Awas Pengeluaran Membengkak! Ini Dia Tips Menjalankan Ramadan Tanpa Menguras Dompet

Bulan Ramadan menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu untuk umat muslim di berbagai penjuru dunia. Ramadhan tahun lalu menyisakan suasana yang berbeda karena wabah COVID-19 sedang pada puncaknya dan orang-orang disarankan untuk beribadah di rumah.

Meskipun kali ini kita masih merayakan Ramadan di tengah pandemi, suasana bulan Ramadan yang hangat dan penuh rasa berbagi sudah mulai muncul dan terlihat. Seperti perayaan shalat tarawih yang sudah kembali diadakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Walaupun belum bisa kembali seperti dahulu kala, setidaknya semangat Ramadan tetap memberikan kehangatan bagi semuanya.

Dalam menyambut Ramadan ini, ada lho beberapa hal yang perlu kamu persiapkan agar dompet tidak terkuras. Tak bisa dipungkiri, biaya yang dikeluarkan saat bulan Ramadan bisa saja menjadi membengkak jika kamu tidak tahu cara mengelola keuangan dengan baik.

Beberapa pengeluaran seperti buka bersama, membeli takjil, persiapan makan sahur dan yang lainnya bisa jadi membengkak jika kamu tidak mengantisipasinya. Oleh karena itu, simak yuk beberapa tips ini agar kamu tetap menjalankan Ramadan dengan aman, nyaman dan tanpa menguras dompet.

Advertisement

1. Persiapkan Perencanaan Keuangan

Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Photo by Mikhail Nilov from Pexels via https://www.pexels.com

Yang pastinya hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengatur anggaran selama bulan Ramadan. Kalau bisa sebelum bulan Ramadan kamu sudah membuat rencana keuangan.

Sebagai contoh, berikan budget untuk buka bersama, belaja kebutuhan sahur dan berbuka, membeli pakaian untuk lebaran (jika memang berencana untuk membeli), pembelian takjil serta kebutuhan lainnya.

Advertisement

Pastikan kamu pisahkan dana ini agar tidak tercampur dengan dana lain yang mengakibatkan pengeluaran berlebihan. Kamu juga perlu untuk menyiapkan dana cadangan untuk kebutuhan tak terduga.

2. Catat Pengeluaran Harian

Catat Pengeluaran Harian

Catat Pengeluaran Harian via https://www.pexels.com

Supaya kamu tidak lupa kemana uang kamu pergi, alangkah lebih baik jika kamu mencatat pengeluaran harian kamu. Hal ini akan membantu kamu untuk tetap berkomitmen pada anggaran yang sudah kamu buat sebelumnya, serta sebagai pengingat untuk tetap berhemat dan tidak mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu.

3. Berbuka dan Sahur di Rumah

Berbuka dan Sahur di Rumah

Berbuka dan Sahur di Rumah via https://www.pexels.com

Untuk lebih menghemat, usahakan untuk lebih banyak berbuka dan sahur di rumah. Berbuka dan sahur di rumah akan sangat menghemat pengeluaran ketika bulan Ramadan, kamu bisa masak sendiri dan berkreasi mencari ide-ide makanan menarik yang bisa kamu nikmati di rumah.

Sesekali berbuka bersama di luar memang tidak ada salahnya namun jika terlalu sering pengeluaran kamu pasti akan membengkak. Oleh karena itu lebih baik jika kamu berbuka dan sahur di rumah. Selain menghemat biaya, kamu juga bisa lebih dekat dengan keluarga.

4. Hindari Pengeluaran yang Kurang Penting

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Agar pengeluaran bulan Ramadan tidak berlebih, kamu perlu menentukan prioritas dan cermat memilih mana kebutuhan dan mana keinginan agar kau tidak boros.

Selain itu, jangan terbawa hawa nafsu ketika ingin membeli sesuatu. Tahu gak sih? Sampah makanan di bulan Ramadan itu sangat tinggi dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya? (Sumber: The Economist Intelligence Unit).

Banyak orang yang mengkonsumsi makanan secara berlebihan sehingga sampah makanan pun meningkat. Jadi, kamu harus bijak dalam membelikan makanan dan juga barang lainnya ya sehingga kamu terhindar dari menghabiskan uang untuk hal yang tidak penting.

5. Buat Anggaran untuk Hari Raya

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Photo by Karolina Grabowska from Pexels via https://www.pexels.com

Supaya gak kebablasan, jangan lupa untuk membuat rencana keuangan untuk hari raya ya. Seperti jika ingin berpergian, membeli pakaian lebaran, memberikan THR dan yang lainnya sehingga semuanya tetap stay on track.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan supaya bulan Ramadan ini kamu gak kebablasan dalam masalah keuangan ya! Semoga Ramadan kamu dipenuhi rasa kasih dan kebahagiaan. Selamat berpuasa!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

books and movies enthusiast

CLOSE