Mengenal Lebih Dekat dengan 7 Jenis Virus Corona yang Menjangkiti Manusia. Eh Apa Aja ya?

jenis virus corona yang menjangkiti manusia

Tahu nggak sih chinguuu bahwa virus Corona atau COVID-19 itu banyak jenisnya lho!

Hmmm kedengarannya serem ya, tapi jangan panik dulu deh. Karena kita tidak tahu, makanya kita mudah termakan hoax yeekaaan? Sumber infromasi mimin dari artikel cnnindonesia tentang 7 virus corona yang menjangkit manusia. Yuk cari tahu jenis-jenis virus

Advertisement

1. HCoV-229E (Alphacoronavirus)

Photo de Andrea Piacquadio provenant de Pexels

Photo de Andrea Piacquadio provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Ditemukan pertama kali pada pertengahan 1960-an. Gejala yang diderita seperti flu biasa. Dapat menyerang anak-anak dan lanjut usia. Memang beda sama virus Corona yang sekarang, karena virus yang sekarang dapat menyerang siapa saja. Tapi tetap tenang ya, jangan panik! Sampai saat ini bleum ada berita tentang hal lainnya. 

2. HCoV-NL63 (Alphacoronavirus)

Photo de Anna Shvets provenant de Pexels

Photo de Anna Shvets provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Ditemukan pada 2004 di Amsterdam. Menjangkit bayi tujuh bulan dengan gejala bronkitis. Duh, serem banget! Para chinguuu, untuk yang punya kerabat, adek, ponakan dll, usahakan untuk tidak sembarang menyentuh atau mencium bayi. Karena bayi masih sangat rentan akan virus dan bakteri, imunnya pun belum terlalu kuat. 

3. HCoV-OC43 (Betacoronavirus)

Photo de Anna Shvets provenant de Pexels

Photo de Anna Shvets provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Virus yang ini umum ada beberapa di dunia. Gejala kali ini seperti virus biasa menyebabkan flu, hanya saja pada anaka-anak akan menyebabkan penyakit saluran pernapasan bawah yang parah pada anak-anak. Chinguuu, virus yang mirip sekali dengan virus flu yang biasa kita jumpai ya.

4. HCoV-HKU1 (Betacoronavirus)

Photo de Anna Shvets provenant de Pexels

Photo de Anna Shvets provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Di Hong Kong 2005, virus ini menginfeksi kakek berusia 71 tahun, dikutip oleh Institut Kesehatan Nasional AS. Wah kali ini vitusnya menyerang orang tua ya. Memang imun akan menurun karena sudah mulai tua.

5. Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS)

Photo de Josh Hild provenant de Pexels

Photo de Josh Hild provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Kali ini kalian pasti sudah tau tentang jenis virus ini, yaitu virus SARS. Tahun 2002 ditemukannya, virus ini bermula dari hewan yang menginfeksi manusia. Saat wabah ini melanda menyebabkan 8.098 kasus, termasuk 774 kematian atau 9 persen angka kematian, tertulis di WHO

Advertisement

6. Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV)

Photo de ThisIsEngineering provenant de Pexels

Photo de ThisIsEngineering provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Pada 1 Agustus 2013, Arab Saudi kasus 94 dan 47 meninggal. Menurut WHO hewan yang menulari manusia berawal dari unta dromedaris menularkan pada manusia. Negara yang terjangkit Saudi Arabia, Yordania, Qatar, Uni Emirat Arab, Inggris, Jerman, Perancis, Italia dan Tunisia.

7. 2019 Novel Coronavirus atau 2019-nCoV

Chinguuu, virus yang ketujuh adalah virus yang sedang kita hadapi. Jangan takut ataupun panik yaaa. Karena virus Corona itu setelah kita baca dari semua yang di atas adalah virus yang menyebabkan flu dengan dampak dari yang terendah sampai yang terberat.

Gejala yang diderita hampir sama dengan gejala sebelumnya seperti batuk, flu, demam, sesak nafas, kesulitan pernafasan, gagal nafas, gagal ginjal, hingga mengakibatkan kematian. Tetang penyebarannya dari Cina kota Wuhan. Virus Corona belum bisa dipastikan perkembangbiakan terpengaruh atau tidak oleh iklim.

Untuk para Chinguuu dan pembaca, kalau dari informasi-informasi yang mimin baca itu. Virus Corona ini virus flu dengan tingkat dampak yang berbeda-beda. Akan sembuh jika kita berbadan sehat, untuk itu tetap jaga kesehatan.

Jangan bersikap berlebihan jika ada yang terkena flu atau batuk yaaa. Karena ingat virus ini tidak akan mempengaruhi kita jika kita sehat. Tetapi akan sangat berdampak jika badan sudah tidak sehat. Masih banyak yang belum tahu bahwa korban meninggal dari Corona Virus saat ini, tidak hanya karena virus itu saja tetapi kombinasi dengan penyakit lainnya.

Jadi para chinguuu daa pembaca don’t panic and tetap jangan menyepelekan ya. Tetap sehat selalu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

‚ÄĚ

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE