Kebiasaan kita yang sering ingin membelanjakan uang untuk kebutuhan dan keinginan sendiri,  terkadang kita lupa untuk menyisihkan uang untuk di tabung di rumah. Kenapa di rumah? Nabung di rumah tanpa bunga  kan? selain itu kita tidak perlu keluar rumah untuk pergi ke bank . Kalau nabung di rumah kita bisa, kenapa engga?

Dan berikut tips menabung di rumah yang bisa kamu lakukan:

 

1. Buatlah catatan kebutuhan belanja anda dalam sebulan

weheartit.com

weheartit.com via http://bit.ly

Yang biasanya anda membelanjakan sesuatu tanpa dicatat, kini anda wajib mempunyai catatan kebutuhan belanja dalam sebulan. Karena dengan begitu, anda akan tahu apa saja yang biasa anda butuhkan dalam sebulan, dan anda pun juga akan tahu apa saja yang anda belanjakan yang sebenarnya bukan kebutuhan anda.

Catat saja kebutuhan yang benar-benar anda perlukan selama sebulan, kalau  memang ada beberapa catatan yang bukan kebutuhan anda sebaiknya tidak anda tulis, karena anda tahu sendiri itu hanya pemuas kebutuhan saja, alias pemborosan.

Tujuan dari membuat catatan ini adalah, anda akan tahu dengan benar mana saja kebutuhan yang biasa anda belanjakan, selain itu anda juga bisa memonitor uang anda secara pasti jika adanya catatan ini.

2. Sisihkan uang anda untuk di tabung setiap hari

weheartit.com

weheartit.com via http://bit.ly

Dalam hal ini anda harus tahu berapa jumlah uang yang anda harus tabung di rumah, silahkan anda simpan beberapa potongan uang seperti “Rp. 5000,-“ hingga “Rp. 20.000,-“ untuk anda tabung. Dan disini anda harus konsisten untuk menyisihkan uang setiap harinya. Agar setiap bulannya pun anda dengan pasti tau jumlah tabungan anda dan dengan begitu anda juga lebih bijaksana untuk bisa menyisihkan uang sebelum anda menghabiskan untuk membelanjakannya.

3. Buatlah tempat menabung anda semenarik mungkin

weheartit.com

weheartit.com via http://bit.ly

Karena anda menabung di rumah, sudah pasti anda harus mempunyai tempat untuk menyimpan uang anda nantinya. Apakah itu celengan  yang sengaja anda beli atau celengan yang anda buat sendiri? Ide kreatif anda bisa dituangkan dalam membuat celengan anda sendiri semenarik mungkin. Contoh, anda mempunyai celengan yang berbentuk tabung yang terbuat dari plastik, anda bisa kreasikan dengan melapisi kain flannel yang anda bentuk sendiri pula kainnya sesuai imajinasi anda. Yang hasilnya akan membuat anda puas dan bisa memotivasi anda untuk setiap kalinya anda menaruh uang didalamnya.

Bentuk ini termasuk usaha kreatif yang dapat memicu semangat anda dalam menabung. Menabung  adalah kegiatan yang terlihat mudah tapi sulit dilakukan jika tidak ada kemauan. Maka dari itu buat tempat tabungan di rumah anda semenarik mungkin, bisa juga di tambahkan beberapa tulisan tujuan anda menabung, yang secara tidak langsung adalah harapan anda sendiri.

4. Belajar membelanjakan dengan uang dengan benar

weheartit.com

weheartit.com via http://bit.ly

Bawalah uang secukupnya ketika anda berpergian, dengan membawa uang pas untuk di belanjakan anda jauh lebih bisa menghemat, karena semakin anda membawa uang banyak di dalam dompet anda saat berpergian, daya tarik belanja anda semakin meningkat.

Pilihlah barang yang kualitasnya bagus dan harganya terjangkau, dan anda juga bisa memilih barang yang sedang ada potongan harganya, termasuk cara menghemat yang cukup ampuh.

 

Itulah beberapa tips yang saya berikan untuk anda yang berkeinginan mempunyai tabungan di rumah sendiri. Selain itu ternyata, "Tiga perempat (75%) konsumen Indonesia mengalokasikan kelebihan dana mereka untuk menabung," kata Managing Director Nielsen Indonesia Agus Nurudin dalam konferensi pers di kantor Nielsen, Mayapada Tower, Jl Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (20/5/2015).

 

Keuntungan yang didapatkan menabung dirumah bisa anda rasakan, seperti: lebih menghemat waktu dan biaya anda, mengedukasi orang disekitar anda untuk bisa menabung di rumah, dapat memotivasi diri jauh lebih giat menabung, dan dengan pasti anda bisa mengeceknya sendiri jumlah uang yang anda tabung. Nah sekarang, apakah anda tertarik untuk menabung di rumah? Silahkan mencobanya.

 

5. Berilah target mu sendiri

weheartit.com

weheartit.com via http://bit.ly

ketika kamu sudah berhasil menyisihkan uang secara rutin, berarti saatnya kamu mempunyai target sendiri untuk membelanjakan uang yang sudah kamu kumpulkan sejak lama itu. Beri target mu, dan itu bisa menjadi sebuah motivasi bagi dirimu sendri. Kalaupun tidak ada target atau hal yang kamu inginkan, buatlah impian mu apapun itu, agar kamu tau tolak ukur kesuksesan kamu dalam menabung.

selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya