Sering kita dengar banyak film-film yang diadaptasi dari video game. Seperti misalnya Tekken, Resident Evil, Tomb Raider dan Hitman. Namun dari sekian banyak film yang tayang, ternyata ada film yang bertemakan video game. Disini penonton diajak berimajinasi jika sebuah video game dikemas dalam bentuk film.

Jadi yang membedakan adalah film tersebut belum pernah dibuat dalam versi video game sebelumnya. Sedangkan film adaptasi video game adalah video game-nya dulu baru kemudian film. Sedangkan film bertema video game adalah filmnya dibuat dahulu kemudian versi video game-nya menyusul kemudian.

1. Ready Player One

https://filmschoolrejects.com

https://filmschoolrejects.com via https://filmschoolrejects.com

Film yang tayang pada bulan Maret 2018 menceritakan petualangan Wade Watts dalam permainan virtual bernama OASIS. Wade Watts bermain OASIS sebagia pelarian dari dunia nyata. OASIS membuat Wade Watts bisa menjadi apa saja yang dia inginkan.

Advertisement

Hingga si pencipta game, James Halliday meninggal dan ia meninggalkan sayembara. Bagi siapapun yang bisa menemukan Easter Egg dalam OASIS. Maka ia berhak memiliki OASIS.

Wade Watts bukanlah satu-satunya orang yang mencari Easter Egg. IOI, kompetitor OASIS juga mengincar hal yang sama. Akhirnya mereka mengincar Wade Watts lanatran Wade Watts sangat jago dalam permainan OASIS untuk menceri Easter Egg

Sumber : http://www.21cineplex.com/playnow/ready-player-one,4798,75,18RPOE,YGY.htm

2. Jumanji : Welcome To The Jungle

http://straightfromamovie.com

http://straightfromamovie.com via http://straightfromamovie.com

Advertisement

Jumanji : Welcome To The Jungle adalah lanjutan dari Film Jumanji sebelumnya yang diperankan oleh Robin Williams. Jumanji : Welcome To The Jungle sengaja dibuat sebagai penghormatan kepada mendiang Robin Williams.

Menceritakan tentang 4 anak sekolah yang secara tidak sengaja masuk ke dalam dunia Jumanji lewat video game. Dalam dunia Jumanji, masing-masing anak masuk ke dalam avatar yang mereka pilih. Setiap avatar mempunyai kelebihan dan kelemahan yang satu dengan lainnya tidak sama. Seperti halnya dengan video game lawas, setiap pemain memiliki tiga nyawa untuk menyelesaikan permainan Jumanji.

https://sinopsisfilmbioskopterbaru.com/sinopsis-jumanji-2-welcome-to-the-jungle-2017/

3. Wreck-It Ralph

Lorong Cintahttp://filmblerg.com

Lorong Cintahttp://filmblerg.com via http://filmblerg.com

Film besutan Disney yang tayang pada tahun 2012 menceritakan petualangan karakter game bernama Ralph. Ralph adalah avatar dari game bernama Fix-It Felix Jr.

Dalam game tersebut Ralph menjadi tokoh yang berusaha menghancurkan gedung dan disaat bersamaan Felix Jr yang berusaha memperbaiki gedung. Seperti video game Donkey Kong hanya tidak memakai bangungan bertingkat.

Sewaktu merayakan hari jadi Fix-It Felix Jr ke 30. Ralph tidak diundang oleh karena dianggap pengacau. Ralph yang tidak terima dengan anggapan avatar lainnya, berusaha membuktikan diri agar Ralph dianggap keberadaanya. Ralph membuktikan dirinya dengan membawa medali kemenangan.

https://en.wikipedia.org/wiki/Wreck-It_Ralph

4. Ralph Breaks the Internet: Wreck-It Ralph 2

http://hardyscloset.com

http://hardyscloset.com via http://hardyscloset.com

Film ini merupakan sekuel dari Wreck-It Ralph yang akan tayang pada 21 November 2018. Film ini masih menggunakan Ralph sebagai tokoh sentral

6 tahun setelah Wreck-It Ralph dirilis, Ralph memulai petualangan barunya di dunia intenet. Ketidak sengajaannya memasuki router Wi-Fi yag membuat ia terlempar ke dunia intenet. Bagaimana cara Ralph beradaptasi dengan dunia internet.

https://en.wikipedia.org/wiki/Ralph_Breaks_the_Internet:_Wreck-It_Ralph_2

5. Pixels

https://www.thestar.com

https://www.thestar.com via https://www.thestar.com

Film yang dibintangi Adam Sandler menceritakan peperangan antara bumi dengan alien. Film Pixels begitu unik karena menggunakan video game sebagai media tempur antara manusia dengan alien.

Bermula dari Sam Brenner, seorang anak yang jago bermain game arcade (ding-dong). Suatu hari ia mengikuti turnamen game arcade bersama teman-temannya. NASA mendokumentasi turnamen tersebut dan mengirim ke luar angkasa untuk berkomunikasi.

Namun yang terjadi 30 tahun berikutnya, datang balasan dari alien yang berupa perang. Brenner yang memiliki ketrampilan bermain game bersama teman-temannya harus berperang melawan alien game arcade.

Di film ini beberapa game terkenal muncul seperti Pac-man, Galaga, Centipede dan Donkey Kong.

https://en.wikipedia.org/wiki/Pixels_(2015_film)

http://www.sonypictures.com/movies/pixels/

http://www.imdb.com/title/tt2120120/

6. Gamer

http://www.filmofilia.com

http://www.filmofilia.com via http://www.filmofilia.com

Gamer menceritakan bagaimana Ken Castle menciptakan game yang mempengaruhi kehidupan manusia. Ken Castle membuat dua jenis game yaitu Society dan Slayers. Perbedaannya terletak pada gameplay-nya saja. Society adalah game life simulator seperti The Sims sedangkan Slayers adalah First Person Shooter seperti Call Of Duty.

Kedua video game tersebut menggunakan manusia sebagai avatar. Setiap orang yang muncul dalam video game dipasang chip komputer yang bisa membelah diri seperti sel. Sedangkan orang diluar sana yang mengendalikan avatar tersebut.

http://www.imdb.com/title/tt1034032/

://www.rottentomatoes.com/m/gamer/

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya