Simak Info Penting Tentang Vaksinasi Booster, Yuk!

Dapatkan segera vaksinasi booster di tempat tinggalmu, ya

Kasus Covid-19 telah memasuki babak baru. Setelah berhasil bermutasi, kini virus yang lama hidup bersama kita itu punya sebutan baru. Sebagai varian Omicron.

Pada tanggal 15 Desember lalu, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan pemberitaan terkait kasus pertama Omicron yang masuk ke tanah air. Diketahui virus ini menjangkiti salah satu pekerja Wisma Atlet yang tidak pernah melakukan perjalanan luar negeri.

Setelah ditelusuri, ternyata bukan hanya pekerja Wisma Atlet yang terinfeksi namun terdapat WNI yang baru tiba dari Nigeria juga terpapar varian baru ini.

Hal ini mengundang perhatian banyak masyarakat. Di samping media yang rajin memberitakan perkembangan kasus ini, juga masyarakat telah sadar akan masalah kesehatan akibat pengalaman sebelumnya.

Dalam banyak pemberitaan, dikabarkan varian Omicron tidak menimbulkan gejala yang parah seperti varian sebelumnya. Bahkan mungkin tidak ada sama sekali kasus kematian yang pernah menjadi tren di media seperti dulu.

Karena itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan saat ini bekerja keras menjaga masyarakat agar tetap sehat dan terhindar dari efek buruk virus Covid-19 yang telah lama menghantui. Salah satunya dengan mengadakan program vaksinasi booster.

Selanjutnya kita simak yuk, apa saja info penting tentang vaksinasi booster di Indonesia berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan RI tentang Vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (booster)

Advertisement

1. Mengenal vaksinasi booster

Photo by lifestyle.bisnis.com from Google.com

Photo by lifestyle.bisnis.com from Google.com via https://lifestyle.bisnis.com

Kita berkenalan dulu, yuk dengan vaksinasi booster.

Vaksinasi booster atau disebut vaksin untuk Covid-19 dosis lanjutan adalah vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan. Vaksin yang digunakan adalah Pfizer, Moderna, dan Astra Zeneca

Advertisement

Vaksinasi primer dosis lengkap di sini diartikan bahwa seseorang yang sudah melakukan dua kali suntik vaksin sebelumnya.

2. Kenapa vaksinasi booster diperlukan

Photo by kabar24.bisnis.com from Google.com

Photo by kabar24.bisnis.com from Google.com via https://kabar24.bisnis.com

Berdasarkan hasil studi disebutkan, bahwa telah terjadi penurunan antibodi pada seseorang setelah 6 bulan mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis primer lengkap. Sehingga dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan perlindungan.

Sehingga, hal ini dibutuhkan agar imunitas tubuh tetap terjaga setelah 6 bulan masa pemberian vaksin primer telah lewat.

Advertisement

3. Target pemberian vaksinasi booster

Photo by mediaindonesia.com from Google.com

Photo by mediaindonesia.com from Google.com via https://mediaindonesia.com

Masih berdasarkan surat edaran yang disebut di atas, disebutkan bahwa vaksin booster ini ditujukan pada seluruh WNI yang berusia di atas 18 tahun terutama pada kelompok masyarakat rentan seperti Lansia.

4. Syarat mengikuti vaksin booster

Photo by kompas.com from Google.com

Photo by kompas.com from Google.com via https://www.kompas.com

Untuk mengikuti vaksinasi booster, diharapkan masyarakat agar membawa KTP/KK, serta menunjukkan bukti vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

5. Lokasi pelayanan vaksinasi booster

Photo by ekonomi.bisnis.com from Google.com

Photo by ekonomi.bisnis.com from Google.com via https://ekonomi.bisnis.com

Masyarakat dapat mengunjungi puskesmas, rumah sakit milik Pemerintah dan Pemerintah daerah maupun pos pelayanan vaksinasi yang dikoordinasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi atau Kabupaten/Kota.

Nah, Itu dia info penting mengenai vaksinasi booster di Indonesia.

Agar lebih detail, langsung cek dokumennya langsung ya. Gampang kok nyarinya 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa akhir yang sedang mengembangkan diri dalam dunia kepenulisan dan bisnis online

CLOSE