#WisataFilipina–Menikmati Romantisme Kolonial di Vigan

Liburan ke luar negeri memang kurang lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke situs budayanya, aku sendiri selalu memasukkan kota tua ke dalam itenerary agar lebih mengenal sejarah dan budaya negera setempat. Memang tidak semua situs budaya di negara yang pernah aku kunjungi masih mempertahankan bangunan aslinya, namun di Vigan Filipina bangunan yang ada masih sangat terjaga, bahkan UNESCO telah menetapkannya sebagai salah satu situs warisan budaya dunia.

Siapa sangka kalau di kawasan Asia Tenggara ada kota yang bisa menawarkan romantisme khas kolonial. Tak perlu jauh-jauh terbang ke Eropa untuk menikmatinya, cukup ke Filipina aja. Nah, untukmu yang ingin memasukkan Vigan ke dalam salah satu bucket list, ketahui hal ini dulu agar liburanmu semakin seru!

Advertisement

1. Transportasi ke Vigan

Photo by: @ralphkayden on Unsplash

Photo by: @ralphkayden on Unsplash via https://unsplash.com

Vigan memang tidak se-populer Manila, namun tak ada salahnya kamu menyempatkan mampir ke kota ini saat berkunjung ke Manila. Ada 2 pilihan transportasi yang bisa kamu pilih, yaitu via udara yang kurang lebih ditempuh selama 1 jam perjalanan atau via darat. Jika lebih memilih menggunakan jalur udara, kamu bisa memilih antara Philippine Airlines atau Cebu Pacific, keduanya memiliki jadwal penerbangan setiap hari dari Manila ke Laoag. Setelah itu kamu bisa melanjutkan perjalanan via darat menuju Vigan kurang lebih selama 2 jam.

Sebagai traveler yang menyukai interaksi dengan penduduk setempat serta motto ‘travel like local’, aku tentu saja lebih memilih jalur darat. Kurang lebih sekitar 8 jam perjalanan dengan menggunakan bus, jeep, atau mini van. Memang bukan waktu yang sebentar, namun pengalaman menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan tentu akan sebanding. Agar tidak bosan selama di kendaraan, kamu bisa ngobrol dengan travelmatemu sambil sesekali mengabadikan pemandangan indah yang kamu temui selama perjalanan. Jangan lupa membawa beberapa snack dan minuman agar perjalananmu lebih menyenangkan.

Advertisement

2. Menelusuri kota tua dengan calesa

Photo by: wisatafilipina.com

Photo by: wisatafilipina.com via http://wisatafilipina.com

Siapa yang suka mencoba transportasi tradisional saat berwisata? Kalau kamu salah satunya, jangan sampai melewatkan ‘calesa’ saat berkunjung ke Vigan. Calesa adalah moda transportasi lokal yang berbentuk seperti andong, kamu bisa menjadikannya salah satu alternatif cara untuk berkeliling kota tua selain dengan berjalan kaki.

Terdapat banyak bangunan khas yang mampu memanjakan mata, jika kamu pergi ke kawasan Crisologo, berbagai rumah dengan arsitektur tahan gempa akan menyambutmu. Selain itu, di Vigan juga terdapat Cathedral tua peninggalan sejarah yang masih sangat terawat. Yakin nih nggak bakal tergoda untuk mengabadikan lewat lensa kamera?

Selain Cathedral, Vigan menyimpan banyak museum dan bangunan bersejarah yang akan semakin melengkapi liburanmu. Mulai dari Syquia Mansion  yang merupakan kediaman istri dari presiden ke-6 Filipina, hingga Padre Burgos yang menampilkan kehidupan tokoh di masa lampau.

Advertisement

3. Menginap ala Aktor Hollywood

Photo by: Rachel Claire on pexels

Photo by: Rachel Claire on pexels via https://www.pexels.com

Traveling tentu tidak lepas dari pemilihan penginapan. Biasanya para pelancong lebih suka menginap di hotel yang lokasinya strategis, baik dari segi kedekatan dengan tempat wisata maupun kemudahan akses dengan public transportation. Nah, gimana jadinya kalau kamu menemukan hotel dengan lokasi strategis dan pernah menjadi tempat menginap Aktor Hollywood?

Tom Cruise kabarnya pernah bermalam di Villa Angela Heritage House saat proses syuting salah satu filmnya. Kamu bisa banget mencoba pengalaman baru dengan menginap di hotel ini, namun tentu kamu harus memesan jauh hari agar bisa mengamankan kamarnya.

4. Menghabiskan malam di café, jangan lupa cicipi makanan khasnya!

Photo by: @tli427 on Unsplash

Photo by: @tli427 on Unsplash via https://unsplash.com

Setelah seharian berkeliling menikmati bangunan bersejarah, malam hari saatnya merilekskan tubuh. Salah satu aktivitas yang paling membuatku kangen traveling adalah suasana malam kota setempat. Melihat gemerlap lampu kota sembari menyaksikan aktivitas warga lokal menjadi magnet tersendiri. Saat kamu berkunjung ke Vigan, kamu bisa mencoba mengunjungi café-café cantik sambil merasakan atmosfer kota lama yang dipenuhi penerangan dari lampu antik, romantis bukan?

Memesan minuman di salah satu café yang berada di sepanjang jalan Crisologo bisa menjadi pilihan. Bagi yang suka kulineran, gak ada salahnya memesan beberapa menu makanan khas seperti Empanada yaitu pastel berisi logganisa atau sosis yang digoreng hingga garing.

5. Berburu barang antik

Photo by: @chrisburrc on Unsplash

Photo by: @chrisburrc on Unsplash via https://unsplash.com

Aktivitas lainnya yang pasti tidak akan terlewat dalam list para pelancong tentunya adalah berbelanja. Jika biasanya belanja identik dengan membeli baju, skincare, ataupun tas, maka saat kamu di Vigan jangan lupa memasukkan barang antik ke dalam keranjang belanjaanmu.

Ada banyak pernak-pernik yang bisa kamu jadikan koleksi pribadi atau oleh-oleh. Cobalah datang ke kawasan Lucy Chans Antique House, toko yang menjual aneka barang antik seperti liontin maupun anting-anting. Koin tua juga bisa kamu dapatkan disini lho, kapan lagi bisa mengoleksi koin dari negara lain. 

Jika kamu bukan pecinta barang antik, tak ada salahnya berkunjung sambil hunting foto. Sebagai gantinya, kamu bisa berbelanja kain tenun buatan tangan warga setempat yang seringkali disebut kain Abel. 

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Gimana? Makin nggak sabar ingin segera ambil passport dan terbang ke negara tetangga bukan? Eits…sabar dulu ya sampai pandemi mereda dan boarding dibuka kembali untuk wisatawan mancanegara.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penyuka traveling yang ingin berbagi cerita lewat rangkaian kata

CLOSE