Mengerjakan skripsi itu harus dimulai dari niat dan tekad yang kuat. Dilalui dengan perjuangan yang gigih juga  giat. Dalam prosesnya kamu tidak boleh kehilangan semangat, karena mengulur waktu lulus sama dengan mengulur waktumu untuk membahagiakan orangtuamu dan si dia.

Dan 10 hal ini lah yang bisa kamu lakukan supaya skripsimu lekas rampung.

​​

1. Gunakan insting detektifmu untuk mengenal dosen pembimbing lebih jauh

dospem susah ditemui

dospem susah ditemui via https://id.pinterest.com

Sebelum jauh mengenal judul dan teori teori dalam skripsi baiknya kamu mengenal dosenmu dahulu. Kamu bisa mulai mencari tahu jam mengajar dosen pembimbingmu, tempat nongkrong di kampus yang paling disukai dosen pembimbingmu.

Advertisement

Kenapa? Supaya kamu tahu pada hari apa dosen pembimbingmu sedang senggang lalu menghubunginya untuk meminta bimbingan.

2. Sengebet-ngebetnya kamu pengin bimbingan, tetaplah menggunakan bahasa yang baik dan sopan supaya nasib skripsimu tidak terancam.

harus sopan

harus sopan via https://google.com

Saat kamu mengirim sms untuk menanyakan kapan bisa bimbingan, jangan pernah sekalipun menyinggung dosen pembimbing dengan bahasa yang tidak sopan dengan alasan apapun! Apalagi terlalu memaksa agar cepat bertemu.

Memang dalam proses ini kesabaran kita sedang diuji. Kalau smsmu tidak dibalas oleh dosen pembimbingmu maka jangan mengirim pesan sehari berkali-kali ya. Ingat kamu sedang berhadapan dengan dosen pembimbing, bukan dengan gebetan teman kuliah.

3. Salah satu bukti niat dan keseriusan adalah datang tepat waktu

on time dong

on time dong via http://google.com

Advertisement

Kalau kamu memang niat bimbingan, maka biasalah berada di tempat bimbingan minimal 15 menit sebelum waktu yang dijanjikan dosen pembimbing. Semua orang benci keterlambatan, kamu pasti juga benci sesuatu yang berbau terlambat dan dosen pembimbing pasti juga benci mahasiswa mahasiswa yang suka terlambat.

Lalu bagaimana kalau dosen yang terlambat? Di sinilah letak nikmatnya menunggu. Tunggulah beberapa jam jika belum datang maka konfirmasi apakah masih bisa bimbingan hari itu atau di ganti hari lain.

4. Setelah seminggu menggalau soal judul skripsi, eh ketika di sodorkan kepada dosen pembimbing langsung ditolak. Hey jangan marah….

jangan putus asa

jangan putus asa via http://google.com

Tanyakan dengan baik kenapa judulmu ditolak. Jangan malu meminta saran judul yang sesuai dengan ide awal kita.

5. Mulailah membaca jurnal-jurnal ilmiah.

giatlah membaca

giatlah membaca via http://google.com

Banyak membaca jurnal ilmiah akan menambah pengetahuanmu. Jurnal-jurnal ilmiah ini juga bisa kamu cari dengan mudah di Google.

6. Rajinlah main ke perpustakaan untuk menengok buku bukan melulu gebetan

Membaca skripsi-skripsi kakak tingkat yang sudah lulus mendahului kamu bisa menumbuhkan ide-ide cemerlang lho. Kamu juga bisa memahami pola yang dosen pembimbingmu ambil dari skripsi-skripsi kakak tingkat yang mendapat dosen pembimbing yang sama denganmu.

7. Manfaatkan teman yang memiliki dosen pembimbing yang sama denganmu

teman seperjuangan

teman seperjuangan via https://google.com

Karena kamu bisa berbagi ilmu, saling tukar informasi dan saling menguatkan

​​​​​​

8. Silent HP ketika bimbingan supaya tidak mengganggu

Kalau pacaran aja pasti HP di silent biar HP nggak di periksa pacar nggak ganggu waktu berdua, jadi wajar dong kalau lagi bimbingan silent HP biar nggak ganggu dosen pebimbing saat revisi membimbing kita.

9. Ketika kertas yang kita print dengan kertas hasil menghemat uang jajan kita di coret coret dosen, maka berbahagialah

Pahamilah bahwa tidak ada proses lulus skripsi tanpa coretan pena milik dosen pembimbing. Jadi ketika kertasmu dicoret itu pertanda perlahan lahan kamu sedang mendekati waktu lulus. Dengan catatan hasil revisi dosen kamu benahi sehingga kamu tidak terus menerus mengulangi kesalahan yang sama.

Pernah tidak kamu merasa skripsimu ada yang kurang. Tapi kamu tidak tahu letak kekurangannya di mana? Nah saat itulah revisi dari dosen pembimbing sangat membantu.

10. Setelah perjuanganmu selesai dengan dosen pembimbing, saatnya kamu menguatkan hatimu menghadapi dosen penguji

sidang skripsweet

sidang skripsweet via https://www.google.com

Kamu harus memahami betul isi skripsimu. Jika kamu yang mengerjakan skripsimu sendiri maka bisa saja kamu sudah hafal di luar kepala tentang isinya. Jangan lupa juga untuk menggunakan koneksimu.

Jika kamu mengenal kakak tingkat yang pernah di uji oleh dosen penguji yang sama, maka kamu boleh bertanya mengenai pengalaman kakak tingkatmu saat sidang. Percayalah ini sedikit berguna.

​​​

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya