Langkah paling awal dari jalan-jalan ke United Kingdom adalah membuat visa UK. Apalah artinya sebuah rencana ke UK tanpa Visa UK?

Salah satu persiapan jalan-jalan ke UK adalah visa. Banyak yang bilang kalau mengurus visa UK sendiri itu susah dan ribet. Itu mah mitos belaka, kamu bisa kok mengajukan aplikasi visa UK sendiri. Meskipun memang lebih deg-deg-an dan terlihat pusing. Tapi ketika visa UK granted, rasanya bahagia dan ternyata tidak serumit yang kamu bayangkan. Ini dia pengalaman aku mengajukan visa UK untuk pertama kalinya. Semoga bisa membantu teman-teman yang mau ke UK :)

Visa Turis 6 bulan Biaya : £89 (sekitar IDR 1,700,000). Lama waktu proses : 3 minggu. Alamat : Kuningan City Mall, Lantai 2

1. Semua dokumen harus dalam bahasa Inggris

Informasi Penting mengenai dokumen.

Informasi Penting mengenai dokumen. via http://keep-wanderlust.blogspot.co.id

Kalau ada dokumen yang dalam bahasa Indonesia, kamu harus menerjemahkannya di penerjemah resmi. Karena Surat Keterangan Kerja, Surat Keterangan Penghasilan dan Bank Reference aku sudah dalam bahasa inggris, akhirnya aku tinggal translate KTP, Kartu keluarga dan Akta Lahir ke dalam bahasa inggris oleh penerjemah resmi. Biaya sekitar IDR 50,000 per lembar dokumen.

2. Register di www.visa4uk.fco.gov.uk

Tampilan halaman awal

Tampilan halaman awal via http://keep-wanderlust.blogspot.co.id

Belum punya akun? Silahkan register terlebih dahulu, kemudian log in. Pilih apply for myself. Alasan membuat visa adalah VISIT Visa type : TOURISM. Karena hanya liburan sebentar, pilih 6 months. Lalu create application.

3. Mengisi formulir aplikasi

Formulir aplikasi terdiri dari 7 section (yang kotak hitam), semangat ya ngisinya. Kalau sudah lelah, mending Save dulu atau Save & Quit daripada ngisi data bersalahan. Kalau sudah diisi, "Confirm Application".

Formulir aplikasi terdiri dari 7 section (yang kotak hitam), semangat ya ngisinya. Kalau sudah lelah, mending Save dulu atau Save & Quit daripada ngisi data bersalahan. Kalau sudah diisi, "Confirm Application". via http://keep-wanderlust.blogspot.co.id

Advertisement

Total form aplikasi adalah 11 lembar, total mengerjakannya sekitar 4 hari gitu. Formulir aplikasi Visa UK sangat panjang, tapi bisa di-save kok ke account kamu. Pertanyaan yang paling membutuhkan persiapan adalah mengenai uang yang dimiliki, penghasilan per bulan, pengeluaran per bulan dan berapa beban yang bisa kita keluarkan untuk perjalanan ini. Isilah formulir dengan teliti dan perlahan, karena kalau sudah di-submit dan terjadi kesalahan, tidak bisa di-edit lagi maupun diperbaiki di formulir yang dicetak.

Formulir aplikasi visa UK memiliki banyak pertanyaan-pertanyaan merinci, seperti berapa penghasilan sebulan, berapa belanja sebulan, apakah ada sebagian penghasilan yang diserahkan ke keluarga, orang tua, saudara, hingga berapa tabungan, berapa biaya per hari yang akan kamu spare selama di UK dan berapa total biaya yang bisa kamu cover untuk perjalanan anda selama di UK.

Bagian-bagian mengenai penghasilan ini yang membuat aku mengisi formulir visa hingga 4 hari, karena males mikir. Alhasil, semua biaya dan beban aku jawab dengan perkiraan. Kamu perkirakan saja berapa sehingga mereka bisa percaya kalau I have a lot money to spend in UK.

4. Membuat appointment

Print out email appointment untuk dibawa ke VFS

Print out email appointment untuk dibawa ke VFS via http://keep-wanderlust.blogspot.co.id

Advertisement

Pilihlah hari, tanggal, serta jam appointment kamu available untuk menyerahkan berkas ke VFS. Apabila kamu berhalangan hadir di tanggal yang sudah kamu pilih, terdapat opsi reschedule appointment.

5. Melakukan pembayaran

Formulir aplikasi yang sudah di print-out sebanyak 11 lembar.

Formulir aplikasi yang sudah di print-out sebanyak 11 lembar. via http://keep-wanderlust.blogspot.co.id

Pembayaran dilakukan dengan credit card, seperti mastercard, visa, paypal, worldpay, dan sebagainya. Biaya ini tidak akan kembali meskipun nantinya pengajuan visa kamu ditolak. Setelah melakukan pembayaran, kamu baru bisa print application.

6. Menyiapkan dokumen

checklist dokumen yang dapat diunduh

checklist dokumen yang dapat diunduh via http://keep-wanderlust.blogspot.co.id

Dokumen yang dibawa untuk diserahkan ke VFS Global adalah pada saat janji temu adalah,


  1. Print appointment

  2. Cheklist for a Visa Application for Tourist

  3. Formulir Aplikasi

  4. Passport dan copy

  5. Akte Lahir, KTP, dan KK yang telah diterjemahkan di sworn translator

  6. Print Tiket pesawat

  7. Print booking hotel

  8. Surat Keterangan kerja (bahasa Inggris)

  9. Surat keterangan penghasilan (bahasa Inggris)

  10. Bank Reference

7. Datang ke VFS Global

Nomor antrian yang diambil di security depan

Nomor antrian yang diambil di security depan via http://keep-wanderlust.blogspot.co.id

Datanglah sesuai dengan hari, tanggal dan jam yang telah dijanjikan. Di Lantai 2 VFS ini, ada beberapa kantor visa juga untuk negara seperti Singapura, Australia, New Zealand dan United Kingdom. Antrian yang paling banyak adalah di United Kingdom.

Setelah memberikan berkas kepada petugas, dia langsung memberi pembatas pada setiap dokumen dan dokumen tersebut di-scan. Kemudian kembali duduk menunggu dipanggil untuk biometric dan foto. Mereka menawarkan jasa SMS untuk mengirimkan SMS ke kita setiap kali ada perkembangan mengenai pengajuan visa, tentunya SMS ini berbayar.

8. Menunggu dengan sabar

Menunggu lebih kurang tiga minggu (waktu sangat bervariasi, bisa juga lebih cepat), atau sampai kamu mendapat satu email dari VFS Global yang menyatakan bahwa aplikasi visa udah selesai diproses dan bisa diambil antara jam 12.00-17.00 WIB.

9. Mengambil visa UK

Nomor antrian pengambilan passport

Nomor antrian pengambilan passport via http://keep-wanderlust.blogspot.co.id

Setelah mendapat email dari VFS, keesokan harinya pun kamu bisa langsung cuss ke VFS berbekal struk pengambilan untuk ambil passport. Deg-degan, diterima nggak yaaaa. Tunggu saja hingga nomor kamu dipanggil dan petugas akan memberikan sebungkus passport yang masih disegel.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu buat yang baru pertama kali mau mengajukan visa UK.

10. Catatan kecil

Kalau di kemudian hari kamu gak sempat mengambil passport sendiri, maka bisa memberikan kuasa kepada teman untuk mengambilkannya.

Syarat : Surat Kuasa, Fotokopi KTP Applicant dan struk pengambilan passport

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya