#WisataFilipina-Destinasi Impian Para Pecinta Outdoor! Nggak Hanya Cantik, 7 Tempat di Filipina Ini Cocok Banget Buat Aktivitas Outdoor Nan Seru

Ingin mencari negara asing dengan pantai indah, laut biru brilian, atau memiliki wisata alam yang menantang adrenalin? Nggak perlu jauh-jauh menyambangi Maladewa atau Bora-Bora, penerbangan sekitar 3 jam saja sudah bisa membawa kamu ke secuil kecil surga dunia. Negara ini berbentuk kepulauan, sama seperti Indonesia, dan memiliki jejak budaya serta nenek moyang yang sangat mirip dengan Indonesia. Yup, tempat itu adalah Filipina!

Filipina merupakan negara kepulauan yang memiliki sekitar 7.100 pulau. Negara tempat Ferdinand Magellan, petualang asal Spanyol, mendarat pada tahun 1521 ini memiliki kekayaan alam, budaya, dan destinasi wisata yang menakjubkan. Laguna yang diapit tebing karang tinggi, sungai di dalam gua, pantai berpasir putih, laut sewarna zamrud, biota laut yang kaya, dan banyak hal lain dapat kamu temui di negara tetangga Indonesia satu ini. Tak hanya wisata alamnya yang wow banget, Filipina juga memiliki destinasi sejarah dan kuliner yang patut diancungi jempol. Budaya Spanyol yang masih cukup kental di negara ini tercermin dalam arsitektur khas Eropa yang cantik, benteng megah, atau bahkan puding leche flan yang sering dikudap di negara ini. Filipina layak menjadi destinasi impian banyak orang.

Buat kamu yang suka kegiatan outdoor seperti hiking, rock climbing, atau sekedar diving, Filipina adalah pilihan yang bagus! Kekayaan lanskap membuat Filipina nggak kehabisan cara untuk membuat para outdoor activities enthusiasts puas mengunjunginya. Selain menantang, seru, dan bikin kamu nggak bakal bisa diam, tempat-tempat ini juga sangat cantik dan cocok diabadikan dalam Instagram. 

Kira-kira apa saja ya tempat-tempat cantik yang bisa masuk wishlist-nya para outdoor enthusiasts? Yuk cek list di bawah ini!

Advertisement

1. Mencicipi Canyoneering di Air Terjun Kawasan, Cebu

Photo by Cebucitytour

Photo by Cebucitytour via https://www.cebucitytour.com

Pernah nggak kamu membayangkan melakukan rafting tanpa kapal? Atau berenang di arus deras sekaligus meluncur dari tebing? Siap-siap mewujudkan impian tersebut menjadi nyata di  Air Terjun Kawasan!

Air Terjun Kawasan merupakan salah satu air terjun tercantik di Filipina dengan ketinggian sekitar 30 kaki. Air Terjun Kawasan terletak di Pulau Cebu, salah satu pulau besar di Filipina yang memiliki destinasi wisata alam beragam.

Advertisement

Selain terkenal karena kecantikannya, Air Terjun Kawasan ini juga memiliki atraksi menarik bernama badian canyoneering. Dalam badian canyoneering, kamu akan meluncur bebas dari ketinggian 30 kaki dan mendarat di sungai yang segar dan bening! Terdengar menyegarkan dan seru bukan? Nggak cuma canyoneering, kamu juga bisa memacu adrenalin dengan cliff jumping menuju badan air. 

Bila kamu ingin mencoba badian canyoneering atau cliff jumping, kamu diwajibkan untuk menyewa guide dan alat-alat safety seperti pelampung dan helm. Seru-seru boleh, tapi keamanan dan kenyamanan wisata selalu jadi nomor satu, ya!

2. Berenang Bareng Hiu Paus di Oslob

Advertisement
Photo by Cameron Armstrong from Unsplash

Photo by Cameron Armstrong from Unsplash via https://unsplash.com

Buat kamu si penikmat outdoor sekaligus pecinta satwa, kegiatan yang satu ini wajib dijajal! Berangkat dari Kota Cebu dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam, kamu akan sampai ke Oslob, salah satu daerah lautan di Timur Filipina. Oslob terkenal dengan atraksi whale watching dan juga tawaran untuk bisa berenang dengan hiu paus.

Lengkapi keseruan perjalananmu dengan berenang bersama paus bercorak totol-totol yang dapat tumbuh sebesar sebuah minibus! Meskipun bertubuh besar, hiu paus merupakan satwa laut yang lembut dan cenderung tidak peduli dengan keberadaan manusia. Di kesempatan menyenangkan itu, pastikan kamu tidak mengganggu atau menyentuh para hiu paus ya!

Malas nyebur untuk berenang dengan hiu paus? Tenang saja, kamu juga bisa menyewa kapal nelayan untuk melihat satwa laut menakjubkan itu berenang di sekelilingmu. Jangan lupa menyiapkan kamera untuk mengambil foto mereka dari dekat, ya!

3. Lompat Bebas Dahulu, Nikmati Kesegaran Air Terjun Aguinid Kemudian!

Photo by Jackson Journey Era from Journey Era

Photo by Jackson Journey Era from Journey Era via https://www.journeyera.com

Masih berdekatan dengan Oslob, destinasi wisata yang satu ini wajib dikunjungi oleh kamu yang suka berenang atau basah-basahan di air! Air Terjun Aguinid merupakan air terjun beraliran deras yang terletak provinsi Cebu, Filipina. Bentuk Air Terjun Aguinid terbilang unik karena terdiri dari batu-batu dan aliran air terjun yang bertumpuk-tumpuk menyerupai tirai.

Selain bisa berenang santai atau berfoto ria di air terjun cantik ini, kamu bisa memompa jantung dengan cara hiking ke enam tingkatan Air Terjun Aguinid. Di setiap tingkat air terjun, kamu akan menemukan spot yang menarik, seperti adanya kolam atau atraksi cliff jumping dari ketinggian sekitar tiga meter. Tenang saja, jalur hiking di air terjun ini telah dilengkapi dengan tali pengaman sehingga kamu bisa berpegangan untuk menjaga langkahmu di tengah licinnya air terjun. Apakah kamu ingin mencoba menaklukan keenam tingkat Air Terjun Aguinid tersebut? 

4. Menyaksikan Keindahan El Nido dari Tebing Tarraw

Photo by Marky Ramone Go from Nomadic Experiences

Photo by Marky Ramone Go from Nomadic Experiences via http://https

Laguna penuh tebing besar, arus yang tenang, laut sejernih kristal, dan pantai yang indah merupakan ciri-ciri dari El Nido. Destinasi wisata alam Filipina yang menjadi favorit para turis ini tidak hanya menawarkan waktu bersantai di pantai atau snorkling yang menyenangkan, namun juga mengundang adrenalinmu di salah satu tebingnya yang bernama Tebing Taraw.

Tantang adrenalinmu dengan mendaki tebing batu megah setinggi 300 mdpl di Pulau El Nido itu! Untuk mencapai puncak Tebing Taraw, kamu harus melewati jalur penuh batu besar dan memijak bebatuan dengan ujung tajam. Siap-siap juga menjadi pemanjat tebing ketika berhadapan dengan dinding batu bersudut 90 derajat. Pastikan staminamu sedang prima dan jangan lupa selalu berhati-hati!

Pendakian sulit itu terbayarkan oleh pemandangan El Nido yang sangat indah dari ketinggian. Laut biru dan gugusan pulau di El Nido tersusun apik di depan matamu. Apakah kamu mau menantang adrenalin di Tebing Taraw untuk mendapatkan pemandangan cantik tersebut? 

5. Mendaki Puncak Tertinggi di Filipina – Gunung Apo

Photo by Chriz Luminaro from pexels

Photo by Chriz Luminaro from pexels via https://www.pexels.com

Gunung bertipe stratovolcano itu menyembul dari antara vegetasi dan perbukitan di Mindanao. Puncak Gunung Apo yang berada di ketinggian 2.954 merupakan atap negara Filipina dan patut menjadi destinasi impian para pecinta hiking

Sediakan waktu 2-3 hari untuk menyambangi puncak tertinggi di Filipina ini. Siapkan carrier dan sepatu gunungmu, mulai perjalanan untuk mendaki Gunung Apo yang megah ini. Jalur pendakian Gunung Apo terdiri atas hutan hujan, tebing bebatuan, dan juga sisi kawah yang indah. Oh iya, di kaki Gunung Apo juga terdapat sumber air panas bernama Mundo Apo Hot Spring yang cocok untuk melepas lelah saat naik maupun turun dari gunung. 

Apakah kamu suka naik gunung? Boleh lho memasukkan Gunung Apo sebagai destinasi impianmu untuk menjajal gunung indah lain selain yang ada di Indonesia!

6. Menyelam sambil Menyaksikan Bangkai Kapal di Coron Bay

Photo by Pirates Divers at Busuanga Bay Lounge

Photo by Pirates Divers at Busuanga Bay Lounge via https://piratediverscoron.com

Buat kamu para penggemar scuba diving, Coron Bay di Filipina menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Selain dipenuhi oleh biota laut yang menakjubkan, scuba diving di Coron juga akan memberikanmu pengalaman petualangan baru oleh atraksi menariknya yaitu bangkai kapal Perang Dunia ke-2. 

Di dasar laut Coron, terdapat beberapa kapal perang peninggalan Perang Dunia ke-2 yang kini beralih fungsi menjadi rumah para biota laut seperti rumput laut, penyu, belut, sampai ikan grouper. Salah satu kapal yang paling terkenal adalah Irako, terletak 43 m di bawah laut dan hanya dapat disambangi oleh penyelam andal. 

Untuk kamu yang masih pemula, atraksi kapal bekas PD 2 itu masih bisa kamu nikmati kok! Contohnya, kamu bisa melihat kapal Okikawa atau Akitsushima yang tak kalah kerennya dengan Irako. 

7. Bikin Deg-Degan! Mengunjungi Sungai Bawah Tanah di Puerto Princesa

Photo by KKDay from KKDay Tours

Photo by KKDay from KKDay Tours via https://en.blog.kkday.com

Sungai bawah tanah? Tempat macam apa itu?

Di Filipina, tepatnya di Pulau Palawan, terdapat tempat menakjubkan yang masuk ke dalam Situs Peninggalan Dunia UNESCO sejak 1999 dan tak pernah gagal untuk memesona para turis. Tempat tersebut adalah Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa. Jangan bayangkan untuk menuruni sebuah gua dan menyeberangi badan air seperti di Gua Cerme atau Gua Jomblang, Yogyakarta. Untuk mengunjungi Sungai Puerto Princesa, kamu akan naik ke kayak atau kapal dan masuk ke sebuah gua karst.

Nyalakan senter dan lihatlah ke sekelilingmu. Ada stalaktit, stalakmit, dan bebatuan yang menyusun gua. Keren banget! Laut yang tadi kamu lewati sekarang menjadi sungai yang diapit oleh goa karst yang menawan. Nikmati perjalanan sekitar 45 menit di keajaiban dunia tersebut!

Hai para outdoor enthusiasts! Dari tujuh tempat tadi, destinasi mana yang paling menarik perhatianmu? Destinasi mana yang membuatmu nggak sabar untuk segera kunjungi? 

Filipina memang nggak akan kehabisan destinasi yang menawan. Pantas saja berbagai destinasinya, seperti Pulau El Nido atau Palawan, masuk ke dalam bucketlist dan impian para traveler! Sudah mulai terpesona dengan Filipina dan ingin tancap gas kesana saat liburan? Jangan lupa riset yang banyak mengenai destinasi keren, harga akomodasi dan transportasi, makanan lokal yang lezat, sampai kebutuhan-kebutuhan lain, ya! 

Hmm.. Riset tentang Filipina enak di website atau aplikasi apa ya? Nggak usah bingung, kunjungi saja laman www.wisatafilipina.com melalui link wisatafilipina.com untuk informasi lengkap mengenai destinasi ciamik disana. Hadir dengan Bahasa Indonesia, website Wisata Filipina akan membuatmu lebih muda untuk membuat list destinasi impianmu. Psst.. Tenang saja, website Wisata Filipina pastinya sangat terpercaya karena dibangun oleh PDOT (Philippines Department of Tourism) representative in Indonesia. Wah.. Pastinya infonya keren-keren, asli, dan update banget kalau begitu!
 

Sudah siap menjelajah Filipina? Jangan lupa jaga protokol kesehatan, ya! It's More Fun in The Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE