Siapa sih yang bakal menolak tiket seharga 400an ribu dari SUB-SIN (Surabaya – Singapura) atau 800an ribu dari SIN-SUB (Singapura-Surabaya)? Kapan lagi bisa jalan-jalan ke Singapura dengan tiket yang murah? Pastinya teman-teman tertarik 'kan! Traveling memang butuh persiapan juga, selain tiket ada hal-hal lain yang menjadi perhatian kalian. Mulai dari pakaian, paspor, bahkan uang saku! Nah, dibawah ini ada  tiga belas tips jitu mlipir minimalis ke Singapura . Yuk, intip!

1. Jangan malu buat beli tiket promo

Photo by Torsten Dettlaff from Pexels

Photo by Torsten Dettlaff from Pexels via https://www.pexels.com

Karena kalo tiket dadakan harganya bisa 3x lipat, jadi jangan malu buat beli tiket promo. Sebisa mungkin kamu pesen tiket 4 – 6 bulan sebelum keberangkatan, ya! Pastikan juga kamu pesen tiket langsung diwebsite penerbangannya karena harganya pasti lebih murah.

2. Beli tiketnya sekalian pulang-pergi (PP)

Advertisement

Beli tiketnya sekalian pulang-pergi karena antisipasi random check. Lumayan kalo cuma ditanya-tanyain, beda cerita lagi kalo tiba-tiba gak diijinin terbang atau malah dideportasi. Imigrasi di Singapura itu terkenal galak dan tegas, meskipun enggak semua petugasnya galak sih.

3. Cek paspor kamu karena itu dokumen paling penting

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Kalo bisa expired-nya masih 6 bulan lagi, ya. Kamu gak mau 'kan bermasalah selama liburan di negara orang hanya karena passport kamu hampir expired. So, cek bener-bener tanggal dan tahunnya ya guys.

4. Mending pesen penginapan di Indonesia karna harganya beda banget

Di Indonesia harganya 180 ribu di sana bisa 24 dollar Singapura per malam. Penginapan di Singapura itu mahal pake banget, kalo aku sih mending dorm yang khusus cewe yang sekamar diisi 6 orang sih hehe. Tenang, ada lokernya masing-masing kok kalo takut barang berharganya ilang. 

5. Jalan-jalan gratis-an kemana aja?

Orchard surganya belanja

Orchard surganya belanja via https://www.honeycomberssingapore.com

Advertisement

Ada banyak referensi, bisa di cari di Google. Yang pasti ikonik sih Merlion Park, Garden By The Bay, Singapore Flayer, Sentosa Island, Esplanade, Orchard, Chinatown, Singapore Zoo, dan masih banyak wisata seru lainnya!

6. Transportasi umum untuk kesana kemari

Aku saranin kalo kamu emang berniat ke sana kemari mending pake STP (Singapore Tourist Pass) tinggal pilih 1 hari, 2 hari, atau 3 hari dan bisa dibalikin untuk dapet 10 dollar singapura. Gak cuma buat naik MRT, tapi juga bisa dipakai untuk Bus dan LRT. Tinggal tap bisa kemana-mana sampe bosen.

7. Persiapkan apa yang perlu kamu bawa

Nggak perlu bawa barang banyak, kalo perlu modal tas ransel aja nanti di sana beli koper. Murah banget! Ada banyak koper seharga 22,90 dollar (Rp 250an ribu) untuk ukuran 23’’ (kabin). Kalau di Indonesia sih koper gituan bisa 400an ribu.

8. Gausah bawa uang banyak-banyak, kecuali emang niat belanja sih

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Karena harga-harga di Singapura cenderung mahal, kamu mesti pinter-pinter mengatur pengeluaran uang kamu, guys. Jangan sampai kamu kalap mata lalu belanja sepuasnya atau makan sepuasnya dan tanpa sadar uangmu habis tanpa sisa. 

9. Beli oleh-oleh dengan harga miring

Jangan lupa beli coklat

Jangan lupa beli coklat via https://www.pandupedia.com

Bisa di Bugis, Mustafa Center, Chinatown, Arabstreet, dll. Tapi berdasarkan pengalaman sih harganya lebih murah di Chinatown, makanan juga gitu. Tapi harus hati-hati kalo kamu nyari makanan halal, karena makanan halal jadi barang mahal di Chinatown. Tapi kalo kamu jeli, pasti ada aja kok penjual yang ngasih tulisan “No Pork No Lard”

10. Takut gak paham bahasanya

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Nggakharus lancar banget dalam berbahas inggris. Asal kamu pede, minimal bisa bahasa inggris dasar, oke aja kok kemana-mana sendiri. Yang penting jangan malu buat nanya, syukur-syukur malah ditunjukin dan dianter. 

11. Penerbangan yang sering kasih promo ke Singapura

Banyak penerbangan yang sering kasih promo ke Singapura. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan budget kamu dan menurut kamu nyaman. Jangan lupa untuk bertanya tentang rekomendasi penerbangan.

12. Jangan khawatir tentang internet

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu bisa roaming pakai kartu kamu (tapi lebih mahal biasanya), bisa juga sewa router / modem, atau kamu juga bisa beli kartu perdana atau kartu perdana yang ada di Singapura (inget, belinya di Indonesia aja ya). 

13. Jangan lupa dicek lagi paspor, tiket, uang, dll

Jangan salah nulis data ya

Jangan salah nulis data ya via https://www.reikouys.blogspot.com

Biar makin aman mending tiket pesawat dan hotel dicetak, deh. Takut tiba-tiba kamu lupa naruh ponselmu. Jangan lupa bawa pena. Wajib pakai banget! Karena begitu mau keluar dari imigrasi atau di pesawat dikasih Arriving Card yang mesti kita isi. Intinya cuma ngasih data lengkap kita, berapa hari tinggal di sana, alamat di Singapura, dan data-data penting lainnya.

Bagaimana? Menarik bukan? Cuss langsung aja persiapkan semuanya dan terbang ke Singapura! 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya