Ruang kerja itu seperti inkubator yang bisa menumbuhkan ide-ide kreatif. Bekerja di ruangan yang atraktif dan kondusif punya pengaruh besar terhadap cemerlangnya otakmu. Karena itu desain dan penataan di ruangan ini wajib diperhatikan demi lancarnya pekerjaanmu.

Kali ini bersama Bukalapak, Hipwee sudah mengumpulkan 11 inspirasi ruang kerja yang ampuh dijajal demi memunculkan ide-ide kreatifmu. Kalau kerja di tempat kayak gini siapa sih yang nggak mau?

1. Walau kecil spacenya, ruang kerja ini efisien dan tenang

Walau kecil, ruangan ini efisien dan tenang via tumblr.com

Kecerdikan untuk memanfaatkan ruangan sisa di rumahmu yang tidak terlalu besar ternyata bisa menghasilkan ruang kerja yang nyaman dan tenang macam ini. Kombinasikan dengan rak mengambang (floating shelves) di atas kepala untuk memaksimalkan penyimpanan barang-barang dan dokumen kerja.

2. Memanfaatkan meja lama dan kabinet besi — kamu sudah bisa menciptakan ruang kerja cantik macam ini

Dengan meja lama dan kabinet besi kamu bisa menciptakan ruang macam ini via tumblr.com

Lupakan hukum tidak tertulis soal kantor yang terdiri dari meja, kursi, dan kubikel kaku. Ide kreatif malah bisa muncul dari ruangan yang lebih ceria dan santai. Di ruangan ini kamu bisa berpikir dengan tenang tanpa harus merasa dibatasi oleh tembok tebal.

Untuk mewujudkan ide kreatif tersebut, tidaklah harus dari furniture mewah dan mahal, bahkan dari furniture murah atau furniture bekas juga bisa.

Untuk inspirasi, kenapa kamu nggak coba ide ruang kerja macam ini? Memanfaatkan bagian atas dari meja lama, dipadu dengan kabinet besi sebagai kakinya. Voila! Ruang untuk berpikir tersedia~

3. Ide kreatif datang setelah tubuh bergerak. Kalau gitu kenapa nggak bikin sport centre di tempat kerja aja?

Sport centre di tempat kerja bikin kamu makin semangat via www.bukalapak.com

Ide Bukalapak untuk menyediakan ruang olahraga di kantornya bisa ditiru untuk memunculkan ide kreatif dari para pekerja. Sport centre yang dilengkapi fasilitas olahraga lengkap mulai treadmill, sepeda statis, tenis meja, sampai barbel ini jadi tujuan buat mencari ide kalau udah stuck banget. Setelah bergerak, ide-ide lebih lancar datang. Badan yang fit juga memunculkan semangat untuk bekerja lebih keras.

4. Tambahkan kesan ‘sudah dikurasi’ ke meja kerjamu. Semangat berpikir bisa datang karena itu

Semangat kerja bisa datang karena meja kerja penuh kurasi via tumblr.com

Meja kerja nggak melulu harus diisi dengan agenda, buku, dan to do lists bejibun. Kesan artsy dan sudah terkurasi malah menciptakan perasaan santai dan siap diajak berpikir untuk mencari ide baru. Caranya gampang kok. Letakkan lampu hias atau antik, vas bunga tinggi, dan tambahkan pelapis bulu ke kursimu.

Siap duduk dan memeras otak untuk ide-ide oke deh kalau di sini!

5. Semangat kerja nggak bakal ada tanpa asupan gizi. Karena itu oke banget kalau kamu bisa menciptakan kedai yang cozy

Kedai yang cozy bisa meningkatkan mood via www.bukalapak.com

Sore-sore, udah capek, tapi masih banyak deadline. Melipir ke sini dan sekadar minum kopi bisa membuatmu merasa fresh lagi.

Karena alasan ini juga Bukalapak menyediakan Kedai untuk karyawannya. Setiap siang dan malam ada makanan gratis yang tersedia dan bisa dinikmati. Sembari menikmati kopi karyawan Bukalapak juga bisa bercengkerama di sini.

6. Kalaupun harus kerja di kubikel coba bikin kubikelmu lebih ceria dengan barang-barang berwarna ini

Bikin kubikelmu lebih berwarna dengan barang-barang ini via tumblr.com

Kubikel yang membosankan bisa berubah lebih ceria dengan barang-barang berwarna. Tambahkan folder warna merah, alat tulis berwarna pop agar suasana ruang kerjamu lebih ceria.

7. Agar interaksi dan semangat terjaga, ciptakan hall area yang bisa jadi tempat pertemuan seluruh kepala

Hall area. Tempat pertemuan seluruh kepala via www.bukalapak.com

Bertemu dengan orang lain, mendengarkan motivasi dari pimpinan, sampai sekadar duduk-duduk di ruang lapang bisa memunculkan semangat bekerja lebih keras. Karena itu hall yang jadi tempat pertemuan seluruh kepala wajib ada di tempat kerja.

Kayak di kantor Bukalapak nih! Bukalapak punya Hall Area multifungsi yang bisa menampung seluruh karyawan Bukalapak yang berjumlah sekitar 250 orang. Di sini pulalah tempat berlangsungnya acara OBL (Obrolan Bukalapak) yang diadakan pada hari Rabu pertama setiap bulannya. Menariknya, Hall Area dihiasi dengan Photo Corner, Book of Dreams, Telephone Box khas London, dan tangga dengan desain khas teater

8. Mau yang sederhana tapi ampuh? Naikkan laptopmu sejajar dengan pandangan mata

Dengan begini kepala nggak akan pegal lagi via tumblr.com

Gampang, praktis, nyaman buat leher dan kepala. Pekerjaan akan selesai dengan cepat kalau kerja di tempat begini.

9. Nggak punya banyak waktu bersenang-senang Fun Room macam ini bisa jadi jawaban

Fun room macam ini bisa jadi jawaban via www.bukalapak.com

Sibuk dan susah keluar buat have fun? Walau pekerjaan sedang banyak kegiatan bersenang-senang harusnya nggak kamu lupakan. Menciptakan fun room di tempat kerja bisa jadi jawaban yang oke buat keterbatasan waktumu. Kayak fun room yang ada di kantor Bukalapak nih. Ada perlengkapan/peralatan kantor tambahan yang ‘unik’, PlayStation 4, X-Box, perlengkapan karaoke dan alat band yang siap untuk dimainkan setiap saat.

Nggak perlu jauh-jauh, cukup ke Fun Room aja mereka udah bisa have fun.

10. Tambahkan tumbuhan mungil di sisi meja kerja. Aura segarnya bisa mendorong ide-idemu

Aura segarnya bisa mendongkrak idemu via tumblr.com

Kalau bosen atau stuck, coba pandangi tumbuhan kecil ini aja. Alhasil ide-ide akan datang dengan sendirinya.

11. Kalau ide nggak kunjung datang juga menambahkan Library Room di ruang kerja bisa jadi sumber inspirasi tak terduga

Library room di ruang kerja bisa jadi sumber inspirasi tak terduga via www.bukalapak.com

Ide jelas bisa datang dari mana saja. Salah satunya dari buku-buku yang kamu baca. Karena ide bisa datang dari bahan bacaan dan ruang yang tenang inilah kenapa Bukalapak akhirnya menciptakan Library Room di kantornya.

Read, Rest, Relax, Repeat itulah 4 kata yang menggambarkan ruangan ini. Library atau perpustakaan dilengkapi dengan berbagai buku-buku yang menunjang pekerjaan karyawan Bukalapak, seperti tentang programming, marketing hingga buku tentang kepribadian dan pengembangan diri. Ruangan ini didesain dengan cukup apik, mulai dari rak berbentuk pohon yang menampilkan kesan klasik serta sofa nyaman yang bisa bertranformasi menjadi temat tidur. Betah dan nyaman deh kalau di sini.

Dari 11 ide ini mana yang menurutmu paling oke dipraktekkan? Selamat berburu ide-ide ciamik ya! Kalau berhasil kasih tahu Hipwee 🙂