Dear Calon Orang Tua Baru, Inilah Suka Duka Kehamilan yang Harus Kalian Hadapi

Suka duka kehamilan

Setiap perempuan sudah menjadi kodratnya untuk mengandung dan melahirkan. Tak lepas dari apapun profesi dan usia perempuan adalah manusia yang dianugerahi kekuatan luar biasa dalam melahirkan generasi penerus. 

Seperti perempuan lainnya saya pun diberi anugerah untuk merasakan bagaimana jadi Ibu . Mengandung dalam keadaan lemah dan bertambah lemah. Tapi aku rasa semuanya indah bila kita menyikapinya dengan indah. 

Sering mengeluh ini dan itu namun terkadang berhenti ketika membayangkan bagaimana sosok anak lahir ke dunia ini. Tertawanya, tangisannya menjadi pelipur lara teman hidup dan penyemangat kala menghadapi hiruk pikuknya dunia. 

Nah, apa saja sih yang aku rasain sebagai wanita hamil. Berikut ini pengorbanan seorang wanita hamil. Pria mungkin tak akan sanggup makannya jangan pernah mengeluh apapun karena wanitanya sedang bertaruh nyawa hanya demi buah hati. Ini dia yang di alami wanita selama kehamilan.

Advertisement

1. Mual dan perut terasa penuh

Mual saat hamil

Mual saat hamil via http://https

Nah, berbicara kehamilan hal yang pertana dialami wanita adalah mual. Ya.. biasanya mual menyerang di pagi hari hingga malam hari. Rasa mual itu tak tertahankan belum lagi asupan gizi bagi bayi tentu harus sempurna.

Kebayang apapun tak enak dan rasanya ingin pingsan sehingga tidak dapat beraktifitas normal seperti yang lain. Tak hanya mual, wanita hamilpun kerap di sertai pusing dan siklus mual tersebut sampai 6 bulan.

Advertisement

Bayangkan jika pria yang seperti itu mungkin mereka akan berhenti beraktifitas ya. Masih mau bilang wanita lemah? Tapi meskipun begitu terbukti wanita sangat kuat, ada banyak wanita hamil yang masih beraktifitas di luar sana. Padahal mual itu sangat menggannggu dan ada pula karena mual sampai hilang kesadaran. 

2. Rambut rontok

Rambut rontok saat hamil

Rambut rontok saat hamil via http://https

Nah, perubahan hormon wanita hamil menyebabkan rambut rontok parah. Pasalnya jika ini dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kebotakan. 

Advertisement

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Kamu tau ketika wanita mengandung ada loh yang rontok mungkin penyebab stres atau wanitanya lemah. Rontoknya pun parah hingga mengakibatkan kebotakan. Nah perlu asupan gizi dan suplemen rambut agar di masa kehamilan tidak rontok .

Perjuangan wanita hamil sungguh luar biasa, bukan. Masih mau ngatain wanita aneh-aneh apakah kalian tidak terlahir dari seorang Ibu. Maka dari itu hormati Ibumu karena perjuangannya melahirkan kamu sangat luar biasa.

3. Ancaman karir

Karir saat Hamil

Karir saat Hamil via http://https

Tak hanya fisik ternyata pengorbanan wanita hamilpun menyangkut karirnya. Inilah perbedaan pria dan wanita dalam berkarir sehingga wanita harus dapat penghargaan lebih dari pada pria.

Sebenarnya jika wanita tidak ada kodrat untuk mengandung, melahirkan dan lainnya pasti wanitapun akan lebih tangguh dari pria. Namun Tuhan menciptakan pria dan wanita tak lain dari menjalankan fungsi dan kodratnya masing- masing. 

Kehamilan sering membuat wanita didiskriminasi di dunia kerja apalagi jika kehamilan wanita itu sangat lemah dan harus diperintahkan bedrest total. Dia harus memilih antara karir dan kehamilannya, belum lagi dia yang pernah trauma keguguran.

Tau nggak keguguran itu sakit baik fisik maupun psikis. Ya tak hanya itu proses kuretnyapun hampir sama seperti melahirkan namun tidak ada anak yang keluar melahirkan janin yang telah tiada. 

Ya semua itu luka dan trauma bagi wanita hamil yang pernah keguguran apalagi dihadapkan dengan karir. Disatu sisi ia ingin mengembangkan sayapnya, namun disisi lain ia khawatir dengan kehamilannya.

Pasalnya jika pasti semua wanita ingin memiliki teman hidup dan buah hati jadi mau usia tua atau muda kehamilan tentunya menjadi lumrah.  Nah bagaimana jika seorang wanita ingin tetap melanjutkan karir? 

Pertama cepatlah menikah dan hamil di usia muda maka anda pun berkesempatan untuk memulai karir di usia produktif tanpa berfikir hami dan melahirkan toh anda sudah punya bayi.

Kedua hamil dan melahirkan diatas 35 setelah karir anda jaya namun ingat resiko kehamilan di atas itu sangat berbahaya belum lagi keguguran dan monopose. 

Semua mungkin, berdoalah menjadi wanita hamil itu keren kok. 

4. Hati lebih baperan

Baperan saat hamil

Baperan saat hamil via http://https

Kamu pernah liat gak kalau wanita hamil gampang banget baperan. Apa-apa sensitif dan tau sendiri kalau stres sangat berbahaya bagi perkembangan janin. Perubahan hormon menyebabkan wanita sensitif terhadap sesuatu alhasil dia bakal gampang tersinggung, marah-marah dan nangis gak jelas.

Apalagi nih usut punya usut wanita hamil tidak boleh stres karena dapat mengganggu perkembangan jani yang ada dalam kandunganya. 

Resiko lain nih karena terlalu stres ada seorang bayi yang meninggal ketika di lahirkan. Makanya mood ibu hamil harus stabil biar ibu dan bayinya selamat.

5. Kondisi badan yang tak lagi indah

Gemuk saat hamil

Gemuk saat hamil via http://https

Ketika masih perawan wanita memiliki bentuk badan yang langsing dan bagus. Namun kehamilan membuatnya gendut. Itu adalah derita wanita hamil yang kelima.

Demi mendapat asupan sehat untuk buah hatinya seorang ibu akan melakukan apapun tak peduli lagi dengan bentuk badannya. Sering kali hinaan bodyshaming ditunjukan untuk pejuang wanita ini. 

Mereka sudah tak peduli lagi di katakan gemuk atau tidak karena baginya buah hati adalah nomor satu. Belum lagi suaminya yang tak lagi meliriknya hanya karena fisiknya yg gemuk tak biasa. Secara psikologis menjadi wanita dibutuhkan kekuatan mental extra

Wanita rela tak peduli akan apapun asalkan buah hatinya bisa lahir di dunia. Semua yang ia rasakan tak peduli sesaknya waktu berjalan, sulitnya tidur, sakit perut dan penyakit lainnya ia terima dengan ikhlas. 

Itulah 5 pengorbanan wanita hamil, maka dari itu mulai sekarang jangan pernah merendahkan harkat dan derajat wanita karena mereka tak selemah yang kamu pikir. Nah, jika ada yang meremehkan wanita buktikan apa dia bisa melahirkan dan mengandung. Jawabanya TIDAK karena Tuhan memberikan hak istimewa kepada wanita.

Yuk sayangi wanita, manjakan dia dengan kasih sayang. Karena melahirkan generasi penerus bangsa harus melewati perjuangan yang luar biasa besar. Semangat menjadi wanita hamil, tak usah  takut, mereka sangat-sangat tangguh…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bekerja dia atas sinyal. seorang peselancar dunia maya yang berkreatifitas dengan pikirannya.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE