Travelling sudah menjadi bagian dari lifestyle. Salah satu cara menunjukkan eksistensi diri dan membagikannya di berbagai jejaring media sosial dengan menambahkan informasi lokasi wisata. Cepatnya penyebaran informasi di media sosial membuat lokasi wisata menjadi terkenal dan menarik lebih banyak wisatawan. Namun, meningkatnya jumlah wisatawan terkadang tidak sebanding dengan upaya pelestarian dan pemeliharaan kawasan wisata, terutama objek wisata alam sehingga seiring berjalannya waktu, kualitas dan keindahan objek wisata menjadi menurun dan kehilangan daya tarik.

Hanya mengandalkan pihak Pemerintah atau Managemen lokasi wisata tidak menjamin terjaganya keindahan objek wisata, jika kita sebagai traveller masih berwisata dengan cara lama. 27 September 2017 lalu adalah hari World Tourism Day ​yang diusung dengan tema Sustainable Tourism, nah karena temanya senada, sudah saatnya kita, para traveller, harus mulai mengubah diri menjadi sustainable traveller agar suatu hari kelak, anak-cucu-cicit kita masih dapat menikmati panorama seindah yang kita lihat sekarang. Bagaimana caranya menjadi sustainable traveller? Baca ulasannya berikut!

1. Menjaga Sikap

chatting with two men on riverbank

chatting with two men on riverbank via https://www.pexels.com

Sikap! Ya sebagai seorang traveller wajib banget menjaga sikap dimanapun kamu berwisata. Menjaga sikap terhadap sesama makhluk hidup dan lingkungan. bersikap yang baik kepada sesama warga setempat merupakan suatu keuntungan loh. Kamu bisa lebih mengenal budaya mereka dan jika beruntung, kamu bisa dapat teman baru seperjalanan maupun bantuan. Tapi jangan terlalu berharap ya. Intinya menjaga sikap baik adalah hal yang mutlak bagi seorang traveller.

Selain kepada sesama manusia, sikap juga harus dijaga ketika berwisata alam, baik di gunung, pantai atau laut. Sikap baik kepada lingkungan yang dimaksudkan disini adalah selalu menjaga kebersihan dan tidak melakukan tindakan yang dapat merusak alam ataupun mengganggu fauna di tempat kamu berwisata.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya