Jalan raya adalah jalanan umum yang patut ada di daerah manapun. Kegunaannya sangat membantu setiap pengendara untuk sampai ke tempat tujuannya. Hanya saja, jalan raya terkadang justru menjadi tempat yang sangat tidak nyaman bagi sebagian orang.

1. Yang di di-klakson-in siapa, yang ngerasa di-klakson-in siapa

meubairroburitis.com.br

meubairroburitis.com.br via http://meubairroburitis.com.br

Setiap kendaraan dilengkapi dengan klakson yang fungsinya adalah sebagai isyarat peringatan bagi pengendara lain. Hanya saja, tidak semua pengendara akan merasa baik-baik saja ketika mendengar suara klakson yang seakan-akan ditujukan untuknya.

Sebagian pengendara mungkin akan bereaksi biasa saja dan sebagian lagi menjadi emosi dan balas membunyikan klakson, atau hanya ngomel-ngomel dalam hati karena merasa tidak bersalah tapi justru ada yang nglakson-in dari belakang. Hal ini bisa saja terjadi, terlepas dari bunyi klakson tersebut ditujukan untuk siapa.

Advertisement

Ada baiknya, lebih bijak lagi dalam menggunakan klakson. Gunakan seperlunya, lebih sabar lagi menghadapi pengendara lain. Misal, ketika ada pengendara lain yang mobilnya mogok dan menyebabkan kemacetan yang panjang. Sebaiknya membantunya untuk mendorong mobilnya menepi, bukannya malah membunyikan klakson sekeras-kerasnya.

2. Kesulitan untuk menyeberang jalan

teamrock.com

teamrock.com via http://teamrock.com

Sekarang ini, ada banyak sekali kendaraan yang tumpah ruah di jalan raya. Antara populasi manusia yang meningkat atau jumlah angkutan umum yang tidak memadai. Atau malah disebabkan oleh kemampuan para marketing dealer yang sangat pandai untuk menarik minat konsumennya.

Hal ini berbanding lurus dengan tingkat kesulitan untuk menyeberangi jalan. Bahkan mungkin gombalan "lautan pun kan ku seberangi" jadi terlihat lebih mudah untuk dilakukan dibanding menyeberangi jalan raya. Baiklah, ini berlebihan. Tapi, ada saat dimana seseorang menunggu berpuluh-puluh menit untuk meyakinkan dirinya bahwa situasi dijalan sudah aman untuk diseberangi.

Advertisement

Hal ini dikarenakan, ada banyak pengendara yang begitu terburu-buru untuk segera sampai ditempat tujuannya. Jadi salut sama beberapa kota atau negara lain yang masih menerapkan aturan untuk mendahului penyeberang jalan. Sebenarnya kembali ke manusianya yang memutuskan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Bisa dibayangkan akan sangat damai ketika melihat pengendara yang melambat, bahkan berhenti untuk memberi kesempatan kepada penyeberang jalan. Tapi tak jarang, yang terjadi adalah ketika kendaraan melambat, malah akan diklakson sekuat tenaga oleh pengendara lain yang ada dibelakang.

3. Ada yang klakson ketika lampu lalu lintas berwarna kuning

www.malloncordova.adv.br

www.malloncordova.adv.br via http://www.malloncordova.adv.br

Kadang yang membuat penasaran adalah alasan apa yang membuat pengendara lain membunyikan klakson ketika lampu lalu lintas yang menyala di warna kuning. Peringatan untuk pengendara yang berada di deretan paling depan agar bersiap-siap untuk jalan, manatau diantara mereka ada yang melamun? Atau urusan si pengendara membuatya begitu terburu-buru?

Apapun alasannya, sebaiknya tetap menghormati arti dari lampu kuning tersebut. Berhati-hati dan tidak melaju dengan kecepatan yang tidak wajar.

4. Akan menemukan si Pembuang sampah sembarangan

http://kaltim.prokal.co

http://kaltim.prokal.co via http://kaltim.prokal.co

Kendala penanganan sampah, sebelas dua belas dengan penanganan kemacetan. Seakan tak dapat dihentikan. Bukankah hal yang lucu ketika seseorang mampu membeli kendaraan tetapi tidak mampu membeli tempat untuk menampung sampah-sampahnya? Setidaknya, sampah tersebut disimpan dulu hingga akhirnya menemukan tong sampah.

Hanya saja, cuma orang-orang tertentu yang mau merepotkan dirinya untuk meletakkan sampah ditempat seharusnya. Dan cuma orang-orang tertentu yang merasasakan kekesalan ketika melihat seseorang membuang sampah sembarangan tanpa rasa berdosa. Yang perlu diingat adalah membuang sampah ke jalan raya, selain menjadikannya terlihat kotor, juga dapat membahayakan pengendara lain. Sudah saatnya untuk berhenti memikirkan kenyamanan diri sendiri, mulailah untuk peduli kepada siapapun dan bumi.

5. Menyalahi fungsi zebra cross yang sebenarnya

ayoselamat.org

ayoselamat.org via http://ayoselamat.org

Ketika lampu merah, seringkali pengendara menghentikan kendaraannya di Zebra Cross. Atau tetap melaju dengan kecepatan maksimal ketika melewati jalan yang ada Zebra Cross. Padahal, Zebra Cross diciptakan sebagai tempat yang aman bagi pejalan kaki untuk menyeberang jalan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya