Tidak terasa kita sudah memasuki bulan Agustus di Tahun 2016. Ada sesuatu yang special di bulan ini, yakni perayaan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang jatuh setiap Tanggal 17 Agustus. Sudah 71 tahun Indonesia mencicipi manisnya Kemerdekaan. Merdeka karena telah terbebas dari belenggu penjajahan. Namun seiring berjalannya waktu, makan Kemerdekaan tidak hanya terpaku pada merdekanya bangsa Indonesia dari tangan penjajah. Semakin banyak yang memaknai lebih dalam arti dari Kemerdekaan itu sendiri. Di masa kini makna kemerdekaan bisa bermacam-macam dan terkadang hal itu bersifat personal, contoh kecilnya saja adalah ketika hari libur ketika kita bisa merdeka dari aktifitas bangun pagi-pagi ataupun juga ketika malam minggu bisa tidur larut malam karena esok hari tidak ada tuntutan dari orang tua untuk bangun pagi lantas berangkat ke sekolah.

Dan setidaknya, ada beberapa versi Kemerdekaan yang bisa mewakili arti Kemerdekaan yang saat ini muncul dikalangan muda mudi. Check it out!

1. Senangnya Bisa Memilih Jurusan Sendiri

/dampak-salah-memilih-jurusan/ via http://usm.itera.ac.id

Pernahkah ada yang dipaksakan memilih Jurusan sesuai keinginan keluarga? Pasti pernah ya. Dan keluarga disini tidak hanya terbatas pada kedua orang tua, bisa saja dari Kakak, Tante, Om, Nenek, Kakek dan keluarga lainnya. Ketika masih SMA, jurusan hanya terbatas pada IPS, IPA dan juga mungkin Bahasa. Tapi ketika memasuki dunia perkuliahan berbagai macam pilihan Jurusan semakin beragam. Semakin bertumbuh dan bertambahnya usia serta pengalaman hidup seseorang, kita semakin menyadari apa potensi yang sebenarnya ada dalam diri kita serta apa yang paling kita inginkan.

Dan betapa bahagianya ketika kita berhasil meyakinkan diri sendiri juga orang lain bahwa Jurusan yang kita pilih adalah Jurusan terbaik yang benar-benar kita inginkan dan dunia kita ada didalamnya.

2. I Love My Job

/detail/photo/love-my-job-office-desk-high-res-stock-photography/110682190 via http://www.gettyimages.com

Advertisement

Terkadang, masih banyak orang yang berfikir bahwa pekerjaan terbaik yang menjajikan masa depan yang cerah dan terlihat sebagai pekerjaan idaman hanya terbatas pada Dokter, Polisi, TNI, Guru, Pengacara, Dosen, Pilot, Masinis dan pekerjaan lain yang biasanya diimpikan anak-anak sejak masih jaman kanak-kanak. Coba saja kita ingat-ingat kembali, ketika kita masih kanak-kanak dan ketika seseorang bertanya apa cita-citamu? Rata-rata menjawab ingin menjadi Dokter. Tapi padahal, masih banyak pekerjaan lain diluar sana yang namanya belum familiar tapi menjajikan sesuatu yang sangat luar biasa. Ini bukan tentang berapa pundi-pundi yang akan didapatkan ataupun tentang penghargaan orang lain terhadap jenis pekerjaan kita, tetapi jangan sampai lupa juga tentang apa yang dapat membuat kita nyaman dengan pekerjaan yang digeluti.

Dan beruntunglah kita karena sudah berada pada Pekerjaan yang kita inginkan dan memang Gue Banget tanpa perlu terbebani dengan pekerjaan yang memang tidak kita inginkan.

3. Merasa Merdeka Dengan Berorganisasi

/edukasi/20160803160348-445-148979/empat-manfaat-kamu-aktif-berorganisasi/ via http://student.cnnindonesia.com

Masa yang paling indah di Sekolah juga di bangku Perkuliahan adalah ketika kita bisa menjadi Siswa dan Mahasiswa yang aktif di dunia organisasi. Jangan salah, mereka yang aktif berorganisasi adalah orang-orang yang cukup populer dan tentu saja dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya terbatas itu saja, jaringan pertemanan mereka pun cukup luas. Dengan berorganisasi bukan hanya kita dapat menyalurkan hobby tapi juga dapat sekaligus mengembangkan potensi yang kita miliki serta dapat menambah wawasan juga pengetahuan yang baru.

Advertisement

Kita juga dilatih untuk cakap mengemukakan pendapat juga terbiasa berkomunikasi dengan berbagai macam karakter orang serta belajar berkomunikasi didepan public.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya