Salah satu patokan yang paling sering menjadi pilihan idaman dalam mendesain hunian adalah desain ala rumah jepang. Tentunya rumah ala jepang sendiri memiliki berbagai macam ciri khas yang pas untuk hunian. Dari ukuran atau dekorasi yang tidak berlebihan menjadikan desain ala Jepang hal yang favorit.

Tampilan alami hingga minimalis yang sering diberikan menjadikan suasana hunian lebih nyaman dan santai. Berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui jika ingin menghadirkan interior ala Jepang di rumahmu.

1. Menghadirkan Suasana Alam ke Dalam Hunian

suasana alam di hunian

suasana alam di hunian via http://www.home-designing.com

Tidak mengherankan jika desain interior rumah ala Jepang sangatlah nyaman bagi penghuninya. Berbagai macam elemen alam dihadirkan pada interior huniannya. Seperti halnya meletakkan tanaman pot di dalam rumah.

Adapun memberikan bukaan seperti jendela yang lebar juga membuat udara dan aroma dari lingkungan sekitar masuk ke dalam rumah. Selain itu, pemandangan luar pun juga dapat dilihat dari dalam rumah sehingga menenangkan pikiran.

2. Penggunaan Pintu Geser di Dalam Rumah

Advertisement

Pintu geser menjadi salah satu hal yang identik dengan Jepang. Penggunaan pintu ini sangatlah praktis, selain itu juga menghemat ruang di dalam rumah. Bukan sekedar pintu geser, pintu asal Jepang ini dikenal otentik dengan adanya pelapis pintu yang transparan dengan kerangka kayu.

Di era modern ini banyak juga pintu geser ini terbuat dari panel kaca. Pintu seperti ini juga membuat cahaya alami masuk ke dalam ruangan sehingga bagian dalam rumah terang tanpa penggunaan lampu.

3. Gunakan Material Bambu dan Juga Kayu

material kayu

material kayu via http://www.idesignarch.com

Salah satu cara untuk menyelaraskan alam dengan hunian adalah dengan menggunakan material kayu ataupun bambu pada interior. Dari rancangan dinding, pintu, ataupun desain lain dalam hunian akan terasa lebih natural dengan material tersebut. Berbagai jenis kayu tentunya tidak akan membuat rumahmu terasa monoton. Padukanlah dengan material lain yang harmonis dengan alam.

4. Tambahkan "Genkan" Pada Area Masuk Rumah

Advertisement

Kata "genkan" tentunya terasa asing bagi kita. Bahasa yang berasal dari Jepang ini merujuk pada area masuk rumah. Area ini biasa disebut juga ruang mudroom. Bukan sekedar hall untuk memasuki hunian, di area ini terdapat rak untuk meletakkan sepatu. Hal ini tentu akan membuat area masuk rumah terasa lebih rapi dan juga bersih.

Pada rumah ala Jepang, area ini biasanya lebih rendah dibandingkan ruang lain dalam rumah, sehingga tampak sekali batas ruang dengan adanya perbedaan ketinggian. Adanya ruang ini tentunya menjadikan hunian terasa lebih nyaman.

5. Penggunaan Furniture yang Simple

Penggunaan Furniture yang Simple

Penggunaan Furniture yang Simple via http://www.home-designing.com

Jika kamu sering memperhatikan rumah hunian Jepang, pastinya kamu menyadari bahwa material yang digunakan pada rumahnya terkesan pendek dan juga simple sehingga ruangan terasa luas. Seperti halnya meja yang rendah dengan bantal dudukan untuk lesehan, ataupun penggunaan kasur lipat sehingga lebih mudah dibereskan dan dapat disimpan dalam lemari jika tidak digunakan.

Tentunya kita tidak harus mengambil desain ala Jepang secara keseluruhan, namun kita dapat mengambil intinya dengan meletakkan berbagai macam furniture yang sederhana di dalam rumah. Perhatikan penggunaan furniture dengan kesan ruang yang ingin dihadirkan. Kurangi furniture dengan banyak hiasan, pilihlah furniture berwarna polos dan juga memiliki warna yang natural atau netral.

6. Lengkapi Kamar Mandi dengan Bak

Salah satu tempat di dalam rumah yang dapat digunakan untuk relaksasi adalah kamar mandi. Tempat privat satu ini tidak hanya membersihkan tubuh, namun juga menenangkan pikiran. Suara dari pancuran air yang ditampung dalam bak tentunya dapat dengan cepat membuat diri lebih tenang.

Seperti halnya tanaman, elemen air menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam hunian nyaman Jepang. Adanya bak mandi di dalam kamar mandi juga menjadi salah satu poin plus untuk menenangkan diri setelah kepenatan aktivitas sehari-hari.

7. Pencahayaan Alami dan Buatan yang Pas

pencahayaan ruang

pencahayaan ruang via http://www.home-designing.com

Tampilan yang minimalis pada desain hunian Jepang tidak hanya berasal dari material ataupun furniturenya saja. Pencahayaan ruang dan juga hiasan yang tidak berlebihan sangat berpengaruh pada kenyamanan rumah.

Perletakkan lampu ataupun membiarkan cahaya di siang hari masuk ke dalam rumah tentunya harus dipikirkan saat merancang hunian. berikan pelingkup pada lampu gantung di dalam rumah agar tidak terlalu mencolok dan tetap terlihat estetis.

sumber: furnizing.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya