Pernah dengar kutipan terkenal, “Bahagia itu kita sendiri yang menciptakan, bukan orang lain”? Memang sebenarnya kamu sendirilah yang bisa mengendalikan emosi diri. Akan tetapi, tidak semua orang mampu mengatur naik turunnya emosi. Terkadang, pengaruh dari lingkungan dan orang-orang sekitar turut mengubah mood hingga 180 derajat.

Kesuksesan dan berbagai kebahagiaan yang sering diunggah melalui akun media sosial tak selamanya bisa memberikan efek positif bagi tiap orang yang melihatnya. Kadang begitu sempurnanya hidup seseorang bisa membuat sebagian lagi merasa minder, bahkan kecewa karena hidup mereka seolah terkesan datar. Pikiran ini tentu jadi hal yang wajar dan bisa dialami siapa saja.

Jika sudah merasakan hal ini, kita harus segera mengatasinya dan mengembalikan rasa pecaya diri. Karena tidak hanya memicu berbagai efek buruk bagi kesehatan mental, jika rasa minder terus mendera kita bisa mengalami depresi bahkan terus memandang rendah berbagai usaha yang pernah kita capai. Jangan dibawa galau, yuk kelola rasa percaya diri dengan melakukan berbagai hal berikut ini.

1. Berada di lingkungan yang memiliki energi positif

Lingkungan yang positif

Lingkungan yang positif via https://unsplash.com

Tidak selamanya menjadi orang yang pilih-pilih membuat kamu malah dicap sebagai orang yang banyak mau. Dalam hal pertemanan, memilih teman yang dirasa cocok dengan kita merupakan suatu keharusan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Advertisement

Jika di suatu titik kamu merasa lingkungan pertemanan mulai memberikan efek negatif dan merasa lelah karena kamu harus mengikuti arus yang mereka ciptakan, mulailah mengurangi frekuensi keterlibatan kita dan mencari lingkungan pertemanan lain yang jauh lebih positif.
Tak terkecuali di ranah media sosial.

Tanda bisa mengambil break sejenak dari media sosial dan menikmati banyak hal lain yang bisa dilakukan, seperti menjalankan hobi yang sering tertunda, mempelajari tutorial makeup atau bahkan yang lain yang sejak dulu ingin kamu pelajari.

2. Hidup tak selalu terpusat pada materi

Sahabat sejati

Sahabat sejati via https://goo.gl

Sesuatu yang mewah memang terlihat menarik dan bisa memberi kepuasan dalam waktu yang sama. Namun, tidak semua hal yang berbau kemewahan dapat memberi rasa kebahagiaan dalam hidup secara otomatis. Memiliki kesempatan untuk berkeliling dunia dan merasakan fasilitas bintang mewah, tentu mustahil dilakukan jika kondisi fisik dan kesehatan tidak mendukung.

Advertisement

Modal dasar seperti kesehatan, wawasan dan kepribadian inilah yang kadang luput dari perhatian dan dilupakan banyak orang. Padahal dengan memiliki hal yang bersifat non materi ini, kamu bisa melakukan banyak hal dan berusaha meraih kebahagiaan hidup menurut versi kita sendiri. Jadi daripada fokus pada hal materi, yuk mulai kembangkan diri menjadi pribadi yang berkualitas.

Karena dengan menghargai diri dan memperkaya kualitas pribadi kamu bukan tidak mungkin kebahagiaan dan kesuksesan akan turut mengikuti.

3. Mengubah pola pikir

Lebih dewasa

Lebih dewasa via https://unsplash.com

Pikiran negatif seringkali membawa pengaruh buruk dalam hidup karena otak bekerja sesuai dengan apa yang ada dipikiran kamu. Daripada terus beranggapan kehidupan orang lain lebih baik, pikirkan kembali hal-hal apa saja yang sudah kamu lewati dan bagaimana kamu merasa bangga karenanya.

Terkadang, kamu harus menemukan cara tersendiri untuk menyenangkan diri, bukan dengan mengikuti arus hype yang sedang dilakukan orang-orang di luar sana.

 

4. Kebahagiaan bisa muncul dari hal sederhana

Suka curhat

Suka curhat via https://unsplash.com

Jika kamu merasa puas ketika melewati weekend dengan membaca buku novel yang sudah lama tidak kamu sentuh, atau sudah merasa bahagia ketika bertemu dengan teman lama dan mengobrol di tempat favorit, selamat!

Kamu berhasil menunjukkan bahwa rasa bahagia juga bisa muncul melalui hal sederhana. Ingat bahwa kamu-lah yang menentukan kebahagiaan diri sendiri, dan buka orang lain.

 

5. Pupuk diri dengan emosi baik

Relaksasi

Relaksasi via https://unsplash.com

Kebahagiaan sulit dicapai begitu saja tanpa diiringi dengan usaha yang maksimal. Percuma kamu terus mengutuk diri sendiri karena kesal dengan sikap orang sekitar, tapi tidak berusaha menyingkirkan perasaan “mengganjal” tersebut.

Daripada terus memasang wajah cemberut yang malah akan bikin bad mood, lebih baik tenangkan diri dengan melakukan aktivitas lain yang bisa bikin senang.

Membaca buku favorit, berjoget sambil mendengarkan musik di kamar, menonton film, atau melakukan yoga bisa jadi beberapa pilihan kegiatan positif. Setelah selesai dengan semua langkah ini, coba rasakan perubahan emosi dalam dirimu. Sudahkah kamu merasa lebih baik daripada sebelumnya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya