Bagi para mahasiswa akhir, skripsi atau tugas akhir merupakan langkah terakhir untuk menyandang gelar sarjana. Tapi kebanyakan justru skripsi lah yang menjadi hambatan bagi banyak para mahasiswa. Entah hambatan berasal dari pihak eksternal atau dari dalam diri para mahasiswa akhir itu sendiri.

Untuk menghindari adanya istilah 'molor lulus', berikut tips yang bisa dilakukan para mahasiswa akhir agar dapat mengerjakan skripsi tepat waktu!

1. Topik dan objek yang disukai

Poster Drama Korea

Poster Drama Korea via http://asianwiki.cm

Pilih topik dan objek penelitian tentang sesuatu yang kamu sukai dan kamu pahami supaya kamu bisa mengerjakan skripsi dengan sepenuh hati. Misalnya kamu menyukai drama Korea, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan drama Korea sebagak objek penelitian dan dikaitkan dengan topik dari jurusanmu yang kamu kuasai.

Hal tersebut bisa mempermudah kamu untuk mencari data, karena objek yang kamu pakai sudah kamu pahami dan waktu sidang bisa jadi nilai plus buat kamu. Karena belum tentu dosen penguji paham betul tentang objek yang kamu teliti.

2. Konsisten

Ilustrasi Konsisten

Ilustrasi Konsisten via https://id.pinterest.com

Advertisement

Kamu juga harus konsisten dalam ngerjain skripsimu, maksud dari konsisten itu gak ada kata 'break' untuk ngerjain skripsi. Have fun boleh, tapi sampai rumah atau kos jangan lupa diintip skripsinya. Setiap hari harus ada yang kamu kerjain meskipun cuman 1 paragraf. Tetap aja harus ngerjain karena kalau kita berhenti ngerjain satu hari aja bisa-bisa nanti nambah 2 hari, terus nambah 1 minggu lama-lama kamu berhenti ngerjain selama sebulan.


Dan untuk mulai ngerjain lagi itu kadang sulit banget.


3. Rajin mengejar dosen pembimbing

Ilustrasi Dosen Pembimbing

Ilustrasi Dosen Pembimbing via https://id.pinterest.com

Bukan berarti kamu harus ngerjar-ngejar dosen pembimbing setiap waktu kayak di film Korea. Mengejar dosen pembimbing di sini lebih kepada selalu bertanya waktu luang mereka untuk bimbingan, karena dosen pembimbing adalah manusia yang sulit ditemui oleh mahasiswa akhir.

Advertisement

Kadang ada dobing (dosen pembimbing) yang cuman punya waktu 1 minggu sekali. Nah waktu itu harus kamu manfaatkan. Jangan sampai ketika mereka punya waktu bimbingan kamu nggak dateng karena belum selesai revisi, sebisa mungkin kamu harus datang kapan pun sang dobing punya waktu, meskipun harus begadang ngerjain revisi dan besoknya di PHP-in karena mendadak ada acara lain atau rapat di luar kampus. Seenggaknya udah berusaha sob!

4. Skripsi adalah prioritas

Ilustrasi TOP Priority

Ilustrasi TOP Priority via https://therestaurantexpert.com

Berdasarkan pengalaman penulis, sebagian mahasiswa yang ngerjain skripsinya sambil 'nyambi' entah itu kerja, usaha, atau apalah pasti molor selesainya. Maka dari itu, kalau kamu emang pingin selesai skripsi dengan cepat jadikanlah skripsi itu prioritasmu selama satu semester. Karena kalau selama pengerjaan skripsi jadi prioritas, kamu akan terus keinget dan punya kemauan buat ngerjain.

5. Doa

Ilustrasi Doa

Ilustrasi Doa via https://rumaysho.com

Karena sesungguhnya manusia hanya bisa berusaha, untuk urusan hasil yang 'di atas' yang bisa nentuin. Maka dari itu selama mengerjakan skripsi banyak-banyak lah berdoa dan mendekatkan diri sama Tuhan YME. Karena terlebih dari banyak cobaan yang bakal dihadapi tetap aja cuman Tuhan YME yang bisa bantu dan mempermudah urusan kita.

Goodluck buat para mahasiswa akhir yang sedang berjuang mengerjakan skripsinya dengan segenap jiwa raga bercucuran air mata dan keringat karena kebanyakan ngeliat kertas coret-coret revisian!


Usaha tidak akan menghianati hasil sob!


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya