Tulisan Ini Buat Kamu yang Menjadi Tulang Punggung Keluarga, Bersabarlah

Kita tak tahu sampai kapan bekerja, dan tak ada waktu untuk memikirkannya. Meski tahu bahwa kesabaran tiada batas. Kelelahan dan kepenatan sehabis bekerja selalu menghampiri. Mungkin sedikit bermain game dapat mengatasi kejenuhan. Mungkin sedikit menonton Youtube dapat menghalau permasalahan. Tetapi tetap bersabar untuk bekerja, untuk keluarga yang entah sampai kapan.  

Sebagai pembantu, atau bahkan pengganti Ayah dalam hal keuangan, tanggung jawabmu sangat diperlukan. Keuangan keluarga menjadi hal yang utama. Kamu bahkan tidak sempat berpikir uang ini untuk apa. Mungkin sedikit saja digunakan untuk kesenangan pribadi. Tetapi sebagian besar uang diberikan kepada keluarga. Untuk dikumpulkan dan digunakan sesuai kebutuhan.

Advertisement

1. Gajimu cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

Foto oleh Juan Pablo Serrano Arenas dari Pexels

Foto oleh Juan Pablo Serrano Arenas dari Pexels via https://www.pexels.com

Gajimu dikhususkan untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk membayar tempat tinggal, dan keperluan-keperluan penting lainnya. Kamu hanya mengambil sedikit untuk menabung, untuk kesenangan pribadi dan bahkan untuk jajan.

2. Kamu hanya hidup memikirkan untuk hari ini

Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Foto oleh Ron Lach dari Pexels via https://www.pexels.com

Fokusmu hanya untuk bekerja hari ini sebaik-baiknya. Untuk kemudian bekerja kembali esok hari. Kamu tidak memikirkan masa depan secara berlebihan. Kamu fokus pada apa yang kamu lakukan, sesekali belajar hal baru merupakan refreshing bagimu.

Advertisement

3. Bekerja sepenuh tenaga bukanlah sebuah pilihan

Foto oleh Ono Kosuki dari Pexels

Foto oleh Ono Kosuki dari Pexels via https://www.pexels.com

Badan yang pegal-pegal, sakit-sakit, dan bahkan ambruk, hal tersebut sama sekali tidak menggoyahkan tekadmu. Bekerja keras bukanlah masalah bagimu. Kamu bekerja keras untuk menjalani kehidupan dengan baik. 

4. Uang selalu habis bukan masalah, yang utama kehidupan tetap berjalan

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Dompet sering kosong, karena gajimu telah habis untuk keuangan keluarga. Kadang kamu kesal karena tidak bisa jajan. Tetapi kamu tetap tersenyum saat kembali bekerja. Sebab pekerjaanmu merupakan salah satu kebahagiaanmu.

5. Kehidupan terasa berat, tapi menenangkan karena bersama keluarga

Foto oleh Askar Abayev dari Pexels

Foto oleh Askar Abayev dari Pexels via https://www.pexels.com

Kehidupan terasa berat, sebab gajimu belum cukup untuk memenuhi berbagai macam keinginanmu, dan keluargamu. Tetapi yang patut disyukuri ialah kebutuhan keluarga seringkali tercukupi, itulah yang terpenting. Bersabarlah, sebab Tuhan selalu melihat kebaikan dan usahamu. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembaca yang tekun

CLOSE