Daripada mahal-mahal sewa MUA, kan?

Wedding season is still on! Untuk kamu yang sudah memasuki usia 20an, biasanya kamu mulai ribet menangani pertanyaan "kapan nikah". Selain ribet meladeni pertanyaan semacam itu, bisa jadi kamu juga mulai ribet dengan urusan pernikahan sahabat. Apalagi saat kamu diminta untuk menjadi bridesmaid dan harus berkoordinasi dengan wedding organizer pernikahannya.

Dengan ribetnya urusan bridesmaid duty, makeup yang kamu kenakan juga harus tahan lama. Setidaknya kamu tidak perlu terlalu sering touch up dan tetap tampil cantik hingga akhir acara. Lalu, langkah apa saja yang harus kamu lakukan agar makeup-mu tetap flawless walau harus bertugas seharian?

1. Bersihkan Wajah dengan Micellar Water

Wardah Micellar Seaweed Cleansing Micellar Water

Wardah Micellar Seaweed Cleansing Micellar Water via http://ernykurnia.com

Sebelum mengaplikasikan makeup, pastikan wajahmu bersih dari semua kotoran sisa makeup atau skincare semalam. Kamu bisa menggunakan Wardah Micellar Seaweed Cleansing Micellar Water sebagai pembersih wajahmu. Kamu hanya cukup menuangkan beberapa tetes micellar water di kapas dan usapkan ke seluruh wajah.

2. Agar Wajah Tidak Mudah Kusam, Aplikasikan Essence di Seluruh Wajah

Wardah White Secret Pure Treatment Essence

Wardah White Secret Pure Treatment Essence via http://www.somethingrealserious.com

Setelah membersihkan wajah dengan micellar water, langkah berikutnya adalah mengaplikasikan essence ke seluruh wajah. Dengan rutin menggunakan essence seperti Wardah White Secret Pure Treatment Essence di pagi maupun malam hari, kulit akan terhindar dari gejala penuaan dini. Essence mampu menghilangkan keriput dan garis halus pada wajah sekaligus mencerahkannya.

3. Oleskan Moisturizer atau Day Cream Agar Wajah Tetap Lembap

Wardah White Secret Day Cream

Wardah White Secret Day Cream via http://www.jeanmilka.com

Advertisement

Sesudah essence, skincare terakhir yang tidak boleh ketinggalan adalah moisturizer. Kamu bisa menggunakan Wardah White Secret Day Cream sebagai moisturizer di pagi hari. Kandungan SPF yang terdapat di dalamnya mampu melindungi wajah dari sinar UV A dan UV B. Kelembapan kulit wajah akan lebih terjaga selama menjalankan bridesmaid duty-mu.

4. Aplikasikan Foundation untuk Kulit yang Lebih Flawless

Wardah Everyday Luminous Liquid Foundation

Wardah Everyday Luminous Liquid Foundation via https://id.shareharga.info

Apabila kamu sudah mengaplikasikan skincare, kamu bisa mulai foundation sebagai base makeup selanjutnya. Dengan ribetnya tugas seorang bridesmaid, kamu harus memastikan makeup yang kamu kenakan tidak mudah luntur. Kamu bisa menggunakan Wardah Everyday Luminous Liquid Foundation agar wajahmu tetap terlihat flawless walau harus wara-wiri dan berkeringat.

5. Gunakan Concealer dan Eye Shadow Base

Wardah Double Function Kit

Wardah Double Function Kit via https://www.bukalapak.com

Setelah foundation, kamu perlu menggunakan concealer untuk mencerahkan area bawah mata. Gunakan warna pada tray 1 Wardah Double Function Kit sebagai concealer-mu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna pada tray 2 untuk menyamarkan bekas jerawat yang ada di sekitar wajah. Warna di tray 3 pun bisa kamu gunakan sebagai eye shadow base agar warna eye shadow terlihat lebih pigmented.

6. Bake Bagian Bawah Mata dengan Bedak Tabur atau Loose Powder

Wardah Luminous Face Powder

Wardah Luminous Face Powder via https://pseudonanna.blogspot.co.id

Advertisement

Selesai dengan perkara concealer, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah "baking". Baking di sini bukan memanggang roti, namun mengaplikasikan bedak tabur Wardah Luminous Face Powder di area bawah mata dan mendiamkannya beberapa saat. Fungsinya adalah untuk menyamarkan kerutan dan lingkar gelap di bawah mata dengan maksimal.

7. Ingin Alis On Fleek? Gunakan Pensil Alis untuk Mempertegas Alis

Wardah EyeXpert Brow Matic Pencil

Wardah EyeXpert Brow Matic Pencil via https://thebeautyavonturir.wordpress.com

Sambil menunggu proses baking di bawah area mata, ada baiknya untuk mulai mengaplikasikan eye makeup. Sebelum eye shadow, kamu bisa mulai membingkai alis menggunakan Wardah EyeXpert Brow Matic Pencil. Setelah menggambar frame-nya, isi ruang-ruang kosong pada alis dan pertebal bagian terluarnya. Lalu ambil spooly untuk menyisir dan merapikan alis yang sudah dipertegas.

8. Aplikasikan Eye Shadow Agar Kelopak Mata Terlihat Lebih Cerah

Alis sudah on fleek, waktunya untuk menggunakan eye shadow. Kamu bisa menggunakan Wardah Eye Shadow seri L untuk mencerahkan warna matamu. Pertama, aplikasikan warna pink di seluruh kelopak mata menggunakan ujung jari atau brush. Berikutnya, aplikasikan warna merah di bagian outer corner menggunakan brush dan blend. Lalu aplikasikan warna biru pada inner corner sebagai final touch.

9. Gunakan Eyeliner untuk Mata yang Terlihat Lebih Besar

Wardah Staylast Waterproof Liquid Eyeliner

Wardah Staylast Waterproof Liquid Eyeliner via https://www.bukalapak.com

Selesai dengan urusan eyeshadow, berikutnya kamu bisa menggunakan eyeliner tepat di bagian paling bawah kelopak mata. Gunakan waterproof eyeliner seperti Wardah Staylast Waterproof Liquid Eyeliner agar eye makeup tidak berantakan bila terkena air di sekitar mata. Aolikasikan eyeliner hingga membentuk cat-eye yang simpel, namun tetap mempertegas riasan kelopak mata.

10. Untuk Bulu Mata Lebih Lebat, Aplikasikan Waterproof Mascara

Wardah EyeXpert The Volume Expert Mascara

Wardah EyeXpert The Volume Expert Mascara via https://beauty.popbela.com

Pada acara formal seperti resepsi pernikahan, rasanya sangat kurang apabila tidak menggunakan bulu mata palsu. Namun, untuk kamu yang tidak ingin repot menggunakannya, cukup tebalkan bulu mata menggunakan Wardah EyeXpert The Volume Expert Mascara. Selain eyeliner, gunakan juga waterproof mascara agar bulu mata lebih tebal dan tidak mudah smudging di area bawah mata.

11. Selesai dengan Eye Makeup, Ratakan Bedak Tabur dan Lock Seluruh Complexion dengan Bedak Padat

Wardah Exclusive Two Way Cake

Wardah Exclusive Two Way Cake via https://www.blibli.com

Setelah urusan eye makeup selesai, waktunya meratakan bedak tabur yang sudah di-baking ke seluruh wajah. Berikutnya, kunci seluruh complexion dengan bedak padat Wardah Exclusive Two Way Cake. Dengan begitu, makeup akan lebih tahan lama dan tidak perlu terlalu banyak touch up.

12. Ulaskan Blush On untuk Memberikan Kesan Merona pada Pipimu

Wardah Blush On

Wardah Blush On via http://www.jeanmilka.com

Agar wajah terlihat lebih segar, ulaskan blush on warna peach di area sekitar pipi. Kamu bisa menggunakan blush on dari Wardah untuk warna pipi yang lebih merona. Tidak hanya flawless, wajah juga akan terlihat lebih manis. Siap-siap aja, siapa tahu ada cowok yang kepincut denganmu!

13. Last But Not Least, Aplikasikan Lip Cream Maupun Lipstick Favoritmu

Wardah Matte Lip Cream

Wardah Matte Lip Cream via http://www.museswonderland.com

Setelah mengaplikasikan skincare, complexion, dan eye makeup, bagian terakhir dari makeup yang tidak boleh ketinggalan adalah bibir. Ada banyak lip products yang bisa kamu pilih di luar sana. Kamu bisa menjatuhkan pilihan kepada lip cream, lipstick, lip gloss, lip tint, dan lain-lain. Namun untuk riasan bibir yang tidak mudah pudar, kamu bisa menggunakan Wardah Matte Lip Cream yang transferproof dan tahan lama.

Kalau sudah melakukan semua tahap di atas, kamu bisa gunakan setting spray untuk "mengunci" seluruh makeup agar lebih tahan lama. Dengan begitu, tugasmu sebagai bridesmaid tidak akan diribetkan dengan masalah makeup luntur deh! Selamat mencoba dan selamat bertugas, bridesmaid!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya