Kadang jalan sendiri memang menjadi tantangan seru karena kita bebas nentuin tujuan dan juga budget. Banyak yang akan bilang kalau kamu ini gila atau nekat? Ya memang inilah. Kenapa kamu harus ambil solo travelling? Banyak alasan rasional kok kenapa harus cobain solo travelling.

Ada pepatah bilang kalau kamu sesekali dalam hidupmu harus melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya supaya kamu tidak menyesal di kemudian hari. Sesuatu apa itu? Solo travelling menjadi salah satunya.

Lalu, apa saja yang kamu dapatkan?

1. Bebas melakukan apapun

Bebas kemana dan ngapain aja via https://www.pexels.com

Kamu bebas nentuin ke mana aja, kapan aja, makan apa dan lain-lain tanpa ada perbedaan pikiran. Tidak akan ada pertentangan dengan orang lain terkait tujuan karena memang hanya sendiri alias 1 kepala. Saat ingin makan, pindah lokasi maupun hanya terdiam tanpa aktivitas, semua bebas dilakukan.

2. Melatih memimpin diri sendiri

Memimpin diri sendiri via https://www.burrus.com

Melatih memimpin diri sendiri. Kamu harus selalu ngingetin diri buat bangun jam berapa, ke bandara dan stasiun jam berapa, makan jam berapa tanpa ada seorang pun yang bisa ngingetin. Ini saat keputusan yang harus dibuat berarti penting buat dirimu. Apalagi saat kamu berada di tempat dimana tidak seorangpun kamu kenal, sehingga apapun yang jadi keputusanmu akan menentukan langkahmu selanjutnya.

3. Me time

Advertisement

Me time atau waktu untuk diri sendiri memang penting. Terkadang kamu perlu menjauhkan diri dari keramaian dan merenung. Aktivitas solo travelling ini memang menjadi hal yang cocok untuk kamu lakukan. Terutama juga untuk menyegarkan pikiran. Di samping itu, kamu juga perlu untuk memberikan reward untuk diri sendiri. Apa reward itu? Me time inilah yang bisa menjadi jawabannya.

4. Banyak yang sudah membuktikan kalau solo travelling itu aman

Solo travelling itu aman via https://www.momondo.com

Kalau kamu masih merasa ragu kalau solo travelling itu tidak aman, lihatlah lebih jauh banyak yang sudah membuktikan kalau solo travelling itu aman, bahkan membuat ketagihan. Selama kamu bisa jaga diri, tidak akan ada yang perlu dikhawatirkan.

Apalagi kamu akan melakukan solo travelling juga pasti di kota dan pastikan untuk tinggal di area turis. Jangan khawatir, percayalah kalau di manapun ada orang baik sehingga kalau ada sesuatu yang tidak diharapkan terjadi pun, orang-orang sekitar yang tidak kamu kenal pun akan siap membantumu.

5. Melatih interaksi dengan orang lain

Interaksi dengan warga lokal via https://benbanpacking.com

Advertisement

Solo travelling atau pergi sendirian tentu akan terasa membosankan apalagi kamu tidak akan punya teman untuk sekedar mengobrol sepanjang perjalanan. Hal terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan berinteraksi dengan siapapun yang kamu temui. Seperti warga lokal maupun sesama traveller. Mungkin terasa aneh karena bisa saja kamu tidak paham bahasa mereka, tapi percayalah, mereka akan sangat terbuka padamu.

Banyak yang sudah membuktikan hal ini. Bukalah obrolan tentang cuaca atau sekedar basa-basi tanya jam, obrolan hangat pun akan segera mengalir sendirinya. Di sinilah kamu akan menemukan teman baru dan menjadi lebih peduli karena berinteraksi dengan siapapun.

Jadi, kamu sudah siap untuk melakukan solo travelling? Temukan sesuatu yang tidak akan kamu temukan sebelumnya di sini. Kalau ingin lebih jelas, kamu juga bisa baca di sini .

Selamat menikmati solo travelling!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya