Tips Sukses Jualan Online Untuk Pemula Agar Laris Manis Di Masa Pandemi

Semenjak virus covid 19 melanda tanah air, membuat semua aktifitas semua orang dilakukan di rumah saja. Termasuk kerja, sekolah, hingga mencukupi kebutuhan rumah tangga di lakukan di rumah secara online. Hal ini juga yang membuat belanja online menjadi solusi untuk menekan penularan virus corona. 

Namun, karena virus corona ini pula tidak sedikit orang yang pendapatannya berkurang drastis bahkan kehilangan pendapatannya. Sebagai alternatifnya banyak yang memilih jualan secara online untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tapi, karena pemula masih banyak yang bingung cara memulai jualan online supaya laris manis.

Nah, untuk kamu yang akan memulai jualan online di masa pandemi ini, jangan khawatir karena pada artikel ini akan membahas beberapa tips sukses jualan online yang bisa kamu terapkan hingga menjadi seorang yang Pintar Jualan. Langsung saja, silahkan simak tips suksesnya di bawah ini ya:

Advertisement

1. Pilih produk jualan yang saat ini lagi banyak peminatnya dan sangat dibutuhkan

Cari ide jualan? Bisa lihat selengkapnya disini

Cari ide jualan? Bisa lihat selengkapnya disini via https://pintarjualan.id

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum berjualan online adalah menentukan produk yang akan dijual nantinya. Pilihlah produk yang mana pada masa pandemi ini sangat laris karena dibutuhkan kebanyakan orang pada umumnya. Misalnya saja, produk yang paling banyak dicari adalah masker dan hand sanitizer. 

Kedua produk tersebut sangatlah laris di pasaran terutama di masa pandemi. Itu hanya contoh produk yang lagi laris saat ini. Kamu juga bisa menjual aneka macam makanan cemilan secara online loh, dengan variasi yang menarik dan pastinya sehat. Silahkan riset dan tentukan barang yang akan kamu jual.

Advertisement

Usahakan pilih produk yang digunakan sehari-hari dan memiliki tingkat pembeliannya tinggi, misalnya jualan makanan cemilan, nah setelah dimakan maka akan habis dan ketika pembeli merasakan makanan tersebut enak maka akan beli lagi. Ini akan membuat jualanmu akan selalu mendapatkan pembeli.

2. Tentukan tempat untuk memasarkan produk dagangan kamu dengan tepat

Tentukan target customer kamu - Ini dia caranya

Tentukan target customer kamu – Ini dia caranya via https://pintarjualan.id

Banyak sekali tempat atau media yang bisa kamu gunakan untuk menjajakan barang jualan secara online. Bisa gunakan marketplace, sosial media, Whatsapp dan masih banyak lagi lainnya. Tidak ada salahnya juga jika ingin membuat toko online sendiri untuk meningkatkan brand produk bisnis kamu sendiri. 

Advertisement

Silahkan gunakan tempat jualan yang kamu sukai, jika kalau memang memungkinkan untuk menggunakan semua media tersebut kenapa tidak. Semakin banyak tempat yang digunakan untuk berjualan maka peluang barang terjual akan makin besar. Jadi tidak hanya berharap dari satu toko saja. 

Namun perlu kamu ketahui ya, jangan karena banyak tempat yang digunakan malah bikin tidak fokus cenderung mengabaikan pelanggan. Jadi mendingan beberapa tempat saja tapi bisa maksimal pengelolaannya.

3. Buat tampilan produk semenarik mungkin supaya pembeli tergiur untuk membelinya

Buat foto produkmu menarik - Begini tipsnya

Buat foto produkmu menarik – Begini tipsnya via https://pintarjualan.id

Setelah memiliki produk kemudian menentukan tempat berjualan online, berikutnya yang tidak kalah penting adalah membuat tampilan produk semenarik mungkin. Jika kamu memutuskan untuk berjualan online disitu pula dituntut untuk kreatif. Nah, buatlah foto produk yang akan dipajang berbeda dengan barang orang lain. Pastikan juga foto terlihat jelas (detail), sehingga membuat toko online kamu terlihat profesional.

 

Oh iya, selain tampilan produk kamu juga harus memperhatikan tampilan toko online kamu ya. Jangan asal-asalan, bisa-bisa calon pembeli kamu kabur ke toko sebelah loh. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk tampilan toko online yang kamu kelolah, diantaranya susun tampilan produk serapi mungkin, beri informasi toko selengkap mungkin. Silahkan sekereasi kamu untuk mempercantik tampilan toko online yang dikelolah.

4. Berikan diskon, promo atau hal-hal lainnya yang dapat menarik para calon pembeli

Berikan diskon atau gratis ongkir - Caranya disini

Berikan diskon atau gratis ongkir – Caranya disini via https://pintarjualan.id

Sebagai pembeli sudah pasti sangat senang sekali bahkan momen yang ditunggu-tunggu jika ada diskon atau promo, apalagi produk tersebut sudah menjadi keinginan sejak lama. Nah, cara ini bisa kamu lakukan untuk menarik calon pembeli dengan catatan kamu juga harus memperhatikan keuntungan, yah setidaknya jangan sampai rugi lah.

Selain diskon dan promo, banyak sekali yang bisa digunakan untuk menarik pembeli, diantaranya: melayani sistem COD, gratis ongkos kirim, dapat cashback, dan lain sebagainya.

Misalnya kamu berjualan di marketplace, silahkan ikuti dan gunakan fitur program-program unggulan yang ada di marketplace tersebut dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan bisnis online yang sedang kamu jalani. Terbukti banyak toko yang ada di marketplace khususnya telah berhasil puluhan, ratusan bahkan ribuan produk yang terjual selama mengikuti program unggulan di setiap masing-masing marketplace.

5. Promosikan barang dagangan dengan memasang iklan agar para calon pembeli mudah menemukan unit bisnismu

Pakai iklan agar produkmu makin terkenal - Ilmunya disini

Pakai iklan agar produkmu makin terkenal – Ilmunya disini via https://pintarjualan.id

Memasang iklan untuk promosi produk jualan online sangat berpengaruh apalagi jika usaha ini terbilang baru kita mulai. Nah, agar banyak orang tahu dengan barang dagangan kita tidak ada salahnya untuk menggunakan fitur iklan. Walaupun berbayar namun cara ini bisa membuat bisnis dikenal banyak orang dan ramai pembeli.

Jika kamu berjualan di sosmed bisa menggunakan iklan yang tersedia pada sosmed tersebut. Misalnya ada facebook ads dan ada juga instagram ads. Sudah banyak kok cerita sukses orang berjualan secara online yang menggunakan kedua iklan tersebut. Kamu bisa mencontohnya dan buktikan sendiri khasiatnya.

Atau kamu berjualan di marketplace tertentu, jangan khawatir walaupun toko online kamu baru bisa gunakan iklan yang telah disediakan di marketplace tersebut untuk para penjual. Keuntungan bagi para penjual jika menggunakan iklan di marketplace tersebut diantaranya produk akan dimunculkan di halaman utama sehingga mudah dilihat oleh para pengunjung, selain itu produk akan mudah ditemukan oleh calon pembeli dengan kata pencarian yang sesuai dengan produk dan masih banyak lagi lainnya.

6. Gunakan berbagai macam opsi jasa pengantar barang

Pakai kurir terpercaya - mau tau? Kunjungi

Pakai kurir terpercaya – mau tau? Kunjungi via https://pintarjualan.id

Sebaiknya kamu memiliki beberapa pilihan kurir untuk mengirimkan barang belanjaan pembeli. Karena banyak para calon pembeli telah merasa nyaman dengan kurir tertentu sehingga membuat enggan berpindah ke yang lainnya. Lagipula setiap jenis kurir memiliki tarif dan sistem pengantaran yang berbeda. Nah, sebagai penjual yang baik, kamu harus sebisa mungkin menyesuaikan keinginan para pelanggan.

Seperti contoh di marketplace dengan adanya sistem bayar ditempat dimana sistem ini hanya bisa digunakan oleh pilihan kurir tertentu saja. Padahal sistem bayar ditempat ini sangat banyak peminatnya sehingga meningkatkan penjualan hingga beberapa kali lipat. Jadi dalam membangun bisnis online kamu harus lebih jeli dalam menangkap peluang untuk meningkatkan pendapatan. 

Termasuk pemilihan jasa pengiriman barang ini, yang sangat berpengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis online kamu.

7. Layani pelanggan semaksimal mungkin layaknya seorang raja

layani pelanggan kamu ya

layani pelanggan kamu ya via https://pintarjualan.id

Hal ini tidak bisa ditawar lagi jika kamu ingin menjadi orang yang sukses jualan baik secara online maupun offline. Layani apapun yang menjadi masalah calon pembeli terkait barang jualan kita. Biasanya para calon pembeli sebelum membeli barang akan menanyakan beberapa hal terlebih dahulu kepada para penjual terkait produk maupun mekanisme transaksi.

Nah, apapun yang ditanyakan oleh para calon pembeli, sebagai penjual kita harus melayaninya dengan sabar dan sepenuh hati. Berikan kata-kata yang ramah dan sopan santun serta secepat mungkin untuk membalas chat yang masuk. Jangan biarkan pembeli menunggu terlalu lama.

 

Yang jelas, dalam menjalani usaha, apapun usahanya terutama jualan online kita harus benar-benar memperhatikan kepuasan pelanggan. Jangan sampai pelanggan kecewa dengan pelayanan yang kita berikan sehingga membuatnya lari ke toko lainnya. 

Jualan online sungguh menjadi sebuah solusi di masa pandemi ini untuk menambah penghasilan, meminimalisir kontak fisik secara langsung untuk menekan perkembangan virus corona. Jika kalian tertarik bisa ikuti tujuh tips jualan online untuk pemula agar laris manis di masa pandemi yang kita ulas di atas. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga sukses.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah QA dari Tonjoo

CLOSE