5 Variasi Push Up yang Bisa Kamu Coba untuk Work Out di Rumah Aja

variasi baru dalam melakukan push up

Setelah kemarin membahas tentang olahraga yang bisa dilakukan dirumah kini saya ingin membagikan 5 macam push-up yang tentu saja bisa kamu lakukan di rumah bahkan didalam kamar kamu. Tapi ingat selalu lakukan pemanasan sebelum olahraga, dan lakukan semampu kalian, karena olah raga bukan sekedar keren namun kemampuan diri kalian!

Advertisement

1. Bent Knees push-up

image post by Mayo Clinic via Youtube.com

image post by Mayo Clinic via Youtube.com via https://www.youtube.com

Pada variasi push up yang pertama ini merupakan jenis push-up yang cenderung mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Seperti namanya, push-up jenis ini bisa kamu lakukan dengan menekuk lutut kamu saat melakukan push-up sehingga yang menyentuh lantai adalah lutut kamu. Push-up jenis ini merupakan jenis yang termudah, kamu bisa melakukan push-up ini degan 5 set 10 repetisi, dimana tiap satu set diberi jeda selama 20 detik istirahat.

2. Wide push-up

image post by Firefighter Functional Fitness via Youtube.com

image post by Firefighter Functional Fitness via Youtube.com via https://www.youtube.com

Tentu kalian sudah familiar dengan jenis push-up satu ini, yup! push-up biasa yang biasa dipraktikan di pelajaran penjaskes saat kalian bersekolah. Namun kali ini lakukan push-up dengan tanpa membiarkan dada kalian menyentuh lantai. Caranya yaitu posisikan diri kalian seperti melakukan push-up pada umumnya dan lebarkan tangan kalian hingga lurus dengan dada kalian, kemudian tekuk siku kalian sampai dada kalian hampir meyentuh lantai. Lakukan semampu kalian, misalkan jika ketika baru seperempat menekuk siku kalian sudah tidak mampu maka angkat lagi, lalu turun lagi, lakukan semaksimal kalian semampu kalian. Begitu seterusnya sampai 5 set 10 repetisi dengan jeda istirahat setiap set sekitar 1 menit. Push-up jenis ini melatih dada kalian supaya bidang juga bicep dan tricep kalian, sehingga ketika kalian selesai melakukan ini dada dan lengan terasa kencang.

3. Diamond atau Triangle push-up

image post by Dr. Malik  via fitnessvolt.com

image post by Dr. Malik via fitnessvolt.com via https://fitnessvolt.com

Jenis push-up ini mungkin hanya sedikt yang tahu, selain karena versi ini lebih susah dari yang sebelumnya versi ini juga jarang diminati. Cara melakukannya yaitu dengan posisikan tubuh kalian seperti push-up pada umumnya kemudian bentuk segitiga menggunakan kedua tangan dengan posisi telapak tangan menghadap bawah. Jenis push-up ini akan memfokuskan pada pembentukan tricep kalian sehingga setelah push-up yang pertama kali terasa adalah tricep menjadi kencang. Lakukan push-up ini semampu kalian semaksimal kalian dan ingat dada jangan sampai menyentuh lantai.

4. Recline push-up

image post by BARRY WHITE via reclinercize.com

image post by BARRY WHITE via reclinercize.com via https://www.reclinercize.com

Nah semakin kesini akan semakin sulit untuk dilakukan namun hasil dari push up ini akan lebih maksimal. Push-up jenis ini membutuhkan alat lain yaitu kasur atau kursi. Caranya ialah dengan memposisikan diri kalian seperti push-up pada umumnya namun letakkan ujung kaki kalian pada ujung kursi atau ujung kasur kalian sehingga tubuh kalian membentuk sudut lebih kurang 45°.  Lalu lakukan push-up seperti biasa dan ingat selalu lakukan push-up semaksimal mungkin saat menekuk siku kalian jangan sisakan banyak ruang antara dada kalian dengan lantai. Lakukan push-up ini dengan kemampuan kalian karena push up ini akan sangat terasa membakar otot dada dan bicep kalian.

5. Shaolin push-up

image post by ramindirinpur on Youtube.com

image post by ramindirinpur on Youtube.com via https://www.youtube.com

Tipe push-up ini mungkin akan terasa sangat berat, karena memang tipe ini adalah push-up yang paling berat. Caranya yaitu posisikan diri kalian tengkurap di lantai, lalu angkat badan kalian menggunakan kekuatan yang dipusatkan pada telapak tangan kalian. Usahakan lengan tangan jangan sampai menekuk dan menyentuh lantai. Lakukan push-up ini semampu kalian karena memang ini adalah push-up yang benar-benar menguras tenaga.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah seorang mahasiswa di salah satu universitas swasta di Yogyakarta.

CLOSE