Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi perhatian utama seseorang terutama kaum hawa. Maka tak usah heran jika sebagian besar orang menginginkan memiliki wajah bersih dan putih. Menurut pendapat sebagian besar wanita, cantik itu jika mempunyai wajah yang putih bersih berseri. Walaupun sebenarnya cantik itu relative dan setiap individu memiliki standar kecantikannya masing-masing. Sehingga banyak cara perawatan wajah yang dilakukan untuk mewujudkannya. Mulai dari perawatan ke salon, klinik bahkan sampai ke dokter kecantikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebenarnya cara menjaga kulit wajah yang sehat tidak susah hanya tergantung bagaimana cara kita merawat dan membersihkannya. Semua bisa dilakukan dengan mudah jika telah mengetahui jenis kulit dan permasalahannya. Sehingga kulit wajah akan mendapatkan perawatan yang tepat dan terbebas dari komedo dan jerawat yang mengganggu.

Perawatan yang menggunakan bahan alami dapat menjadi pilihan utama. Hasilnya pun kebanyakan lebih memuaskan dari pada perawatan dengan bahan kimia. Selain itu kulit wajah akan terbebas dari efek samping yang dapat merusak kulit. Sebenarnya kulit wajah yang sehat kuncinya ada pada bagaimana cara merawatnya bukan hanya soal hasil warna kulit harus putih, tapi kenyal, lembut dan bersih dari jerawat, flek hitam atau komedo.Berikut ini tips perawatan kulit wajah yang dapat anda gunakan sehari-hari dengan masker waajah alami yang ampuh dalam sekali pakai buatan sendiri, mau tau caranya?

1. Kopi

Manfaat kopi untuk kecantikan via http://www.glitzmedia.co

Kopi merupakan salah satu bahan minuman yang diminati banyak orang, terlebih bagi orang yang sering kerja malam, karena minum kopi dapat menghangatkan badan dan mengurangi rasa kantuk. Tetapi selain itu, mungkin bagi sebagian orang belum mengatahui jika kopi juga sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan masker wajah yang sangat berkhasiat. Selain itu, kopi juga memiliki kandungan zat yang sangat baik seperti zat antioksidan yang cukup tinggi seperti flavanoid dan juga polifenol.

Zat-zat tersebut terbukti ampuh dalam mencegah serangan radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, kering, penuaan dini dan masih banyak lagi masalah kulit lainnya. Jenis kopi yang digunakan yaitu jenis bubuk kopi murni, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.

Sebelum mandi, siapkan ampas kopi secukupnya lalu maskerkan pada kulit wajah secara merata sambil digosok perlahan dan di lakukan pemijatan secara lembut. Lakukan selama 10 menit dan diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda. Lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu.

2. Scrub Gula dan Madu

Advertisement

Gula pasir memiliki tekstur yang agak kasar sehingga beberapa ahli kecantikan merekomendasikan gula pasir sebagai scrub untuk perawatan membersihkan kulit wajah. Dengan campuran beberapa bahan lainnya seperti madu atau minyak zaitun. Cara membuat scrub gula ini sebenarnya sangat mudah tetapi kembali pada pribadi masing-masing mendefinisikan mudah dan susahnya. Karena untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, putih erawat membutuhkan proses dan ketelatenan untuk kontinyu melakukan perawatan scrub alami dirumah.

Bahan membuat scrub: Siapkan 2 sendok gula pasir, 2 sendok madu/ minyak zaitun, dan mangkuk untuk mencampurkan kedua bahan tersebut. Campurkan madu dan gulapasir aduk hingga rata.
Bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori kulit wajah terbuka.Jika wajah sudah kering maka oleskan scrub gula pada wajah, beri sedikit pijatan lembut dengan gerakan melingkar. Kemudian setelah itu diamkan scrub gula tersebut selama 15 menit di wajah. Bilas dengag air bersih, gunakan scrub ini secara teratur 1 minggu sekali.

3. Mentimun Dan Susu

Cara membuat masker mentimun via http://www.cantikitu.com

Buah mentimun selain dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, juga dapat membuat wajah menjadi lebih putih. Mentimun juga sangat bagus buat anda yang mempunyai wajah berminyak. Cara membuat masker mentimun juga sangat mudah sekali. Kita bisa menyiapkan satu buah mentimun dan satu gelas susu. Haluskan mentimun sampai keluar air sarinya. Campurkan air sari mentimun dan susu. Masukan ke dalam sebuah botol, dan diamkan beberapa menit ke dalam kulkas supaya terasa segar.

Gunakan setiap hari untuk hasil yang lebih sempurna. Tips memutihkan wajah dengan mentimun ini sudah banyak orang yang menggunakannya.

4. Masker Buah Tomat

Manfaat Tomat bagi kesehatan via http://www.solusisehatku.com

Buah tomat memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai anti oksidan untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada wajah. Selain itu khasiat tomat bagi wajah dapat mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dan dapat mengecilkan pori-pori jika digunakan secara teratur dan kontinyu.

Cara membuat masker tomat sangat mudah : siapkan 1 buah tomat segar yang sudah di cuci bersih. Belah tomat menjadi 2 bagian, kemudian letakan pada wajah yang sudah dibersihkan dengan di gosok-gosokan secara merata pada seluruh wajah. Kemudian diamkan selama beberapa menit hingga mengering, Lalu bersihkan wajah dengan air bersih. Tomat sangat cocok untuk tipe kulit berminyak. Lakukan ini secara teratur 1 minggu 2 kali.

5. Masker Jeruk Nipis

Perawatan Wajah berjerawat dan Berminyak Dengan Jeruk Nipis via http://www.cantikalamiku.com

Mengapa Jeruk nipis juga mempunyai banyak manfaat bagi kulit wajah ? Hal ini dikarenakan kandungan zat antioksidan serta vitamin C yang ada didalamnya mampu mengangkat lapisan sel kulit mati sekaligus meregenerasi sel. Beberapa khasiat lainnya, jeruk nipis dapat digunakan untuk mengangkat komedo dan mencerahkan kulit wajah. Didalam jeruk nipis terdapat Kandungan AHA yang berperan untuk membuka pori-pori kulit.

Hal ini telah dibuktikan dengan berbagai macam penelitian. bahwa dengan membuat pori-pori bernapas lebih bebas, akan mendorong pembentukan kulit baru yang lebih sehat, kenyal dan lebih elastis. Untuk memperoleh hasil maksimal, gunakan air jeruk nipis murni kemudian oleskan pada permukaan wajah dengan kapas. cocok untuk perawatan jenis kulit berminyak dan berjerawat Diamkan bebereapa menit hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.Lakukan ini secara teratur 1 minggu 2 kali.

Nah, demikian tadi tips cantik merawat kulit wajah yang sehat dan alami, selamat mencoba ya.