Meski film Ini Kisah Tiga Dara hampir berakhir masa tayangnya di bioskop, para pecinta fashion retro pasti setuju wardrobe yang dikenakan Gendhis, Ella, dan Bebe gorgeous banget. Sejak kemunculan teaser film tersebut, tentunya mencuri perhatian a vintage and retro lovers karena wardrobe-nya yang cantik dengan nuansa tahun 50-an, penggemar film musikal, dan para penjelajah alam karena ada lokasi baru yang menarik untuk dijelajahi, yaitu Maumere. Bukan teaser film saja, namun juga poster film bernuansa vintage yang sangat terkonsep. Pemilihan font tulisannya, komposisi foto para cast-nya yang anti mainstream, hingga warna tone-nya enak dipandang lama-lama.

Disini saya tidak mereview film yang di sutradarai oleh Nia Dinata karena masih banyak kritikus film di luar sana yang lebih kritis mengomentari film ini seperti pemikiran kritis Gendhis. Tapi membahas style Gendhis, Ella, dan Bebe yang cocok di pakai saat liburan bahkan dipakai sehari-hari yang sesuai dengan kepribadian kamu. Gendhis. Si kakak tertua yang introvert, tegas, sayang keluarga, dan bertanggung jawab memiliki style yang simple and chic. Cocok untuk kamu yang enggak suka penampilan yang berlebihan tapi masih pengen menunjukan sisi cantikmu.  Lalu ada Ella, si anak kedua yang elegan, girly, dan ekstrovert. Kamu yang merasa feminine dan suka memakai dress pasti setuju dress-dress yang dipakai Ella itu cantik. Dan yang terakhir si Bebe. Banyak yang gemes sama karakter anak bontot ini. She has a beautiful curly hair and innocent face. Ditambah pembawaannnya yang periang, agak jahil, dan rela tanpa dibayar untuk mengajar di sekolah dasar anak-anak di Maumere alias menjadi guru volunteer. 

1. Style Gendhis yang simple cocok untukmu yang anti ribet.

Gendhis (Shanty Paredes) via http://www.muvila.com

Seperti halnya manusia yang butuh liburan, kemeja yang biasanya kamu pakai ke kantor juga cocok dipakai liburan. Enggak butuh lama untuk mengubah si 'baju resmi' menjadi kostum liburanmu. Kalau biasanya kamu pakai kemeja kantor dipasangkan dengan celana bahan yang formal, saatnya keluarkan short pants dari lemari pakaianmu. Biar terkesan santai, gulung lengan kemejamu sampai siku.

2. Floral dress yang dipakai seperti Ella akan membuat liburan musim panasmu berwarna.

Ella (Tara Basro) via http://www.kapanlagi.com

Warna bunga-bunga yang cerah seperti di alam tropis akan menyemarakan agenda liburanmu. Floral dress seperti yang dipakai Ella, cocok untukmu yang suka tampil elegan, feminine dan anggun. Kerah model V-neck akan membuat tulang lehermu terlihat seksi dan membuat tubuh bagian atasmu terlihat langsing.

3. T-shirt membuatmu bebas bergerak seperti Bebe yang dinamis dan selalu bersemangat.

Advertisement

Tiga Dara versi millenial via http://photo.liputan6.com

Jika kedua kakak-kakaknya mempunyai style yang simple dan anggun, justru style Bebe yang paling menyesesuaikan diri anak muda yang sesungguhnya. Seperti foto dibawah ini, Bebe terlihat santai mengenakan fringe tshirt dan short pants. Fringe T-shirt bisa kamu buat sendiri kok dengan menggunakan tshirt yang sudah ada. Karena Tshirt memang cocok disegala kondisi bahkan saat liburanmu usai.

4. Atasan putih polos adalah benda wajib yang harus ada di lemari baju kamu. Because you’ll never get bored in white top.

You’ll never get bored in white top! via http://www.fimela.com

Atasan berwarna putih cocok dipakai dengan bawahan model apa saja. Model bajunya bisa kamu sesuaikan dengan seleramu. Seperti Gendhis yang memadukan white sleeveless shirt dengan celana bahan, Ella memakai kaos putih dengan akses cut-out dibagian bahu dipadukan dengan celana kain model harem pants, dan Bebe yang tampil unik dengan knot tie tshirt bersama kain tenun dan celana panjang bahan. Fyi, untuk cut-out tshirt seperti Ella, bisa kamu bikin sendiri hanya dengan kaos polos dan gunting.

5. Baju atasanmu yang terlihat polos lebih oke jika memakai bawahan yang terlihat berwarna/bermotif supaya terlihat stand out.

Indriati Iskak (kiri) pemeran Nunung di film Tiga Dara tahun 1956 via http://www.imgrum.net

White top alias atasan putih memang pakaian wajib yang ada di lemari. Tapi supaya terlihat menarik, kamu bisa memakai rok atau celana yang bermotif atau berwarna supaya terlihat stand out. Seperti penampilan Gendhis saat menghadiri acara grand opening hotel di Maumere, ia terlihat anggun nan klasik dengan white shirt dan rok vintage model tahun 50-an.

6. Coba buka-buka lemari nenek, tante, atau mama. Siapa tahu kamu menemukan harta karun terpendam yang bisa menjadi fashion item kamu saat liburan.

Mieke Wijaya (kiri) pemeran Nana di film Tiga Dara tahun 1956 via http://www.imgrum.net

Lemari nenek adalah tempat dimana barang-barang jadul ditemukan. Kalau kamu malas ke pasar loak, malas berebut vintage stuff dengan orang-orang yang mempunyai minat yang sama denganmu, maka jangan malu-malu meminta ijin nenek supaya mengijinkan kita untuk mengaduk-aduk isi lemarinya.

Kepribadian Ella yang ekstrovert membuat dirinya tampil elegan dengan dress vintage warna orange ala 50-an yang mengecil dibagian pinggang dan melebar dibagian bawah rok. Kalau kamu menonton filmnya pasti tahu alasan kenapa Ella mengenakan dress tersebut.

Supaya engga terlalu keliatan jadul banget, kamu bisa menambahkan aksesoris sebagai penyeimbang dress vintagemu. Seperti skinny belt, statement necklace, perspective clutch, atau bangles.

7. Jumpsuit long pants untuk kamu yang enggak mau tampil terbuka tapi tetap terlihat chic

Chitra Dewi (kiri) pemeran Nenny di film Tiga Dara tahun 1956 via http://www.imgrum.net

And then Bebe wearing a black and white off shoulder jumpsuit. You can choose a long pants jumpsuit if you feel uncomfortable with sexy jumpsuit in short pants.

8. Bosan dengan baju monyet/overall dari bahan jeans? Pilih yang berbahan katun agar nyaman.

Bebe jadi guru volunteer di Maumere via http://www.harpersbazaar.co.id

Selain mempunyai sifat yang a lit bit quirky, Bebe has a big heart too. She is a volunteer teacher a elementary school students at Sikka – Maumere. Overall kotak-kotak yang dipakai Bebe cocok dengan tubuhnya yang tinggi. Tipsnya sama seperti di nomor 5. Tapi kalau kamu bosen mengenakan overall dari bahan jeans karena lokasi liburanmu di daerah tropis, you can choose a cotton jumpsuit. Selain gampang menyerap keringat, bahan katun juga ringan dan mudah dicuci.