Milenial merupakan generasi yang dikenal serba cepat dan bahkan cenderung instan yang mempengaruhi pola hidupnya. Salah satu cirinya yaitu tidak pernah lepas dari yang namanya gadget. Tetapi itu tidak sepenuhnya bagus bagi kita milenial, karena sekarang ini potensi atau kemampuanlah sangat diutamakan dalam menjalankan hidup ke depan. Milenial yang identik dengan kaum muda perlu memiliki 6 sifat ataupun sikap di bawah ini untuk membangun karakter pada diri yang berguna  dalam kehidupan sehari-hari

1. Belilah barang yang kamu butuhkan

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Belilah barang yang sesuai dengan kebutuhan, bukan  megikuti trend atau gaya-gayaan semata. Sebab jika kamu mengikuti trend maka kamu tidak akan pernah merasa puas karena trend mudah berganti setiap saatnya. Lagi, belilah barang sesuai dengan pendapatan kamu. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli barang dengan harga tinggi karena itu akan menambah bebanmu saja.

2. Pintar melihat peluang dalam trend

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Peluang seperti ini sering muncul dengan mudah di dunia kuliner dan fashion. Maka kamu harus bisa melihat peluang dari trend tersebut untuk mendapatkan uang. Misalnya, kamu yang para mahasiswa bisa berjualan dengan memanfaatkan online shop dan menawarkannya kepada temanmu. Ini tidak akan terlalu memakan waktumu dan pastinya berpeluang besar mendapatkan untung bagimu. Intinya kamu harus pandai mencari peluang terhadap sesuatu yang menjadi trend.

3. Investasi leher ke atas

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Investasi leher ke atas merupakan sebuah investasi yang tidak terlihat, yang erat kaitannya dengan investasi pada otak. Investasi ini berbentuk ilmu-ilmu yang berguna untuk diri kamu seperti banyak-banyak membaca buku atau mengikuti seminar-seminar. Ilmu yang tersimpan di otak ini akan sangat berguna bagi kamu di masa yang akan datang. Tidak bisa dipungkiri dengan cara banyak membaca buku maka banyak juga ilmu yang kita dapatkan. Ilmu inilah yang akan membantumu kelak dalam menjalankan hidup. 

4. Milenial yang memiliki tujuan hidup

Memiliki tujuan hidup yang jelas merupakan hal yang wajib kamu miliki diumur kamu sekarang ini supaya hidup kamu tertata dengan baik.  Dengan hidup yang tertata dengan baik membuat kamu lebih fokus terhadap satu hal jadi kamu tidak lagi membuang-buang waktu untuk hal yang tidak jelas.

5. Menghargai setiap proses itu perlu

Photo by João Jesus from Pexels

Photo by João Jesus from Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Ini tidak kalah wajib dimiliki bagi milenial supaya kita lebih semangat lagi melakukan apapun. Semua yang ingin didapat harus melalui proses dan tidak akan didapatkan secara instan begitu saja. Tujuan hidup yang telah kita pilih tadi akan kita capai melalui proses itu. Nah, kebayangkan betapa pentingnya hal ini kita miliki? Jangan pernah mudah mengeluh dengan segala hal yang kamu hadapi sekarang ini, hargai prosesnya karena hasil tidak akan mengkhianati proses.

6. Kamu harus bisa menghargai waktu yang diberikan kepadamu

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Milenial harus memiliki sifat untuk selalu menghargai waktu. Sebab, waktu sangatlah berperan penting dalam hidup ini. Sifatnya yang tidak pernah kembali membuat kita harus menggunakanya secara maksimal.  Kamu harus pandai membagi-bagi waktu, waktu untuk dirimu, keluarga, teman, kuliah, kerjaan, dan lainnya. Salah satu contoh menghargai waktu ialah tidak bermain gadget saat berkumpul bersama keluarga atau teman.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya