Kopi merupakan minuman yang digemari banyak orang, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Banyak yang beranggapan bahwa rasanya tidak lengkap mengawali hari tanpa segelas kopi panas. Nah, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mengurangi rasa kantuk, kopi juga memiliki khasiat untuk kecantikan, penyuburan tanaman, dan materi pembersihan/ cleaning.

1. Sabun mandi

Sabun mandi terbuat dari kopi via http://www.rumah.com

Nah, selain aromanya yang harum, kopi juga memiliki manfaat sebagai penghilang bau badan/ deodorizer. Jika anda menyukai aroma kopi, anda pasti akan menyukai sabun yang terbuat dari kopi ini.

2. Scrub badan & wajah

scrub badan dan wajah via https://hellosehat.com

Untuk membuat scrub kopi untuk wajah dan badan, campurkan madu dengan ampas kopi lalu oleskan di bagian tubuh anda. Scrub ini dapat menghaluskan kulit dan membuatnya lebih bercahaya.

3. Masker rambut

kopi dapat menghaluskan dan membuat rambut berkilau via http://www.fimela.com

Advertisement

Oleskan ampas kopi di rambut anda sebelum menggunakan shampoo dan conditioner. Biarkan untuk beberapa saat, lalu bilas hingga bersih. Rambut anda akan terlihat sehat dan berkilau.

NB: Tidak disarankan untuk mengaplikasikannya di rambut berwarna.

4. Menghilangkan bau tidak sedap/ bau apek

kopi dapat menghilangkan bau apek dalam kulkas via http://o.canada.com

Masukkan ampas atau biji kopi di dalam sebuah wadah, dan letakkan wadah tersebut di dalam kulkas atau di bagian lain rumah anda yang berbau tidak sedap. Anda juga dapat meletakkan beberapa ampas atau biji kopi di dalam plastik tong sampah untuk mengurangi bau yang menusuk.

5. Memoles perabot/ furniture kayu

kopi dapat menutupi bekas goresan pada perabotan furniture kayu via http://www.rumah.com

Advertisement

Campurkan ampas kopi dengan air hangat, dan gosokkan cairan tersebut di atas noda atau bekas goresan pada furniture anda. Ini akan membantu menutupi goresan di permukaan perabotan kayu.

6. Membersihkan peralatan masak & dapur

kopi dapat membersihkan kerak dan kotoran panci wajan via http://www.royco.co.id

Gunakan ampas kopi untuk menggosok peralatan masak seperti wajan dan panci saat benar-benar kotor. Gunakan air hangat untuk mempermudah proses pembersihan.

7. Menyuburkan tanah

campurkan kopi dengan tanah sebagai pupuk via http://www.hostelgarden.net

Tambahkan ampas kopi ke dalam tanah di pot anda sebagai pupuk. Anda juga dapat mencampurkan ampas dengan air hangat, masukkan cairan ke dalam botol spray, dan semprotkan pada tanaman di rumah.

8. Anti-hama

Sebarkan ampas atau biji kopi di daerah rawan hama. Serangga tidak menyukai aroma kuat dan menusuk.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya