Zaman sekarang ini, merantau sudah jadi bagian dari realita kehidupan sosial masyarakat kita. Tak terkecuali untuk kamu yang masih muda. Merantau adalah hal wajar yang dihadapi demi mencapai cita-cita. Entah itu menimba ilmu di pulau seberang, atau meniti karier di luar kota.

Nah, bagi kamu yang takut untuk merantau karena gak mau kesepian, sekarang gak perlu cemas lagi. Ada 10 tips mudah yang bisa dilakoni kok demi membunuh sepi!

1. Sebelum berangkat ke tanah rantau, sempatkan untuk membuat foto bareng keluargamu. Foto mereka bisa jadi obat rindu paling mumpuni.

foto keluarga

foto keluarga via www.pinterest.com

Advertisement

Foto keluarga merupakan item wajib yang harus dipunya sebagai bekal merantau. Kamu gak perlu mengambil foto di studio mahal lho, ambil saja foto bersama keluarga ketika kalian sedang di rumah. Justru kenangan akan keluarga dan rumah yang diabadikan melalui shutter kamera ini bakal makin terpatri. Nanti ketika kamu sedang merantau, foto mereka dijamin bisa jadi penawar rindu di hati.

2. Selain pamit kepada teman-teman terdekat. Hang out bareng mereka sebelum berangkat menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.

Jalan bareng temen jadi agenda wajib sebelum pergi

Jalan bareng temen jadi agenda wajib sebelum pergi

Menikmati momen bersama teman adalah salah satu cara ampuh agar saat kamu di tanah rantau tak menyesal meninggalkan mereka. Kamu bisa kok menyediakan waktu sebentar untuk sekadar ngobrol dan hang out kecil-kecilan. Abadikan juga momen ini melalui jepretan kamera, agar kamu bisa mengenangnya ketika sudah jauh di sana.

3. Sesampainya di tanah rantau, coba deh kontak kawan lama yang juga tinggal di sana. Gak cuma sekedar reuni, dijamin mereka juga bisa dimintai bantuan.

teman lama

teman lama via saylampung.com

Kamu pasti punya dong temen yang udah lamaa banget gak kotak-kontakan? Cari deh salah satu dari mereka yang ada di kota rantaumu. Hubungi mereka dan ajak bertemu, dijamin bakalan seru! Obrolan nostalgia tentang masa lalu akan membawamu melupakan kesepian di tanah rantau. Disamping itu, mereka juga bisa kok membantumu beradaptasi dengan kehidupan barumu. Minta juga tips-tips mengenai kota barumu ini.

4. Ketemu temen baru memang harus sopan, tapi giliran udah kenal kamu gak perlu sungkan! Justru mereka bisa tahu kalo ternyata kamu bisa diajak seru-seruan.

Kalau udah kenal ya gak perlu sungkan dong

Kalau udah kenal ya gak perlu sungkan dong via i.huffpost.com

Advertisement

Kesan pertama memang harus dijaga. Mana ada sih orang yang mau kenalan sama orang yang gak tau sopan santun? Tapi jika kamu gak mau kesepian di tanah rantau, jangan sungkan kalau udah kenal. Cobalah untuk lebih ekspresif agar teman barumu tak canggung saat ngobrol denganmmu!

5. Kumpulkan info sebanyak-banyaknya tentang kota tujuanmu, bikin list tempat mana aja yang kayaknya seru untuk dikunjungi!

Kamu akan nemu tempat asik untuk dijelajahin di kota rantaumu

Kamu akan nemu tempat asik untuk dijelajahin di kota rantaumu via anekatempatwisata.com

Karena tempat baru adalah lahan petualangan yang menarik untuk dijelajahi, yuk bikin list tempat wisata di kota barumu. Mulai dari kuliner, budaya hingga tempat-tempat apik yang cocok untuk mengisi hari-harimu. Dijamin deh kamu gak bakal merasa kesepian lagi!

6. Jangan tinggalkan hobimu begitu saja. Justru di tanah rantau kamu bisa menemukan teman seru dengan hobi yang sama denganmu.

hobi sama

hobi sama via www.beautifulhub

Hobi bisa jadi jembatan bagimu untuk mendapat teman baru. Bertemu dengan mereka yang memiliki hobi yang sama di kota rantau akan jadi hal yang mengesankan buatmu. Tak ada lagi rasa sepi yang dirasa karena kamu bisa menjalani aktivitas menyenangkan bersama mereka yang baru kamu kenal.

7. Stop berdiam diri di kamar kosan! Ini saatnya kamu keluar dan nongkrong di event yang sedang digelar.

Cafe dengan live musik bisa jadi pilihan

Cafe dengan live musik bisa jadi pilihan via 36.media.tumblr.com

Ini salah satu tips yang paling ampuh untuk mengusir rasa penat sekaligus sepi! Cobalah untuk mendatangi tempat-tempat yang lagi ada event, seperti acara musik atau pameran seni. Gak cuma ampuh mengusir rasa kesepian, kamu juga akan bertemu orang-orang baru yang menyenangkan disana.

8. Bergabunglah dengan komunitas di kota barumu! Bisa jadi mereka akan membawamu ke dunia yang bakalan seru.

Kumpul dengan komunitas baru

Kumpul dengan komunitas baru via www.therunnerstrip.com

Komunitas ini ada banyak macamnya. Mulai dari komunitas budaya, hobi atau mungkin kamu bisa bergabung dengan komunitas asal daerahmu yang ada di kota barumu. Dijamin orang-orang disana akan menerimamu dengan tangan terbuka dan membawamu ke dunia baru yang gak kalah asiknya.

9. Punya waktu luang dan bingung mau ngapain? Coba deh tulis surat untuk dirimu sendiri di masa depan.

Tulislah surat untukmu sendiri di masa depan

Tulislah surat untukmu sendiri di masa depan via i.huffpost.com

Buat iseng-isengan aja sih. Tapi ini cukup ampuh kok untuk mengusir rasa sepi. Cobalah menulis surat terbuka untuk dirimu sendiri di masa depan (bisa 5 atau 10 tahun kedepan). Tuliskan apa yang ada dipikiranmu saat ini hingga hal apa yang kamu ingin capai di masa depan nanti. Ini akan menjadi tantangan tersendiri untukmu.

10. Ingin punya teman ngobrol yang selalu bersedia mendengarkan tiap waktu? Kamu bisa kok memelihara ikan hias di kamarmu!

Ikaaaaaan

Ikaaaaaan via i.imgur.com

Kadang kamu merasa kalau berbicara dengan orang-orang sekitar terasa agak membosankan atau malah menjengkelkan? Tapi disatu sisi kamu benar-benar merasa kesepian dan kamu bingung harus bagaimana. Coba deh punya hewan peliharaan! Jika kamu yakin sanggup mengurusnya, kamu bisa memelihara anjing atau kucing. Namun, jika kamu gak mau repot, pelihara saja ikan atau kura-kura. Dijamin melihat tingkahnya akan membuatmu gak lagi merasa sendiri.

Apakah kamu punya tips lain supaya gak kesepian di tanah rantau? Kalo ada, bagikan di kolom komentar yak!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya