Asian Games 2018 sudah beres, guys! Sejarah emas baru aja ditorehkan Indonesia buat ajang olahraga terbesar se-Asia ini, semua mata tertuju pada Indonesia, khususnya Jakarta dan Palembang, tertuju pada atlet unggulan masing-masing negara, tapi apakah kamu salah satu dari beberapa yang malah tertarik sama menpora Malaysia yang masih muda tapi penuh prestasi itu?

Kalau iya, tenang! Banyak kok yang justru memperhatikan dia, Guys. Yuk kenalan, dijamin dapet motivasi dari menteri termuda Malaysia ini!

1. MENTERI TERMUDA MALAYSIA INI KELAHIRAN DESEMBER 1992, LHO !

Muda berprestasi!

Muda berprestasi! via http://www.instagram

Meskipun usianya baru 25 tahun tapi sudah buktikan dia bisa berkarya banyak buat negaranya, mungkin masih jarang ya anak muda di usia segitu mulai peduli sama keadaan bangsanya.

Advertisement

Posisinya sebagai menteri pemuda dan olahraga sedikit banyak pasti menguras tenaga, pikiran, waktu yang lebih banyak, Saddiq panggilan akrabnya, punya gabungan dari tiga trend generasi Z ini, yaitu muda, kreatif dan kontributif.

2. PERNAH SEKOLAH MILITER

Nasionalisme tertanam sejak sekolah militer

Nasionalisme tertanam sejak sekolah militer via http://www.instagram

Sekolah militer yang sempat Saddiq tempuh sedikit banyak buat doi jadi lebih cinta sama negaranya; Malaysia. Saddiq mengakui bahwa dengan didikan militer ia bisa mengubah dirinya, mengubah pola pikirnya tentang pentingnya cinta dan peduli pada bangsa.

3. BEBERAPA KALI JUARA DEBAT TINGKAT ASIA

Juara debat se-Asia

Juara debat se-Asia via http://www.instagram.com

Advertisement

Semasa kuliah, Saddiq termasuk mahasiswa yang penuh dengan prestasi apalagi dalam bidang debating, tercatat kurang lebih beberapa kali doi menjadi juara 1 dalam ajang debat se-Asia! Dari sanalah Saddiq mulai dikirim ke berbagai negara lain untuk kegiatannya tersebut, dengan pengucapan bahasa Inggris yang fasih dan penguasaan teori juga argumen yang mumpuni menjadikannya cemerlang dalam bidang ini.

Tiga kali berturut-turut dinobatkan sebagai pendebat terbaik menurut Oxford & Cambridge University, selain itu Saddiq juga di tahun 2015 dinobatkan sebagai hakim debat di Cambridge University dan tahun selanjutnya sebagai hakim debat tingkat dunia.

4. DITAWARI DUA KALI BEASISWA UNIVERSITY OF OXFORD

Ditawari kampus bergengsi

Ditawari kampus bergengsi via http://www.instagram.com

Siapa di sini yang nggak tahu soal Universitas Oxford? Universitas tertua yang berada di Inggris ini menawarkan Saddiq untuk program masternya, tercatat dua kali universitas bergengsi tingkat dunia itu menawarkan, tapi Saddiq menolak!

Doi mengaku memilih fokus untuk mengamalkan ilmu semasa kuliah dalam kancah politik sebagai menteri pemuda dan olahraga. Salut! Mungkin Saddiq berprinsip ilmu selama S1 akan lebih baik jika diamalkan langsung untuk kebaikan sekitar.

5. BERJIWA PANTANG MENYERAH DAN SELALU BERANI KARENA BENAR

Lantang menyuarakan kebenaran

Lantang menyuarakan kebenaran via http://www.instagram.com

Keberaniannya dalam lantang memusuhi ketidakbenaran yang terjadi di Malaysia, membuat ia beberapa kali mengalami ancaman dari berbagai pihak yang tidak terlalu suka akan sikapnya yang terlalu berani.

Saddiq dianggap terlalu muda dan baru untuk sebegitu pedulinya pada Negara, karena pihak-pihak tidak bertanggungjawab itu akan terancam dengan keberanian Saddiq.

6. SALAH SATU PROGRAM UNGGULANNYA IALAH ANTI FREE SEX IN MALAYSIA

Say no to free sex!

Say no to free sex! via http://www.instagram.com

Pada Juli 2018 lalu, Saddiq yang resmi dilantik oleh Tun Mahathir Mohammad (PM Malaysia) sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, kini mempunya berbagai program luarbiasa, salah satunya pemberantasan kasus free sex yang terjadi di Malaysia, karena mungkin isu klasik ini di negara manapun akan menjadi salah satu isu yang lekat dengan anak muda, dengan pemuda.

Dari itu Saddiq mulai fokus pada penanggulangannya. Mengingat Malaysia adalah salah satu negara dengan warga pengidap HIV tertinggi di Asia, Saddiq mengeluarkan program ini dengan metode pemberantasan free sex dengan pencerdasan dalam pendidikan sex.

Pendidikan sex bagi Saddiq dapat mencegah pertumbuhan kasus ini, karena masyarakat sudah diajak berpikir dan bersikap waspada akan hal ini.

7. SOSOK YANG DEKAT DENGAN KELUARGA

Sayang bunda

Sayang bunda via http://www.instagram.com

Walaupun punya segudang kesibukan dengan posisinya sebagai menteri, tak membuat bungsu dari dua bersaudara ini melupakan silaturahmi sama keluarga terutama sama ibunya, lho! Saddiq deket banget sama ibunya, terbukti banyak postingan di akun instagramnya (@syedsaddiq) yang mengunggah beberapa kali momen hangatnya bersama ibunda tercinta. Panutan banget ya!

8. FANS DARI PENYANYI LEGENDARIS MALAYSIA : SITI NURHALIZA

Fansnya Siti Nurhaliza

Fansnya Siti Nurhaliza via http://www.instagram.com

Jangankan Saddiq, banyak orang Indonesia atau Negara lain yang memang mengagumi prestasi dari penyanyi berawajah teduh ini, Siti Nurhaliza. Saddiq memposting tiga foto sama ketika ia bersama Siti Nurhaliza di akun instagramnya, membuktikan bahwa Saddiq ngefans banget sama doi! "I froze when I saw her. Nak berikan salam pun tergagap. Bertahun belajar debat, tetapi depan idola terus bisu". Ucap Saddiq di salah satu postingannya di akun Instagram.

9. KERAP MEMBALAS KOMENTAR DARI PARA FOLLOWERS DI SOSIAL MEDIA

Stay humble

Stay humble via http://www.instagram.com

Harus diakui salah satu kelebihan dari Syed Saddiq ialah doi punya sikap humble, optimis dan selalu menebar semangat. Pokoknya klop deh sama kalangan anak muda, saking menginspirasinya, banyak followers berusia anak muda yang jadi getol update berita soal Malaysia, nggak hanya anak muda Malaysia, banyak Negara lain yang sama-sama terinsipirasi oleh Saddiq!

Banyak komentar yang di-reply sama doi, kok! Jadi kamu yang pengin cari panutan anak muda selain dari Negara sendiri, boleh banget follow akun-akun sosmed Syed Saddiq!

10. SUKA KUCING!

Love the cat!

Love the cat! via http://www.instagram.com

Kalau kamu udah nge-follow akun sosial media Saddiq, ada bio profilnya yang buat kita sedikit greget, lho! Saddiq yang memang menyukai kucing, sampai menulis "Nation building, the youth and cat will be my priority". Membuktikan dia sayang banget sama kucing! Greget ya!

Yup! Itulah fakta seputar menpora Malaysia yang jadi influencer banget akhir-akhir ini, selepas Asian games 2018 saddiq banyak memposting hal-hal positif yang berhubungan sama Indonesia, bangga ya! Saddiq selalu berpesan buat anak muda di manapun berada," Bukan hanya di bidang politik kamu bisa membantu negaramu, kamu jadi dokter, kamu jadi social media infulencer, apapun dan siapapun kamu bisa sekali jadi anak muda yang membantu Negara jadi lebih baik lagi.

Dan pemerintahan ini meyakini bahwa kaum muda seharusnya menjadi salah satu pihak yang menentukan arah dan masa depan mereka sendiri". (terjemah dari bahasa Malaysia). Yuk! Mulai peduli, mulai kenali diri sendiri dan semoga dengan kelebihan dan potensi diri kita masing-masing kita bisa bermanfaat nggak cuma buat sendiri tapi juga buat sekitar, bangsa dan negara! Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya