"Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim"

Tiga dekade terakhir terjadi perkembangan yang begitu pesat terhadap dunia teknologi. Masing-masing dekade menciptakan teknologi dengan "cita rasa" nya.

1980-an : Revolusi Digital

Manusia semakin gencar menciptakan berbagai inovasi baru. Ini dia era munculnya berbagai gadget digital..

1990-an : Gaming Era

Berbagai teknologi gaming muncul dengan grafik yang makin disempurnakan dari Nintendo 64, Sega Genesis, Gameboy, dan lainnya. Selain gaming, ada beberapa game sederhana dan teknologi yang populer di era ini.

2000-an : Social Media Fever

Sosial Media mulai berjaya pada 10 tahun terakhir. Dan, seiring waktu menjadi salah satu kebutuhan primer pengguna teknologi.

Nah, apa saja teknologi-teknologi tersebut? Yuk dicek!

1. (1980s) Motorola DynaTac

Sebagai telepon genggam pertama, Motorola Dynatac hanya terbatas pada fitur voice call. Ukuran ponsel yang bongsor seperti batu bata ini memang kurang laris di zaman sekarang. Tapi, balik ke tahun-tahun teknologi dimulai, telepon genggam Dynatac merupakan ponsel yang diingini semua orang.

2. (1980s) Sony Walkman

Pemutar kaset portable yang populer karna ke-praktisannya. Sony dengan headset dan kualitas suara produk yang tak main-main, bikin Walkman ini jadi kenangan terbaik di zaman itu. Orang-orang bisa mendengar lagu kesukaannya di mana pun dan kapan pun.

Advertisement

3. (1990s) Pager/Beeper

Pager sudah ada sebelum tahun 90-an, tapi juga eksis di era gaming ini. Pager punya fitur mengirim pesan, tapi dengan cara berbeda dari handphone sekarang. Untuk mengirim pesan ke orang yang dituju, kita harus bilang ke perantara yakni Operator Pager, baru pesan dilanjutkan ke penerima. Wah, kalo operatornya kepo-an gimana yah.

4. (1990s) Discman

Discman adalah pemutar CD portable dan mulai populer ketika CD banyak digunakan. Seperti Walkman, dengan teknologi yang ini, kita bisa mendengar lagu kapan saja kita mau.

5. (1990s) Tamagotchi

Advertisement

Ini dia mainan mini nan imut yang fenomenal di era 90-an. Gimana cara mainnya? Kamu harus merawat Tamagotchi si makhluk luar angkasa dari kecil sampai bertumbuh dewasa. Harus dijaga baik-baik loh, jangan sampai peliharaan ini mati.

6. (2000s) Social Media

Maraknya penggunaan media sosial

Maraknya penggunaan media sosial via http://www.lausannecites.ch

Berbagai media sosial mulai menciptakan demam virtual bagi dunia. Media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Youtube mulai debut di era ini. Ponsel layar sentuh juga merebak dengan ukuran lebih slim serta fitur yang lebih beragam. Kita tidak harus membeli Pager, Walkman, Discman, DynaTac, Tamagotchi untuk berkomunikasi jarak jauh, mendengar musik, maupun bermain game.

Teknologi menjadi lebih praktis dan mini dengan berjalannya waktu. Tapi, kembali lagi ke masa ketika teknologi baru dikenal, berbagai gadget klasik mempunyai "cita rasa" tersendiri untuk orang yang hidup di masa itu. Setuju gak?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya