Untukmu yang Sedang Patah, 6 Lagu BTS Ini Akan Menyadarkan Bahwa Kamu Itu Berharga dan Istimewa

Rekomendasi lagu BTS

Siapa yang tak mengenal  방탄소년단 alias BTS? Boygroup asal Korea Selatan ini tengah menaiki tangga popularitas di kancah musik internasional berkat karya-karya mereka yang berhasil memberikan influence bagi banyak orang di seluruh penjuru dunia.

BTS punya karya-karya apik yang bakal bikin kamu bersyukur dan merasa berharga. Nggak heran kalo mereka sampe diundang ke PBB untuk menyampaikan pidato sebagai bagian dari kampanye #LoveYourSelf #LoveMySelf #SpeakYourSelf. Hal ini membuktikan bahwa memang pengaruh karya musik mereka memang sudah terbukti di kelas Internasional, lho!

Berikut adalah beberapa karya BTS yang mampu menyadarkan kita bahwa hidup merupakan suatu perjalanan, dengan segala pahit dan manis didalamnya dan mengajak kita untuk senantiasa mencintai diri sendiri sebelum mencintai sesama manusia lainnya.

Check out this playlist!

Advertisement

1. Answer: Love Myself

love myself

love myself via https://img.jakpost.net

Walaupun lagu ini muncul dalam album terbaru, namun lagu ini banyak dinobatkan orang-orang sebagai lagu andalan bagi mereka yang mulai kehilangan rasa cinta terhadap diri sendiri. Dibalut dengan instrumen yang menenangkan, Answer : Love Myself mampu membuat kita betah mendengarkan lagu ini terus-menerus. Lirik yang menjadi highlight dalam lagu ini adalah  :

You've shown me I have reasons,

I should love my self.

Advertisement

Bahwa, dengan adanya berbagai masalah dan tantangan yang sekarang tengah kita hadapi, semua itu akan bermuara ke suatu hal. Yakni, penemuan sisi dan pemahaman diri mungkin belum kita sadari. Kita sebagai individu selalu memiliki alasan untuk terus mencintai diri kita.

2. Epiphany

Epiphany memiliki arti pencerahan. Lagu ini sangat menggambarkan definisi dan makna Love Yourself secara keseluruhan. Disakiti dan dikecewakan saat mencintai orang lain, terpuruk dan akhirnya menemukan bentuk cinta secara utuh dan sempurna.

Advertisement

Lagu yang dinyanyikan solo oleh Jin ini adalah salah satu lagu andalan dalam album BTS Answer: Love Myself. Dengan iringan piano serta vokalnya yang lembut dan lirik yang penuh makna, Jin mampu menyampaikan pesan lagu tersebut dengan sempurna kepada siapapun yang mendengar lagu ini.

I'm the one I shoul've love, in this world.

Lagu ini membuat kita merenungi suatu hal, bahwa kita seharusnya mampu mencintai diri kita terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain. Walaupun tidak sempurna, kita hendaknya selalu bersyukur dan menerima segala kekurangan serta kelebihan dalam diri.

3. IDOL

IDOL adalah title track dalam album Love Yourself : Answer yang menjadi rangkaian album terakhir dalam proyek Love Yourself: 起承轉結. Dengan perpaduan instrumen tradisional Korea, Hip-Hop Groove dibalut dengan Modern Beat, menghasilkan karya yang mengejutkan dan segar bagi para penggemar BTS. IDOL merupakan jawaban dan respon BTS atas berbagai komentar Hater yang selalu didapatkannya sejak awal debut.

Lagu yang bercerita tentang penemuan jati diri dari anggota BTS yang selama ini merasa bingung dengan transisi dalam diri yang mereka alami setelah turun dari panggung glamour sebagai seorang idol dengan diri mereka sebagai seorang manusia biasa yang juga memiliki kekurangan.

Penemuan jati diri ini menjadi sebuah lagkah mereka untuk menerima dan mencintai diri dengan segala yang ada, termasuk keluarga, teman dan penggemar. Juga terdapat lirik untuk membungkam hater yang terus mencoba meruntuhkan BTS dengan segala komentar jahatnya.

 You can’t stop me loving my self

I love myself, I love my fans
Love my dance and my what

There are hundreds of me’s inside of me

Im facing a new me again today

It’s all me anyway.

Dengan memeluk segala kekurangan dan kelebihan, tentunya kita akan berhenti membandingkan dan akan terus berfokus pada memperbaiki kualitas diri kita sendiri.

4. Sea (바다)

Sea (바다) merupakan hidden-track dalam album BTS bertajuk Love Yourself: Her. Lagu ini menceritakan tentang kesulitan yang dihadapi para anggota BTS mulai dari debut, berjuang dengan komentar haters, grup dan agensi lain yang lebih besar. BTS memetaforakan Desert (Padang Pasir) sebagai kesulitan dan perjuangan, sedangkan Sea (Laut) sebagai harapan dan kesuksesan.

Where there is Hope, There is always Hardship.

Ocean, Desert, The World. Everything is the same thing, different name.

Selalu ada harapan dalam setiap kesulitan dan masalah yang dihadapi.

5. Go Go (고민보다 Go)

Lagu satu ini seebnarnya merupakan parodi dan sindiran yang menampilkan kenyataan pahit masyarakat saat ini -khusunya kaum muda- yang selalu berusaha mendapatkan yang diinginkan tanpa memiliki uang.

Tetapi selain itu, Go Go Go merupakan lagu  BTS yang mengajak kita melpakan sejenak semua masalah dan mampu mengusir rasa khawatir kita dengan perasaan yang chill vibe dan ceria. Mengingatkan kita bahwa hidup hanya sekali, alias YOLO (You Only Live Once) dan terlalu berharga untuk dihabiskan dengan kekhawatiran.

6. I am Fine

i'm fine

i’m fine via https://pbs.twimg.com

Lagu I’m Fine adalah kelanjutan dari lagu Save Me. Lirik lagunya mengekspresikan pemahaman antara 2 orang yang meskipun mengalami kesulitan, mereka tetap bisa menemukan kebahagiaan dan ketenangan didalamanya.  

Lagu yang menggambarkan seseorang yang sebelumnya memohon untuk “diselamatkan”, kini telah bangkit dan bisa bergantung serta menyelamatkan dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain lagi.

I’m feeling just fine, fine, fine.

I dom’t wan’t to be sad anymore.

I could see the sun shine, shine, shine.

Cause I’m just fine.

Melalui lagu I’m Fine ini, BTS menunjukkan betapa segala hal yang membuat kita terpuruk pada akhirnya akan terlewati –cepat atau lambat. Dan setelah kesulitan tersebut, barulah kita menyadari dan belajar bahwa semua masalah pasti dapa diatasi.  

Tiap orang pasti pernah mengalami fase terpuruk dan merasa gagal pada satu titik. Tapi, hal itu bukan jadi alasan kita untuk terus terusan merasa rendah & patah. Sadari bahwa Tuhan telah memberikan kita nikmat yang tak terbatas dan salah satu cara kita sebagai ciptaan-Nya untuk bersyukur adalah dengan merawat, menyayangi dan terus meningkatkan kualitas diri.

Itu dia rekomendasi lagu BTS untukmu yang sedang patah. Kira-kira, lagu mana nih yang mewakili perasaanmu?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE