Tertarik Jual Karya Lewat NFT? Kepoin 7 Marketplace Ini!

Rekomendasi Marketplace NFT Lokal Asli Indonesia dan Dunia

Saat ini, tren NFT atau Non Fungible Token sedang happening khususnya di Indonesia. Meskipun bagi sebagian orang kedengarannya NFT ini masih asing di telinga mereka. Jika ditelusuri lebih jauh, ternyata keberadaan NFT ini membawa dampak yang besar bagi para pelaku seni maupun kreator visual dan audio. Keberadaan NFT mampu mengangkat value yang dibawa dari setiap karya-karya yang dihasilkan oleh pelaku seni. Sekaligus bisa jadi ini adalah sebuah kesempatan besar bagi para kreator yang berkecimpung di dunia seni apapun untuk merambah ke pasar NFT.

Istilahnya NFT ini sebuah aset digital yang menggambarkan obyek asli layaknya karya sesungguhnya. Kreator dan pelaku seni bisa meraup cuan yang melimpah ketika karyanya berhasil mejeng di pasar NFT. Karya seni yang telah diangkat untuk dijual ke pasar NFT sejatinya sudah terjamin keasliannya dan telah terverifikasi sehingga tidak bisa diduplikasikan atau dibajak oleh orang lain, siapapun itu. Melalui teknologi blockchain nantinya mereka akan bisa mendapatkan royalti dan credit dari pasar NFT kepada sang pemilik karya tersebut.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan NFT semakin terasa desas-desusnya di Indonesia. Banyak platform marketplace NFT karya anak bangsa mulai berdiri dan memiliki visi misi untuk merangkul para seniman bisa berkiprah di pasar NFT. Mereka berinisiatif untuk membangun sebuah lingkungan yang supportif bagi para pelaku seni sehingga mendapatkan tempat dan bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Tidak hanya pasar domestik namun bisa dilirik ke pasar mancanegara terkait karya-karya asli anak bangsa.

NFT juga bisa menjadi ladang cuan dan bisa meraup berkah bagi para pelaku seni. Dengan keberadaan marketplace NFT baik buatan lokal maupun dunia, kini pelaku seni menjadi lebih diperhatikan. Karena banyak pelaku seni yang mengeluhkan bahwa karyanya tidak diterima dengan baik, rentan adanya copyright atau klaim karena oknum yang tidak memberikan creditsnya. Padahal itu karya buatannya tapi seakan-akan tidak dihargai. Apalagi soal perizinan dan royalti seakan menjadi permasalahan yang cukup pelik tentunya bagi para pelaku seni. Regulasi yang tidak jelas dan masih carut-marutnya mekanisme masih jadi persoalan pelaku seni dalam mengaktualisasikan karyanya.

Setidaknya dengan adanya marketplace NFT, selain kreator dan pelaku seni dapat tersalurkan aspirasinya juga menjadi kesempatan besar bagi mereka. Mereka bisa memajukan industri seni sekaligus membantu perekonomian negara. Jadi, tidak hanya marketplace e-commerce saja, kini Indonesia pun juga sudah memiliki beberapa platform marketplace khusus NFT. Penasaran kan kira-kira apa saja platformnya? Kali ini aku akan bahas untuk kalian. Kebetulan di artikel kali ini, aku menambahkan satu marketplace dari luar negeri. So, let’s check this out!

Advertisement

1. Superlative Secret Society

Photo by Arief Witjaksana from Opensea

Photo by Arief Witjaksana from Opensea via https://opensea.io

Salah satu marketplace NFT yang merupakan produk lokal asli Indonesia adalah Superlative Secret Society. Bisa dibilang marketplace yang satu ini adalah pendatang baru dalam dunia cryptocurrency di Indonesia. Pendirian marketplace NFT lokal ini diinisiasi oleh empat anak muda bangsa yang berinisiatif mengelola NFT dalam sebuah payung bernama Superlative Secret Society. CEO & Founder Superlative Secret Society Prasetyo Budiman menerangkan bahwa Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang besar dalam menghasilkan karya-karya seni. Apalagi Indonesia kaya akan karya seni yang tentunya bisa dinikmati oleh seluruh dunia. SuperlativeSS adalah platform NFT 100 persen buatan anak bangsa. Memiliki empat founder mulai dari artist, developer program dan comunity manager semuanya adalah anak muda bangsa Indonesia. Mereka menjunjung misi yang sederhana yakni ingin menjadi katalis bagi para seniman-seniman di Indonesia agar karyanya semakin dikenal dan lebih dihargai

Aset digital yang dipamerkan oleh SuperlativeSS kebanyakan dipasarkan melalui Opensea, salah satu marketplace NFT terbesar di dunia. Karyanya yang telah dijual di pasar NFT nyatanya berhasil laku dalam waktu cepat. Benar-benar sungguh luar biasa dan diluar dugaan mereka. Meskipun dia adalah pendatang baru dalam ranah NFT namun SuperlativeSS sudah merambah menjadi komunitas yang semakin berkembang. Di platform media sosial Twitter, pengikutnya sudah mencapai lebih dari 36 ribu. Kemudian di komunitas Discord juga memiliki 67 ribu lebih anggota. Mereka sendiri merupakan kolektor-kolektor karya yang berkecimpung di komunitas NFT baik dalam maupun luar negeri. Debutnya dimulai dengan mengikuti Urban Sneaker Society 2021 kemarin yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada tanggal 2-5 Desember 2021. Nantinya SuperlativeSS akan berencana untuk membuka galeri NFT pertama yang berpusat di kawasan Legian Bali dan saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Advertisement

2. Paras.id

Photo by Paras.id

Photo by Paras.id via https://paras.id

Selanjutnya ada Paras Digital atau dengan domain paras.id. Paras Digital didirikan pada akhir bulan Desember 2020 oleh Rahmat Albariqi dan Afiq Shofy Ramadhan. Paras Digital merupakan marketplace asli Indonesia yang membidik pasar pop-culture enthusiast bagi para fandom dan gamer. Fokus pasarnya berada pada Tiongkok dan Asia Tenggara. Paras Digital mencoba untuk menjadi pelopor NFT pada game, komik, mainan dan karya lewat kemampuan smart contract dan teknologi blockchain. Nantinya Paras Digital akan memperluas aset NFT dalam beberapa pasar vertikal seperti komik, mainan dan game untuk menjaga nilai karya yang akan dijual. Hingga saat ini Paras Digital memperoleh total volume penjualan hingga mencapai $550 ribu dari 400 ribu transaksi

Kabar baiknya platform Paras Digital ini mendapatkan pendanaan tahap awal sebesar 5 juta dolar atau setara dengan 7,18 miliar rupiah. Dalam tahap pendanaan ini investor yang terlibat diantaranya Dragon Capital, Dragonfly Capital, GFS Ventures dan masih banyak beberapa venture capital dan angel investor lainnya. Paras digital dibangun diatas teknologi blockchain dan menggunakan cryptocurrency NEAR sebagai media pertukaran antara kreator dengan kolektor untuk mendukung transaksi lintas batas tanpa batas. Sang pelopor menerangkan bahwa mereka benar-benar memantau jalannya pasar kripto dan pergerakannya. Kendati demikian, ia sendiri mengaku satisfied untuk menekuni dunia kripto. Karena menurutnya akan selalu ada nuansa yang baru di ekosistem blockchain.

3. TokoMall

Advertisement
Photo by TokoMall Indonesia

Photo by TokoMall Indonesia via https://vietnaminsider.vn

Berikutnya ini dia salah satu marketplace pertama di Indonesia dalam dunia NFT. Please welcome TokoMall. TokoMall merupakan salah satu platform marketplace NFT yang didirikan oleh Tokocrypto. Melalui TokoMall, para kreator lokal dapat bergabung dan diberikan kesempatan untuk bisa memperkenalkan hasil karyanya. Selain itu melalui platform TokoMall mengajak para kreator untuk bisa melakukan monetisasi karyanya agar bisa dikenal kepada pasar dan khalayak yang lebih luas. Harapannya agar kreator-kreator yang telah memiliki karyanya bisa dikenal luas tidak hanya dipasar domestik tetapi juga bisa mendunia di pasar mancanegara. Kini, TokoMall mengusung konsep digital meets reality dimana marketplace mempertemukan para kreator dalam memanfaatkan karyanya untuk dijual dalam bentuk NFT tentunya dapat menjadi jawaban atas permasalahan di dunia seni. Hal ini dikarenakan banyaknya keluhan yang dirasakan oleh para kreator Indonesia ketika melakukan penciptaan sebuah karya dipandang sebelah mata dan kadang kurang dihargai. Dengan adanya bantuan melalui marketplace NFT, setidaknya kreator-kreator dapat tersalurkan suara hatinya untuk menjual karyanya dalam bentuk NFT.

Melalui keberadaan dan keberlangsungan NFT yang sekaligus menjadi trendsetter di kalangan masyarakat Indonesia, membuka kesempatan dan peluang bagi kreator lokal Indonesia. Selain mereka bisa memasarkan karyanya dengan jangkauan yang lebih luas, para kreator bangsa yang berbakat pastinya akan menawarkan sisi unique dan langka. Yang pastinya tidak dimiliki dan menjadikan karyanya sebagai ciri khas yang tercermin dari karya kreator tersebut. Selain itu melalui TokoMall dan pasar NFT dapat menjadi solusi atas carut-marutnya permasalahan royalti dari tiap karya yang dipasarkan dalam bentuk NFT. Nantinya kreator-kreator ini sudah tidak perlu bingung lagi karena mereka akan mendapatkan revenue dari kolektor yang sudi mengeluarkan koceknya untuk beli karya-karyanya. Tentunya investasi ini dijamin keasliannya karena setiap karya yang dijual oleh para kreator tersemat kode unik yang tidak bisa asal untuk diduplikasi oleh orang lain.

4. Kolektibel

Photo IBL NFT Rarity Pack by Kolektibel

Photo IBL NFT Rarity Pack by Kolektibel via https://blog.kolektibel.com

Jika kalian adalah penggemar olahraga basket alias pebasket, nah platform yang satu ini cocok untuk kalian. Yap, perkenalkan inilah Kolektibel. Salah satu platform marketplace NFT yang mengusung konsep dokumentasi aksi-aksi terbaik para pemain basket di Indonesia Basketball League. Mereka mengumpulkan perjalanan dokumentasi para pebasket yang berlaga di Indonesia Basketball League pada kompetisi musim 2021. Aksi-aksi yang menarik dan memikat hati penggemar basket baik diseluruh penjuru Tanah Air maupun di berbagai belahan dunia. Uniknya aksi-aksi mereka ini dikemas dalam bentuk merchandise yang dijual melalui pasar NFT. Nantinya setiap produk NFT IBL dari Kolektibel memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri bagi para kolektor yang berhasil membeli karyanya. Menyambut tahun baru 2022, kini kolektibel menyuguhkan suasana baru. Setelah kemarin berhasil menjual 525 IBL di pasar NFT, kini kolektibel mulai bertolak ke sisi yang lainnya. Mereka memandang bahwa industri NFT benar-benar semakin berkembang dan sedang menggila di Indonesia, tentunya membuka pintu untuk industri musik Indonesia. Dengan merebaknya pasar NFT ini, kolektibel menyentil sasaran industri musik untuk bisa segera mengambil kesempatan emas ini dengan debut di pasar NFT.

Dalam menyuguhkan NFT musik, kolektibel menggandeng trio produser rekaman seperti vokalis RAN yaitu Nino, Ilman Ibrahim dan Lale. Mereka bertiga tergabung dalam grup Laleilmanino yang telah mencatat banyak penghargaan dalam industri musik Indonesia. Seperti produser rekaman terbaik versi AMI Awards tahun 2018, 2020 dan 2021, lagu C.H.R.I.S.Y.E yang didapuk menjadi 10 lagu paling dicari netizen di Google selama tahun 2021. Alasan mendasar bahwa Kolektibel menyasar industri musik adalah salah satu jenis seni yang dinamis dan dapat diterima oleh seluruh khalayak. Maka dari itu dengan NFT yang sedang tren di Indonesia bisa jadi nafas baru dan pintu gerbang awal bagi industri musik masa depan. Platform Kolektibel menghadirkan customer journey dan user journey yang ramah bagi seluruh penggunanya. Agaknya sedikit berbeda dengan marketplace NFT lainnya. Pada kolektibel mereka tidak menggunakan mata uang kripto sebagai metode pembayaran dalam membeli karya bentuk NFT. Tetapi mereka menggunakan mata uang yang berlaku di Indonesia yaitu Rupiah.

5. Baliola

Photo by Baliola

Photo by Baliola via https://baliola.com

Marketplace NFT asli Indonesia berikutnya adalah Baliola. Sekilas nama ini sudah tergambarkan karena ada kata Balinya di 4 huruf pertama. Jadinya sudah jelas kalau Baliola ini adalah platform NFT lokal asli Indonesia. Baliola merupakan salah satu NFT Marketplace asli Indonesia yang berpusat di Denpasar, Bali. Melalui platform Baliola, nantinya mereka akan memfasilitasi para kreator dan pelaku seni maupun seniman untuk bisa memasarkan apapun bentuk karyanya. Bisa berupa foto, video, animasi, lukisan bahkan lagu juga bisa dijual dalam bentuk NFT. Harapannya bagi para kreator berbakat tentunya dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Nantinya seniman dan para kreator bisa melakukan pendaftaran untuk menjadi anggota Baliola melalui laman Baliola.com. Mereka yang masuk nantinya akan melalui tahapan validasi terlebih dahulu. Baliola memastikan bahwa seniman-seniman yang masuk dalam Baliola dapat mengerti regulasi NFT dan yang telah mendapatkan kredibilitas. Hal tersebut disampaikan oleh I Gede Putu Rahman Desyanta selaku CEO dan pengembang Baliola.

Baliola merupakan project yang diinisiasi oleh kepeng.io dalam bidang Cryptocurrency. Baliola menggunakan aset digital cryptocurrency yang berbasis teknologi blockchain. Aset digital yang sedang dirintis kini diinkubasi oleh Badan Ekonomi Kreatif Denpasar atau BEKRAF. Nantinya Baliola tidak hanya menjual produk karya dari seniman dan kreator, tetapi Baliola juga akan menjual produk kreatif dari pemerintah, komunitas maupun produk langka. Regulasi yang akan diatur Baliola, nantinya setiap user yang menjadi penjual pada laman Baliola akan diberikan halaman khusus. Penjual yang sudah tergabung dan telah melewati tahap validasi akan diberikan halaman layaknya etalase untuk bisa menjual karya-karyanya dalam bentuk NFT.

6. Artsky

Photo by Artsky by CryptoHarian

Photo by Artsky by CryptoHarian via https://cryptoharian.com

Artsky merupakan salah satu platform keuangan terdesentralisasi karya anak  bangsa. Dia adalah salah satu marketplace NFT lokal yang menghubungkan antara penjual (kreator) dengan pembeli (kolektor) secara langsung. Kini Artsky  sedang mengembangkan dApps atau aplikasi terdesentralisasi pada jaringan BSC atau Binance Smart Chain. Fokus platform Artsky yakni menaungi berbagai bidang seni seperti gravity, digital art, video, music, foto. Tidak hanya itu saja, kini mereka juga menyasar produk lainnya seperti GameFi, DeFi, desentralisasi Metaverse dan Decommerce.

7. Mirror.xyz

Photo by Mirror Xyz

Photo by Mirror Xyz via https://mirror.xyz

Kalau beberapa penjelasan platform marketplace diatas kan seringnya dijual dalam bentuk visual maupun audio. Nah, kabar baiknya ternyata ada juga marketplace NFT yang bersedia mewadahi para kreator tulisan, writer maupun penulis-penulis lainnya untuk bisa menjual karyanya dalam bentuk NFT. Yap, ini dia Mirror.xyz. Awalnya aku sempat berpikir apakah memang ada marketplace NFT yang bisa mewadahi para penulis untuk menjual karyanya dalam bentuk NFT. Karena kalau misalnya dihargai kan enak. Kita jadi tidak perlu capek-capek nulis dan kita juga mendapatkan pemasukan dari situ, dari ladang menulis bisa mendulang cuan yang tinggi. Awalnya aku mengeluhkan keresahan ini. Sampai akhirnya temen aku balas dan dia menyarankan coba cari-cari informasi di mirror.xyz. Langsung aku cari dan aku ulas khusus untuk kalian semua disini.

Mirror.xyz merupakan salah satu marketplace NFT pada bidang penerbitan (publishing), kepenulisan dan mewadahi kreator penulis untuk memanfaatkan pasar NFT. Mirror.xyz menggunakan teknologi cryptocurrency dan blockchain. Platform ini didirikan oleh Denis Nazarov dan diluncurkan pada tahun 2020. Sebagai salah satu platform penulisan pertama terdesentralisasi dengan teknologi, kehadiran Mirror.xyz diharapkan mampu membantu pembuat konten untuk bisa reach dan terhubung dengan target audiens mereka. Tentunya dengan cara yang lebih langsung dan inovatif. Nantinya para kreator tulisan ini bisa mengekspresikan terkait karya tulisan, bisa berbagi juga dan dapat melakukan monetisasi karyanya melalui pasar NFT.

Mirror.xyz ini sekilas tampilan marketplacenya seperti Medium, Patreon dan situs media online lainnya. Hanya saja kolektor dan pembeli ini mereka menggunakan transaksinya dengan mata uang Ethereum. Mirror.xyz diatur sedemikian rupa bahwa penulis yang dihadirkan dan tergabung disini cukup banyak. Tapi tenang saja mereka akan mendapatkan kode khusus untuk setiap konten-konten yang berkualitas dibagikan di platform ini. Melalui teknologi blockchain, maka minim kemungkinan bahwa konten tersebut akan disalin atau disalahgunakan oleh para oknum yang tidak bertanggungjawab.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penyuka Seblak dan Baso Aci

CLOSE