Suka Merasa Boros Banget? Ini Nih 5 Kebiasaan yang Jadi Penyebabnya

Biar kamu makin memperhatikan cara mengelola keuangan

Kebiasaan yang kita lakukan, memang seringkali disepelekan. Tetapi jangan salah, karena justru hal – hal inilah yang membuat pengeluaran kita menjadi membengkak? Apa saja daftar kebiasaan tersebut. Coba kita simak Sobat Hipwee.

1. Menunda

Advertisement

Secara umum, kebiasaan menunda adalah membuang waktu secara sia – sia. Tetapi, efek dari kegiatan menunda ini terkadang sangat berdampak pada keuangan kita loh! 

Menunda mengganti oli kendaraan misalnya, justru akan membuat kendaraan kita tidak perform dan akhirnya membuat kita harus mengeluarkan biaya perbaikan yang jumlah dan nominalnya malah jauh lebih banyak.

2. Beli Barang Sekali Pakai

Barang – barang sekali pakai itu memang sangat praktis, instan dan tidak merepotkan kita sebagai pengguna. Tetapi jika dihitung – hitung, akan membuat pengeluaran kita membengkak loh. Coba kita ambil contoh kasus dari penggunaan masker saat berkendara dengan menggunakan gojek online.

Advertisement

Coba hitung, manakah yang lebih hemat di antara menggunakan masker sekali pakai tetapi menggantinya setiap hari, atau pakai masker kain yang dapat kita gunakan berkali – kali?

3. Mengambil ATM dari Mesin ATM Bank Lain

Mengambil ATM seharusnya memang tidak mengeluarkan biaya. Paling biaya parkir kendaraan saja. Tetapi jika kita terbiasa mengambil uang dari ATM Bank Lain, maka jika ditotal – totalnya jumlahnya bisa lumayan loh.

Pasalnya, dalam biaya bertransaksi antar ATM, kita akan dikenakan biaya Rp 6.500 per sekali penarikan. Jadi kalau kita hanya mengambil sejumlah kecil uang, misalnya Rp 50ribu, berarti biaya tariknya sudah lebih dari 10% loh. Jadi handle with care ya kawan.

Advertisement

4. Membawa Uang Cash dalam Jumlah Banyak

Selain tidak aman, hal ini akan membuat kita semakin boros loh teman. Pada akhirnya kita merasa memiliki banyak uang, dan akhirnya malah membeli apapun yang kita ingin belikan. Sebab itu, sebaiknya kita membawa uang pas saja ketika ingin membeli sesuatu ataupun sedang jalan – jalan.

Membawa uang untuk berjaga – jaga tentu saja diperbolehkan untuk mengatasi masalah di jalan. Tetapi tidak perlu banyak – banyak juga kan.

5. Belanja Tanpa Rencana

Nah, ini dia yang paling berbahaya. Banyak orang yang terjebak dalam melakukan hal ini. Belanja tanpa rencana, pada akhirnya akan membuat kita membeli barang – barang yang sebenarnya tidak kita perlukan loh.

Pastikan kita menulis daftar barang yang ingin kita perlukan, dan yang paling penting. DISIPLIN! Jangan membeli barang – barang di luar daftar yang telah kita buat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Andre dikenal sebagai pribadi yang rendah hati dan humoris. Saat ini sedang membangun karir dan bisnisnya karena tahun depan dia akan menikah

CLOSE