Jika rumah hunian memiliki lahan yang cukup luas, tentunya mendesain sebuah kolam renang juga dapat dilakukan. Adanya kolam renang akan membuat hunian terasa lebih santai dan juga nyaman. Keluarga dapat refreshing ataupun bersenang-senang di dalam rumahnya yang tentunya menjadikan keluarga lebih akrab.

Namun seperti apa desain kolam renang yang baik untuk sebuah hunian? Inilah tips untuk mendesain sebuah kolam renang dalam rumah huni.

1. Berada di lahan terbuka

Kolam renang outdoor

Kolam renang outdoor via https://homesthetics.net

Akan sangat baik jika kolam renang berada di lahan terbuka pada sebuah rumah seperti halaman belakang rumah atau disamping hunian. Memang beberapa kolam berada di dalam rumah dan ditutupi oleh dinding ataupun partisi, namun akan cukup baik jika berada di lingkungan yang terbuka.

Advertisement

Hal ini dikarenakan saat berenang, suasana disekitarnya akan mempengaruhi kenyamanan. Menghirup udara segar dari pepohonan sambil bermain air akan membuat tubuh lebih rileks. Meskipun begitu, memang ada kelemahan kolam renang di area terbuka, yaitu tidak dapat digunakan ketika cuaca ekstrim seperti terlalu panas ataupun hujan.

2. Sesuaikan bentuk kolam renang dengan kegunaan

Kolam renang sendiri memang memiliki beragam bentuk. Pemilihan bentuk itu sendiri juga harus diperhatikan dari kegunaan dari kolam dan ukuran lahan. Jika kolam renang yang digunakan untuk berolahraga, tentu akan sangat baik jika berukuran persegi panjang. Sedangkan untuk kolam renang yang sekedar untuk berendam dan bermain, bisa dibentuk melengkung ataupun melingkar.

3. Pilih tangga keluar-masuk kolam yang pas untuk penghuni

tangga kolam renang

tangga kolam renang via http://princellasmith.us

Tangga menuju ke dalam dasar kolam tentunya harus diperhatikan desainnya. Tangga berundak tersebut harus didesain dengan material yang tidak licin dan aman untuk penggunanya. Apakah menggunakan tangga besi atau anak tangga berundak di pinggir kolam menjadi pilihan yang pas untuk rumah anda?

4. Desain area pinggiran sekitar kolam

Area sekitar kolam

Area sekitar kolam via https://www.countryliving.com

Advertisement

Saat mendesain sebuah kolam, tentunya air yang berlebihan juga harus dipikirkan harus dibuang kemana. Biasanya di kolam renang umum, terdapat saluran air di pinggiran kolam sehingga air dapat terbuang dan tidak membuat lantai di sekitarnya licin.

Namun untuk kolam renang di sekitar rumah, berbagai cara dapat juga dilakukan dengan memberikan lantai yang kasar di sekeliling kolam, atau terdapatnya tanah lapang untuk penyerapan air. Pastinya dengan memikirkan area sekeliling kolam, akan menambah keamanan untuk penggunanya.

5. Pisahkan area kolam renang untuk anak dan dewasa

kolam dewasa dan kolam anak

kolam dewasa dan kolam anak via http://princellasmith.us

Jika anda mendesain kolam renang untuk beragam usia, tentunya perlu memperhatikan kedalaman kolam yang aman untuk anak. Beberapa kolam renang pun akhirnya didesain dengan dua jenis kolam yang berukuran besar dan kecil.

Kedua desain tersebut tentunya harus terintegrasi agar terlihat cantik dan juga bagus di rumah. Pastikan setiap area kolam terdesain dengan baik.

6. Tambahkan atraksi seru di area kolam

seluncuran di kolam

seluncuran di kolam via http://midamericanpools.com

Adanya papan lompat atau seluncuran akan menambah kesenangan di dalam kolam renang anda. Pastikan elemen tersebut terlihat kompak dengan kolam renang. Jika kolammu didesain dengan tampilan minimalis, tambahkan papan lompat yang juga terlihat simple namun menarik perhatian. Atau bisa juga tambahkan pelampung yang dapat digunakan untuk bersantai tiduran di atas air kolam renang.

7. Jangan lupa dengan area bersantai dan berkumpul

area barbekyu dekat kolam

area barbekyu dekat kolam via http://walwa.co

Area kolam renang yang berada di lahan terbuka seperti halaman belakang rumah tentunya dapat dimanfaatkan sebagai area bersantai atau berkumpul bersama keluarga dan sahabat. Tentunya anda juga bisa menyediakan area berjemur dengan kursi jemur ataupun area untuk mengadakan persta barbekyu. Anda bisa mengadakan pesta yang tentunya seru dan juga artistik dengan menghias area kolam renang ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya