Saat ini, curah hujan yang sangat tinggi terjadi di beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Bagi para pemilik mobil, kondisi ini tentu amat mengkhawatirkan dan perlu ekstra hati-hati saat melakukan perawatan mobil miliknya. Hal ini di karenakan guyuran hujan dapat membuat sejumlah kerusakan pada beberapa bagian mobil Anda. Salah satu yang sering terjadi adalah kerusakan pada bagian bodi mobil. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam merawat mobil ketika musim hujan tiba.

1. Hindari mengelap bodi mobil secara langsung

Jika mobil dalam kondisi basah akibat guyuran hujan, maka sebaiknya Anda jangan langsung mengelap bodi mobilnya. Hal ini karena pada air hujan terdapat kandungan garam serta kotoran-kotoran halus di dalamnya yang berpotensi akan membuat goresan pada cat mobil Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengguyurkan bodi mobil Anda menggunakan air bersih secara merata di setiap bodi mobil Anda, lalu keringkan. Namun, jika bodi mobil Anda nampak sangat kotor, Anda dapat menggunakan shampoo khusus mobil untuk mencucinya agar terlihat lebih bersih.

2. Segera bersihkan air hujan dari bodi mobil

Saat mobil Anda terguyur hujan, maka jangan biarkan air hujan tersebut menempel terlalu lama pada bodi mobil Anda, apalagi sampai berhari-hari dan bahkan mengering. Karena itu, usahakan untuk langsung membersihkan sisa air hujan yang terdapat pada mobil Anda agar jamur serta karat tidak merusak lapisan cat mobil Anda.

3. Simpan dengan baik mobil yang Anda gunakan

Advertisement

Jika Anda merupakan orang yang jarang menggunakan mobil sebagai kendaraan rutin untuk aktifitas keseharian, maka usahakan agar mobil milik Anda tetap dapat terlindung dengan baik dari guyuran hujan. Bila perlu gunakan cover mobil atau memasukkan mobil Anda ke dalam garasi yang tertutup rapat dan bebas dari air hujan terutama di bagian atapnya.

4. Gunakan pelindung cat mobil

Selain membersihkan menggunakan air atau dengan mencuci mobil, ternyata ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk dapat merawat serta mempercantik penampilan dari mobil Anda, yaitu dengan mengaplikasikan coating atau pelapis bodi mobil. Coating atau yang disebut dengan pelapis bodi mobil ini berfungsi untuk melindungi cat serta bodi mobil Anda dari guyuran hujan sehingga Anda dapat dengan mudah membersihkannya.

Selain itu, coating juga mampu meningkatkan penampilan mobil Anda sehingga tampak lebih bersih dan lebih cemerlang layaknya mobil baru. Coating juga dapat diaplikasikan pada bagian bawah mobil serta pada bagian mesin dan kompartemennya. Untuk mendapatkan coating ini sangat mudah, sebab sejumlah car care atau salon mobil telah mempunyai cairan dan perawatan khusus untuk kondisi ini.

5. Membersihkan kaca depan dan wiper

Advertisement

Selain bodi mobil, bagian yang perlu Anda bersihkan saat musim hujan adalah windshield atau kaca bagian depan mobil Anda. Bagian ini sangat penting untuk selalu dibersihkan secara rutin agar potensi timbulnya jamur dapat dicegah. Selain itu, bersihkan juga karet wiper agar penyapuan air hujan dapat berjalan dengan lancar dan optimal. Untuk membersihkan karet wiper, sebaiknya Anda menggunakan lap kering dan cairan alkohol.

6. Menjaga bagian interior agar tetap kering

Saat hujan, pastikan air hujan tidak masuk ke bagian dalam kabin. Sebab jika air hujan masuk ke bagian dalam kabin, maka akan membuat alas karpet menjadi basah, dan jika dibiarkan akan menyebabkan timbulnya jamur. Jika kondisi ini terus dibiarkan terjadi, maka akan membuat bagian dalam kabin berkarat dan keropos.

Karena itu, ketika Anda sedang membersihkan dan mencuci mobil selalu pastikan bagian bawah alas kaki benar-benar bersih dari kotoran. Bila perlu, siapkan alas kaki tambahan seperti koran bekas dan berbagai tambahan alas kaki lain yang mampu menyerap air.

Selain alas kaki, sebaiknya Anda juga memperhatikan bagian trim pintu, sebab bagian inti merupakan area yang paling sering terkena air hujan. Untuk mensiasatinya, Anda dapat menggunakan lapisan khusus seperti vinyl atau plastik, atau dapat juga menggunakan cairan pelindung yang mempunyai sifat melapisi agar air tidak dapat dengan mudah menempel pada trim pintu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya