Terlalu Mencintai Diri Sendiri Sampai Lupa Menghargai Orang Lain? Lakukan 6 Hal Ini Supaya Seimbang!

Mencintai diri sendiri sampai jadi egois? Udah nggak jaman! Yuk kepoin artikel ini untuk tau caranya menghargai diri sendiri dan orang lain.

Menerima dan mencintai diri sendiri adalah kunci terpenting dari ketenangan hidup. Namun jangan sampai menyepelehkan perasaan orang lain hanya karena merasa dirimu diatas segalanya.

Sebagai makhluk sosial, sudah menjadi kewajiban kita untuk saling membantu sesama. Siapapun mereka dan apapun permasalahannya, sebisa mungkin kita selalu menghargainya. Karena bagaimanapun, kita semua pasti mempunyai perasaan yang ingin dihargai.

Namun pernah nggak sih berada di situasi yang bimbang untuk memprioritaskan diri sendiri atau orang lain dahulu? Atau kamu takut dicap sebagai orang yang egois karena terlalu mementingkan diri sendiri tetapi juga capek untuk menuruti orang lain?

Jika kamu pernah merasakan hal itu, yuk simak baik-baik cara di bawah ini supaya seimbang:

Advertisement

1. Belajarlah manajemen waktu lebih baik lagi

Photo by Collin Hardy on Unsplash

Photo by Collin Hardy on Unsplash via https://unsplash.com

Tidak dipungkiri, memiliki kemampuan mengatur waktu yang baik bisa membuat hidupmu lebih tertata. Yang dimaksud tertata disini bukan hanya sekedar menjalankan aktivitas saja. Bagaimana kamu meluangkan waktu untuk dirimu dan kepentingan lain pun akhirnya bisa seimbang.

Untuk memiliki kemampuan ini, kamu bisa menulis planner dan reminder tentang apa yang akan kamu lakukan. Jangan lupa untuk berusaha menjalankan semua rencanamu ya, Dear!

Advertisement

2. Pintar-pintarlah melihat situasi

Photo by Pim Chu on Unsplash

Photo by Pim Chu on Unsplash via https://unsplash.com

Lebih peka dengan keadaan bisa membuatmu pintar mengatur kepentingan. Hal ini bisa diterapkan untuk membagi waktu juga lho!

Saat situasi sedang longgar, maka bisa kamu manfaatkan untuk me time yang mungkin sudah jarang kamu lakukan. Sehingga dengan hal tersebut membuatmu lebih siap untuk menghadapi persoalan lain.

Jangan lupa juga jika kamu menemui situasi dimana orang lain perlu bantuanmu, maka berilah yang terbaik.

Advertisement

3. Dahulukan kepentingan yang mendesak

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Photo by Annie Spratt on Unsplash via https://unsplash.com

Setelah kamu mahir melihat situasi, maka kamu akan mengetahui mana yang menjadi prioritas. Dahulukan kepentingan yang mendesak, baik itu kepentingan dirimu ataupun kepentingan orang lain.

Dengan berbuat demikian, maka akan mengurangi kebingunganmu untuk mendahulukan siapa.

4. Lapangkanlah hati dan jangan pamrih saat menolong orang lain

Photo by Mimi Thian on Unsplash

Photo by Mimi Thian on Unsplash via https://unsplash.com

Saat ternyata yang perlu kamu prioritaskan adalah kepentingan orang lain, maka kuncinya adalah ikhlas dan tidak pamrih. Mungkin sedikit susah diterapkan. Namun ingatlah bahwa kebaikan akan terbalas kebaikan pula.

Walau ada kemungkinan balasan kebaikan tidak kamu dapatkan dari orang yang kamu tolong, maka pahamilah pasti terdapat perasaan puas secara psikologis yang kamu rasakan. Jangan salah, itu salah satu cara mencintai diri sendiri lho!

5. Jangkan sungkan untuk menolak permintaan orang lain

Photo by Isaiah Rustad on Unsplash

Photo by Isaiah Rustad on Unsplash via https://unsplash.com

Bagaimana jika ternyata yang perlu kamu dahulukan adalah kepentingan dirimu saat orang lain juga perlu bantuanmu? Apa yang perlu kamu lakukan?

Tentu kamu harus mendahulukan kepentinganmu itu. Jangan takut dianggap egois oleh orang lain.

Minta maaflah dan beri penjelasan secara baik kepada orang yang meminta tolong kepada kamu. Bicaralah bahwa kamu belum bisa memenuhi permintaannya saat ini. Kamu juga bisa memberi saran kepada mereka untuk menyelesaikan permasalahannya walaupun tanpa bantuanmu.

6. Selalu beri apresiasi ke diri sendiri maupun orang lain

Photo by Allef Vinicius on Unsplash

Photo by Allef Vinicius on Unsplash via https://unsplash.com

Perilaku yang nilainya sangat tinggi, apresiasi. Dengan mengungkapkan ucapan apresiasi maka dapat meningkatkan perasaan bangga dan bersyukur.

Lakukan ini selalu kepada dirimu sendiri dan juga orang lain. Berterima kasihlah kepada diri sendiri karena selalu bisa menerima segala keadaan. Berterima kasihlah kepada orang lain yang selalu menghargai kamu.

Dengan hal ini maka bisa membangkitkan motivasi untuk lebih baik lagi dari sebelumnya.

Nah Dear, semoga penjelasan diatas bisa membuat kita seimbang dalam mencintai juga menghargai diri sendiri dan orang lain ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE