, berbagi juga salah satu solusi untuk bahagia. Kebanyakan dari kita merasa senang setelah berbagi. Nggak hanya si pemberi, orang yang menerima pun ikut merasa bahagia. Berbagi bisa dalam bentuk apapun dan bukan materi aja, misalnya berbagi kasih sayang, perhatian, pengalaman hidup, ataupun memberi senyuman yang tulus. Kita bisa berbagi kepada ke siapa pun baik itu orang tua, kekasih, sahabat, tetangga, atau kepada komunitas tertentu.

Studi membuktikan bahwa berbagi bisa bermanfaat untuk kesehatan, kebahagiaan, dan kekuatan seseorang. Berbagi dengan tulus kepada seseorang akan menghasilkan hormon bahagia pada tubuh, hormon ini juga disebut sebagai hormon cinta. Menyumbangkan sebagian pendapatan yang kita punya untuk suatu amalan seperti membangun masjid, mensejahterakan anak-anak yatim, dan memuliakan lansia di panti jompo membuat pengalaman yang bermanfaat dan positif dalam hidup. Michael Norton dari Harvard Business School pada presentasinya di TED, membahas eksperimennya dan menjelaskan bahwa membelanjakan uang untuk orang lain dapat membuat seseorang lebih bahagia daripada membelanjakan untuk diri sendiri. Beberapa alasan yang membuat seseorang merasa bahagia ketika berbagi kepada orang lain.

Advertisement

1. Berbagi Bisa Menginspirasi

Foto oleh RDNE Stock project dari Pexels

Foto oleh RDNE Stock project dari Pexels via https://www.pexels.com

Berbagi menunjukkan rasa kemanusian yang tinggi. Berbagi sama halnya kita menanam kebaikan di dunia sehingga bisa menginspirasi orang lain untuk ikut melakukan kebaikan juga. Perasaan manusia itu jika ada hal-hal emosional yang terjadi akan dengan mudah tersentuh. Terkadang inspirasi itu muncul bisa karena hal-hal emosional yang pernah dialami seseorang.

2. Berbagi Bisa Membuat Kita Puas Secara Batin

Photo by Ben White on Unsplash

Photo by Ben White on Unsplash via https://unsplash.com

Setelah berbagi, perasaan kita jadi lebih bahagia, tenang, dan puas sebab dengan berbagi bisa meringankan beban seseorang. Dan orang lain pun akan senang karena keperdulian dan perhatian yang kita berikan dengan tulus. Selain itu rasa puas juga muncul karena merasa kebaikan kita diterima dan bermanfaat untuk orang lain.

Advertisement

3. Dengan Berbagi Akan Meningkatkan Kepercayaan Diri Seseorang

Photo by Javier Molina on Unsplash

Photo by Javier Molina on Unsplash via https://unsplash.com

Memberi butuh perasaan saling percaya yang kuat antara penerima dan pemberi. Kepercayaan dari orang lain ini lah yang akan membuat kita pede dan yakin pada diri kita sendiri. Kebaikan itu akan berpengaruh pada kehidupan seseorang maupun sekitar kita.

4. Berbagi Dapat Menularkan Energi Positif

Foto oleh Antoni Shkraba dari Pexels

Foto oleh Antoni Shkraba dari Pexels via https://www.pexels.com

Saat kita berbagi orang-orang disekeliling kita akan merespon kebaikan kita seperti memberikan senyuman, mengucapkan terimakasih, atau berjabat tangan. Respon tersebutlah yang bisa menularkan energi positif kepada orang lain. Energi positif dapat membuat kita bersemangat, aktif, dan antusias dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

5. Memperkuat Dan Mendekatkan Kita Pada Orang Lain

Photo by Pexels from Pinterest

Photo by Pexels from Pinterest via https://pin.it

Kebaikan dapat selalu teringat dan melekat pada ingatan manusia. Jika kita menolong ataupun memberi di saat orang tersebut sedang mengalami masalah yang berat maka secara nggak langsung orang lain yang menerima kebaikan itu dan menyimpan dalam memori. Kemudian berbagi bisa membuat yang awalnya nggak kenal bisa jadi saling kenal dan terjalin hubungan baik

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Annisa Galuh Kinanti

CLOSE