Stop Kebiasaan Buruk yang Bikin Berat Badan Kamu Cepet Naik!

Kebiasaan sehari-hari kamu bisa jadi pemicu berat badan kamu naik secara cepat lho!

Timbangan menjadi musuh bagi sebagian orang. Karena jika melihat timbangan, ada rasa ketakutan tersendiri soal berat badan! Khususnya bagi kamu yang memang tidak menginginkan berat badan kamu bertambah dan sedang berusaha keras untuk menurunkan berat badan. Kebiasaan sehari-hari kamu bisa jadi pemicu berat badan kamu naik secara cepat lho!

Nggak mau kan berat badan kamu naik cuma karena hal sepele? Ulasan dibawah ini bisa membantu kamu dalam memberhentikan kebiasaan buruk yang bisa bikin berat badan naik dengan cepat.

Advertisement

1. Kalo makan jangan cepet cepet ya!

Awas tersedak!

Awas tersedak! via http://interesticle.com

Ya emang sih.. Kalau bangun kesiangan, kerjaan numpuk dan ga punya banyak waktu untuk sekedar makan. Padahal makan merupakan sebuah hal yang tidak boleh dilewatkan dan saat waktu makan pun nggak boleh cepet-cepet!  

Dikutip dari heatlhline.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan makan buru-buru, cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Saat makan terlalu cepat, tubuh tidak diberikan kesempatan untuk memberi tahu otak bahwa perut sudah kenyang. Oleh karena itu, kamu akan makan lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh.

Advertisement

Maka dari itu, mulai sekarang memperlambatlah waktu mengunyah atau waktu makan kamu dengan menikmati disetiap suapannya.

2. Jadwal makan yang tidak teratur

Makan teratur

Makan teratur via https://www.tropicanaslim.com

Makan dijam yang teratur bisa meminimalisir berat badan kamu naik, karena penelitian membuktikan orang-orang yang memiliki waktu makan teratur cenderung merasa kurang lapar sebelum makan dan akan merasa lebih kenyang setelah makan. Sebaliknya, orang yang jadwal makannya berantakan akan merasa lebih lapar dan makan lebih banyak.

Jadi, pastikan jam makan kamu teratur ya. Jangan sampai telat makan yang bikin lambung kamu terasa sakit. Tapi, saat makan jangan sembarangan dan jangan lupakan 4 sehat 5 sempurnanya.

Advertisement

3. Kurang minum

Minum air putih 8 gelas sehari

Minum air putih 8 gelas sehari via http://riaubarometer.com

Kalau kamu berpikiran bahwa kurang minum adalah hal sepele, maka buanglah pemikiran tersebut. Karena orang yang kurang minum berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, salah satunya bisa membuat berat badan cepat naik.

Dengan minum air putih yang cukup membuat kamu terlihat muda dan sehat. Selain itu, sistem pencernaan dapat berjalan dengan baik.

4. Ngemil yang nggak sehat

Ngemil yang sehat yuk!

Ngemil yang sehat yuk! via https://hellosehat.com

Walaupun sudah makan, tapi rasa lapar masih ada? Lalu hal yang kamu lakuin adalah ngemil? Nggak selamanya ngemil itu salah, tetapi akan terus salah kalau kamu ngemil makanan yang nggak sehat. Kenyang sih, tapi sehabis itu sakit? Duh, Jangan sampai hal itu terjadi ya.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan ringan dengan indeks glikemik (Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah) yang rendah di antara waktu makan besar.

Camilan dengan indeks glikemik yang rendah dapat membantu Anda kenyang lebih lama sehingga mencegah makan dengan porsi besar.

5. Kurang tidur

Tidur yang cukup ya!

Tidur yang cukup ya! via https://www.rasio.co

Ketika kamu kurang tidur, hormon kortisol akan diproduksi, dan hormon ini bisa mengatur rasa ingin makan. Kamu akan merasa lapar ketika kurang tidur, walaupun sebenarnya dalam keadaan kenyang. Kurang tidur juga meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh.

Tidur yang cukup, olahraga yang cukup, makan makanan yang seimbang. Ubah pola hidup kamu agar menjadi pola hidup sehat, agar badan tetap sehat dan kuat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hi! Saya Sulisti atau biasa dipanggil Uli.

CLOSE