Hai, buat kamu yang takut tinggal sendirian di rumah, kalau udah sendirian di rumah itu biasanya ada ada aja yang dipikirin. Kebanyakan pikiran yang negatif, iya kan? Pasti aja pikirannya itu takut sama hantu, takut pencuri, atau takut sama orang asing yang tiba-tiba datang, atau juga kamu punya phobia tersendiri misalnya phobia dengan  ruangan luas, tempat gelap, atau juga phobia tinggal sendirian.

Saya sendiri bukan orang pemberani seperti yang kalian kira, saya juga takut hantu, takut sama pencuri, takut sama orang asing yang tiba-tiba datang. Tapi kalau pola pikir takut di rumah sendirian itu sudah tidak ada lagi sekarang. Pola pikir seperti itu sudah hilang sejak saya masuk SMP. Jadi sampai sekarang saya tidak bermasalah dengan yang namanya tinggal sendiian di rumah.

Kamu juga harus ubah pola pikir kamu mulai sekarang, karena apa? Karena pola pikir yang seperti itu akan susah ditinggalkan semakin bertambahnya usia kamu. Kenapa harus takut sendirian di rumah? Kalau di rumah orang sih masih mungkin, tapi ini rumah kita sendiri.

Rumah itu kan tempat kita kembali dari segala aktivitas kita yang melelahkan, tempat kita mencari kedamaian dari ramainya dunia luar, dan juga tempat bercerita dengan penghuni rumah lainnya. Kalau di rumah sendiri aja kita udah takut, terus mau di cari dimana lagi tempat kita melepas lelah, mencari damai, dan bercerita?

Selain mengubah pola pikir kamu, Ini ada beberapa tips supaya kamu tidak takut lagi saat harus sendirian di rumah

 

1. Ajak teman kamu ke rumah

mending nonton

mending nonton via http://news.colgate.edu

Karena ada orang lain, pastilah kamu nggak perlu takut lagi, kamu bisa cerita, nonton dvd, atau mungkin sekedar tidur-tiduran.

2. Pastikan kamu sudah merasa aman

kunci pintunya ya

kunci pintunya ya via http://list25.com

Ya, aman. Saat sendirian lekas kunci semua pintu dan jendela kamu, itu akan meminimalisir perasaan khawatir kamu saat sendirian.

3. Nyalakan lampu (saat malam tentunya)

bikin rumah jadi terang benderang

bikin rumah jadi terang benderang via http://consumenrreports.org

Ini penting ya, bukan hanya sekedar karena kamu takut gelap, tapi ini juga semacam memberitahu orang lain bahwa rumahmu ada orangnya, nggak kosong. Meminimalisir tindak kejahatan lah ya. Sebaiknya lampu yang kamu nyalakan adalah yang pasti lampu depan rumah, lampu kamar yang paling depan. Memang agak boros listrik sih.

4. Ciptakan sedikit kebisingan

dengerin lagu biki nggak sepi dan nggak bosan juga

dengerin lagu biki nggak sepi dan nggak bosan juga via http://123rf.com

Sedikit ya, nggak usah banyak-banyak, awas nanti tetangga kamu ngomel. Kalau kamu agak merasa risih dengan suasana yang sepi, nyalain aja TV, atau dengerin lagu.

5. Dalam keadaan darurat , segera hubungi polisi atau siapa saja buat minta bantuan

biasanya kalo takut ya gini

biasanya kalo takut ya gini via http://woodstockwritings.com

Yang terakhir ini emang agak-agak sesuatu ya. Tapi, toh kita nggak tahu niat orang lain gimana, kita nggak tahu kan kitanya udah waspada tapi kalau ada aja orang yang punya niat nggak baik, ya mau gimana lagi? Kalau kamu mendengar atau melihat sesuatu yang mencurigakan, tapi kamu takut mau ngecek, hubungi tetangga dekat kamu atau hubungi polisi aja sekalian. tapi sebaiknya beranikan diri kamu buat ngecek ya.

 

Ya seperti itulah. Jangan takut tinggal sendirian di rumah lagi ya guys.

Lebih baik di sini, rumah kita sendiri

Nanti kalau udah nggak tinggal di rumah lagi contohnya merantau malah kangen jadinya. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya