#WisataFilipina-5 Destinasi Keren di Cebu, Untukmu Pecinta Sejarah

it’s more fun in the Philippines

Terletak di sebelah utara Indonesia dan Malaysia, Filipina merupakan sebuah negara republik di Asia Tenggara. Negara ini merupakan negara kepulauan, yang terdiri dari 7641 pulau, salah satu wilayahnya adalah kota Cebu. Cebu merupakan sebuah provinsi di Filipina. Provinsi Cebu ini terletak di region Visayas Tengah, dan memiliki luas wilayah 4.932, 79 Km2, dan memiliki jumlah penduduk 2.440.1200 jiwa.

Cebu memiliki banyak cagar budaya paling terkenal di negara Filipina, karena kota ini merupakan koloni Spanyol yang pertama di negeri ini. Kota ini memiliki gabungan dari kota modern dan suasana daerah yang santai, sehingga sangat cocok untuk dijadikan kota tujuan favorit bagi kamu yang ingin menyaksikan langsung perpaduan harmonis sejarah, budaya, dan pembangunan. Nah, buat kamu yang ingin berlibur saat pandemi berakhir, 5 tempat ini bisa dimasukkan ke list tempat yang harus kamu datangi saat berkunjung ke Filipina.

Advertisement

1. Benteng San Pedro

Photo by totalfish.ru

Photo by totalfish.ru via https://www.google.com

Benteng San Pedro atau yang dikenal sebaga Fort San Pedro merupakan peninggalan kolonialisasi bangsa Spanyol terhadap Filipina. Benteng ini terdiri dari dinding bebatuan yang menjulang ke atas, dengan tinggi sekitar 7–8 meter.

Terdapat lambing Kerajaan Spanyol di atas pintu Fort San Diego. Pada tingkat lebih tinggi, ada sebuah patung kecil yang dianggap sebagai lambang Baby Jesus.

Advertisement

2. Magellan’s Cross

Photo by Wikimedia.org

Photo by Wikimedia.org via https://commons.wikimedia.org

Magellan’s Cross merupakan salib Kristen yang ditanam oleh penjelajah Portugis dan Spanyol, yang diperintahkan oleh Ferdinand Magellan saat tiba di Cebu, Filipina pada April 1521. Magellan Cross juga menjadi sebuah tanda pekabaran Injil ke penduduk setempat.

3. Yap – Sandiego Ancestral House

Photo by Proud to Bebisaya

Photo by Proud to Bebisaya via http://proudtobebisaya.blogspot.com

Tempat ini merupakan museum dari sejarah pemukim asal Tiongkok di Cebu, dibangun antara tahun 1675-1700 oleh pendatang asal Tiongkok bernama Don Juan Yap. Museum ini juga merupakan bangunan pertama dari pendatang asal Tiongkok. Bangunan ini memiliki corak unik perpaduan antara Tiongkok dan Spanyol.

4. Cebu Heritage Monument

Photo by Wikipedia.org

Photo by Wikipedia.org via https://en.wikipedia.org

Cebu Heritage Monument merupakan monumen yang dibuat oleh pematung Eduardo Castrillo, arsitek Heradio Espanol dan Ildenfonso Santos, dan terletak di pusat kota Cebu. Monumen ini merangkum sejarah pulau itu menjadi satu patung tablo yang menggambarkan Rajah Humabon dan martir Kristen Pedro Calungsod.

Advertisement

5. Museum Casa Gorordo

Photo by Destimap

Photo by Destimap via https://www.destimap.com

Museum Casa Gorordo awalnya adalah sebuah rumah leluhur yang berubah menjadi museum.  Bangunan ini dibangun pada tahun 1850 oleh Alejandro Reynes dan kemudian dibeli oleh Juan Isidro Gorordo. Dalam rumah ini terdapat sebuah kapel. Salah satu pemiliknya, Juan Bautista Gorordo merupakan uskup pertama Cebu.

Itulah lima destinasi sejarah yang wajib kamu kunjungi saat datang ke kota Cebu. Tentu saja masih banyak destinasi menarik di Filipina. 

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang introvert yang suka menggambar dan sedang belajar menulis. Pecinta K-pop dan Kdrama tentunya. :)

CLOSE