Kalian sering tidur setelah keramas dan dalam keadaan rambut masih basah? Buat kalian para pekerja yang sampai dirumah habis magrib atau bahkan malam pasti sering melakukan hal ini, jujur aja gue sering, banget malah. Kenapa? karena pertama kita para pekerja biasanya akan lebih nyaman bila melakukan ritual keramas pada sore atau bahkan malam hari setelah aktifitas pekerjaan kita selesai, kedua gue punya masalah dengan rambut yang tebal dan susah kering. Yap, ini sebenarnya penyebab inti kenapa gue keramas di sore atau malam hari , karena bagi yang punya masalah sama kayak gue akan susah dan memakan waktu lama apabila kita keramas di pagi hari sebelum berangkat kerja, pasti bakal rempong banget. Tapiiiiiii, gue kaget dan tercengang banget saat nonton vlog seorang aktor yang bilang "Gue kalau keramas malam hari dan harus dikeringin jangan langsung tidur karena bisa menyebabkan kanker". Whattttttttt? Serius nih? Gue langsung searching, baca buku, cari-cari referensi dan segala macamnya, lalu gue terilhami untuk bikin tulisan ini. hehehe.

Oke ini rangkuman dari penjelasan yang dapat gue tangkep dari beberapa buku, situs, dan lain-lain.

1. Menyebabkan Sakit Kepala

Sakit kepala via https://www.google.co.id

Jika kalian tidur dalam keadaan rambut masih basah, suhu kepala kalian tidak dapat menyesuaikan dengan suhu tubuh kalian, hal ini yang menyebabkan sakit kepala parah atau saat kalian bangun tidur kalian akan merasakan pusing atau kepala menjadi berat.

2. Menyebabkan Infeksi dan tumbuhnya Jamur

Bantal yang kalian gunakan adalah tempat yang ideal untuk berkumpulnya bakteri karena menyerap keringat, sel-sel kulit mati, debu, dan minyak alami yang keluar dari tubuh kalian. Nah jika kalian tidur dalam keadaan rambut basah yang menempel pada bantal maka bantal akan basah juga, kondisi ini yang menciptakan tempat sempurna untuk mengembangkan infeksi.

3. Menyebabkan Kerusakan pada Rambut

Advertisement

Rambut rusak via http://www.oneibeauty.com

Saat masih basah rambut dapat rusak dengan lebih mudah. Misalnya akan mudah bercabang terutama saat rambut kalian bergesekan pada bantal, atau akan mudah ketombean karena infeksi dan jamur yang dihasilkan bercampur dengan debu pada saat masih basah hal ini menyebabkan rambut menjadi berketombe.

4. Menyebabkan Pilek

Tidur dengan keadaan rambut masih basah dengan di dukung suhu ruangan yang dingin akan menyebabkan pilek. Sebagaimana dikutip Liputan6.com dari New Health Advisor, Jumat (10/6/2016). Studi tersebut menjelaskan, hal ini terjadi karena tubuh terkena udara dingin. Jika tubuh sudah mengalami seperti ini maka sistem pembuluh darah pada hidung dan tenggorokan akan terbatas. Dan kemudian berpengaruh pada sel darah putih, di mana sel darah putih akan sedikit melamban untuk melawan infeksi tubuh. Akibatnya, kekebalan tubuh menjadi menurun sehingga flu mudah menyerang tubuh.Untuk itu, studi tersebut menyarankan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk tidur.

5. Menyebabkan Kanker

Kanker kulit kepala via https://www.google.co.id

Belum ada penelitian dan studi yang menjelaskan akan hal ini, tapi yang jelas jika rambut yang masih basah ditutup atau langsung tidur akan bisa merusak sel-sel kulit kepala, mungkin tepatnya bukan adalah bisa menyebabkan kanker kulit kepala bukan kanker otak dan secara teori timbulnya kanker karena memang orang tersebut memang punya gen kanker dalam dirinya, tinggal menunggu apa pencetus sehingga gen kanker tersebut akan muncul.

Nah. begitulah guys kira-kira hasil kepo-kepo an gue yang gue rangkum, secara garis besar sih memang tidur dalam keadaan rambut masih basah memang banyak rugi nya ya. So keringkan dulu rambut kalian sebelum kalian memutuskan untuk tidur, semager apapun kalian. Semoga hasil kepo-kepoan gue ini bermanfaat. Berbagi itu indah.