Apa sih taman nasional itu? Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Perlu diketahui, Indonesia ini punya 53 Taman Nasional, lho. Pulau Jawa sendiri punya 12 taman nasional yang sebagian sudah sering kita dengar atau bahkan pernah kita jelajahi tapi nggak sadar kalau tempat itu adalah taman nasional.

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Badak Bercula Satu

Badak Bercula Satu via https://www.penabiru.com

Yang belum pernah lihat badak liar, kalian harus main ke Taman Nasional Ujung Kulon. Di sini pengunjung bisa berjumpa dengan badak bercula satu yang sangat melegenda. Tapi bukan hanya badak yang populer di sini, karena taman nasional ini juga menyuguhkan petualangan rawa, pantai, dan tentu saja hutan yang dipenuhi dengan satwa yang langka.

2. Taman Nasional Kepulauan Seribu

Lokasinya nggak jauh dari Jakarta, Gan. Di sini kalian bisa menikmati suasana pulau dengan laut biru bergradasi hijau. Selain itu, kalian nggak perlu jauh-jauh buat menikmati berbagai jenis ikan dan karang yang masih cantik. Taman nasional ini cocok buat kalian yang kerja di Jakarta dan yang hanya punya waktu libur sabtu sampai minggu.

3. Taman Nasional Halimun Salak

Banyak air terjun dan danau lho

Banyak air terjun dan danau lho via http://pangea.id

Advertisement

Masih di sekitar Jakarta nih. Buat yang bosan ke puncak, di Bogor juga ada Taman Nasional Halimun Salak sebagai salah satu alternatif wisata keluarga. Tapi selain yang sudah berkeluarga, buat yang jomblo juga boleh kok naik ke gunung ini. Kalian akan disuguhkan pemandangan yang sangat asri. Buat camping lucu juga bisa, karena di sini terdapat banyak sekali spot untuk berkemah dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Taman nasional Gunung Gede dan Pangrango

Jadi kangen naik gunung

Jadi kangen naik gunung via https://kavkazgear.files.wordpress.com

Pecinta gunung tentu tahu Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Letaknya lagi-lagi tak jauh dari ibukota. Lokasi yang mudah dijangkau ini menjadi salah satu gunung favorit pendaki. Konon, abu kremasi Soe Hok Gie ditabur di Lembah Mandalawangi lho, dekat puncak Pangrango, karena di situlah tempat biasanya beliau sering mengasingkan diri dari kebisingan perpolitikan di Indonesia.

5. Taman Nasional Karimunjawa

Gak masalah kulit gosong kalau nyebur di tempat begini

Gak masalah kulit gosong kalau nyebur di tempat begini via https://1.bp.blogspot.com

Kali ini sedikit bergeser ke tengah Pulau Jawa, ya! Ada Taman Nasional Karimunjawa. Terakhir ke sana, suasananya asik banget, masyarakat yang ramah dan kuliner yang segar. Tapi menu andalan di taman nasional ini adalah kepulauan dengan pantai-pantai yang sangat indah. Pengelola wisata di sini sangat memperhatikan keberlangsungan alam, jadi sampahnya nggak sebanyak yang ada di Kepulauan Seribu ya. Corak dan ikan-ikan akan memanjakan pengunjung dan bikin betah berenang pokoknya.

6. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Gunungnya film 5cm nih

Gunungnya film 5cm nih via http://1.bp.blogspot.com

Advertisement

Tau kan kalau Gunung Semeru dan Bromo yang sering kalian datangi itu adalah salah satu taman nasional? Taman Nasional ini merupakan salah satu yang populer dibandingkan dengan Taman Nasional lain yang ada di Indonesia dan dunia. Karena pemandangannya yang keren, taman nasional ini sering dijadikan tempat foto prewedding, bahkan film. Terakhir lokasi video klip Vidi Aldiano juga diambil di sini, lho.

7. Taman Nasional Meru Betiri

Bunga langka lhoo

Bunga langka lhoo via http://3.bp.blogspot.com

Ke timur Pulau Jawa, tepatnya di Banyuwangi, ada Taman Nasional Meru Betiri. Meru Betiri sendiri salah satu dari tiga taman nasional yang ada di Banyuwangi. Jadi, sekalinya kalian datang ke kota ini, kalian bisa langsung main ke tiga taman nasional ini. Nah Taman Nasional Meru Betiri ini jadi tempat tumbuhnya bunga langka Raflesia. Itu lho bunga yang ada di uang lima ribu.

8. Taman Nasional Baluran

Gak perlu jauh-jauh ke Afrika

Gak perlu jauh-jauh ke Afrika via http://blog.airyrooms.com

Sudah sering mendengar Afrikanya Indonesia? Ya, di sini. Begitu kita masuk ke area Taman Nasional, kita akan disuguhkan suasana hutan Afrika. Jika musim kemarau, hutan-hutan akan kering, sebagian terbakar saking panasnya suhu di sini. Tapi bila musim hujan, hutan-hutan akan kembali hijau dan hewan-hewan kembali senang. Di sini pengunjung bisa bertemu langsung dengan banteng, merak, burung-burung unik, dan kalau beruntung kalian bisa berpapasan dengan macan. Semuanya liar.

9. Taman Nasional Alas Purwo

Hutannya keren gan

Hutannya keren gan via http://anekatempatwisata.com

Kalau di ujung Jawa Barat ada Taman Nasional Ujung Kulon, di ujung timur ada Taman Nasional Alas Purwo. Lokasinya benar-benar bersebrangan sama Pulau Bali. Di sini kalian bisa ketemu dengan burung-burung migran dari Australia, salah satunya Cekakak Suci, Kirik-Kirik Laut, Trinil Pantai, dan Trinil Semak.

10. Taman Nasional Gunung Merapi

Keren ya pemandangannya

Keren ya pemandangannya via http://unycommunity.com

Gunung Merapi adalah salah satu gunung paling aktif di Indonesia. Udah paling aktif, sekalinya nyembur, wedus gembelnya banyak. Di balik itu, gunung ini tetap populer di kalangan pendaki. Selain jarak yang pendek, gunung ini menyuguhkan pengalaman yang berbeda dari kebanyakan gunung di Pulau Jawa. Konturnya berbatu dan terjal. Harus coba memasak mie instan rebus di basecamp-nya sebelum dan sesudah mendaki, ya!

11. Taman Nasional Gunung Merbabu

Sabananya instagramable banget

Sabananya instagramable banget via http://4.bp.blogspot.com

Tetangganya Gunung Merapi, nih. Lokasinya bener-bener sebelahan, kayak dia sama pacar barunya. Jadi dari jauh kayak gunung kembar. Bedanya dengan Gunung Merapi, Merbabu menyuguhkan pemandangan sabana yang jarang ditemui di banyak gunung di Pulau Jawa. Banyak spot Instagramable di sini. Jaraknya juga nggak jauh dari Jogja. Jadi setelah main-main ke Jogja, nggak ada salahnya mencoba naik Gunung Merapi dan Merbabu.

12. Taman Nasional Gunung Ciremai

Sunrisenyaaaa

Sunrisenyaaaa via http://1.bp.blogspot.com

Gunung Ciremai termasuk Taman Nasional yang baru. Hal ini karena gunung ini merupakan daerah resapan air bagi kawasan hilir sehingga perlu dilindungi dan dilestarikan. Selain sebagai sumber air bagi lingkungan sekitar, gunung ini tentu menawarkan pemandangan yang tak kalah dengan gunung-gunung yang lain. Punya ketinggian 3078 mdpl, Gunung Ciremai telah menjadi tujuan para pendaki.

Nah, itu dia beberapa pilihan taman nasional yang bisa kamu kunjungi. Ayo pergi! Mau tunggu apalagi?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya