Mau jadi apa kamu 5 tahun lagi? Kalau 10 tahun lagi?

Pertanyaan tersebut terus menerus hadir, seperti menghantui. Ironisnya, kita masih terus bertanya bahkan ketika menginjak usia dewasa. Jawaban yang kerap muncul adalah prinsip untuk fokus pada satu hal sejak dini. Kita semua dituntut demikian, menguasai satu bidang. Alasannya supaya jalan kita mulus sampai pada tujuan hidup yang diinginkan. Padahal yang namanya jalan pasti berkelok, berlubang, dan berisiko.

Lagipula, zaman sudah berubah sejak lama. Tuntutanpun telah berkembang. Fokus pada satu tujuan itu pasti dan tidak ada yang salah dari sikap yang demikian. Namun, tidak baik juga menghakimi begitu saja bahwa pribadi yang banyak minat akan kesulitan untuk fokus meraih karier yang didambakan. Sebaliknya, ada potensi-potensi tersembunyi yang bersemayam di dalam orang yang memiliki banyak minat dalam hidupnya.

1. Orang yang banyak minat memiliki rasa keingintahuan yang besar. Pribadinya selalu ingin terus belajar. Karakter yang demikian memiliki pola pikir yang lebar.

Dunia memang tak selebar daun kelor via thegeyik.tumblr.com

Kepribadian orang yang memiliki banyak minat dilandasi oleh karakter yang selalu ingin tahu. Keingintahuanlah yang mendorong seseorang untuk menyambangi berbagai macam minat yang ada di dunia. Keuntungan yang didapatkan adalah pengetahuan dan pengalaman. Pertama, dia akan menambah pengetahuan karena merasa berkewajiban untuk mengisi hasrat keingintahuan. Kedua, ekspresi minatnya akan menambah pengalaman ketika kerap bersinggungan dengan berbagai ranah kehidupan. Pribadi yang seperti ini akan sangat fleksibel dan siap ketika diberi tanggungjawab yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Dan biasanya, tanggungjawab yang cukup penting hanya ada di posisi-posisi tertinggi.

2. Oleh karena itu, dirinya adalah figur yang cepat belajar. Maklum, sudah biasa menjadi pemula ketika menemukan minat baru yang ingin dikuasainya.

Advertisement

Cepat mengerti dan mau mempelajari via papasemar.com

Kesiapan dalam menerima tanggungjawab yang penting diimbangi dengan sikap rendah hati yang mumpuni. Orang yang banyak minat sudah sangat biasa menjadi pemula. Oleh karena itu, dia tidak pernah menyimpan gengsi yang berlebihan untuk belajar satu hal yang belum diketahui. Sebab, daya penasarannya begitu besar. Etika yang seperti ini akan sangat efektif untuk perkembangan karier masa depan. Dirinyapun akan menjadi seorang pemimpin yang disegani oleh anggota team, tidak hanya karena kecerdasannya, melainkan karena etika yang melekat dalam dirinya.

3. Minat yang bermacam-macam dan mungkin saling gak nyambung berarti dia mudah beradaptasi. Lingkungan kerja yang sama sekali berbeda bukanlah halangan untuk berkompetisi.

Ketika kamu dituntut untuk menjadi bunglon setiap saat via goodworkspaces.tumblr.com

Kebiasaan menjadi pemula dengan segala sikap kerendahan hati membuatnya cepat belajar dan beradaptasi dengan segala kondisi. Pertama, dia sudah memahami banyak pola-pola kerja team karena telah menyambangi banyak minat. Kedua, dia memiliki banyak skenario untuk hal-hal yang tak pernah diduga sebelumnya. Oleh karena itu, dia adalah orang yang paling siap berkompetisi. Dunia kerja memang terlihat menyenangkan dari jauh. Namun, tidak menutup kemungkinan akan adanya persaingan yang cukup keras. Kemenangan hanya akan berada di tangan orang-orang yang mampu membaca keadaan sebelum terjadi.

4. Kombinasi kemampuan adaptif dan cepat belajar membuatnya sangat ahli dalam menggabungkan berbagai ide menjadi satu inovasi baru. Karakter seperti inilah yang dibutuhkan dunia untuk memecahkan berbagai masalah.

inovasi tak pernah membatasi diri via ecoworldreactor.blogspot.co.id

Kemampuan adaptif yang super tinggi dan cepatnya proses belajar membuat orang-yang-banyak-minat kerap memunculkan inovasi-inovasi baru yang tidak pernah tertebak sebelumnya. Emilie Wapnick, dalam khotbahnya di TEDxBend berujar bahwa orang-orang yang memiliki banyak minat sanggup memproses beberapa ide menjadi satu temuan yang menarik. Dalam bahasanya, kemampuan ini disebut sebagai idea synthesis. Anugerah yang demikian memungkinkan manusia untuk meraih tingkat multipotensi yang tinggi. Mereka menjadi sangat potensial dalam berbagai hal hanya karena keisengannya yang sering menyambangi berbagai minat dalam hidupnya.

5. Tekun pada minat yang beraneka mengizinkanmu menjajal banyak pilihan yang ada. Dirimu akan jauh dari kekhawatiran tidak mendapatkan pekerjaan. Sebaliknya, kamu akan semakin berpeluang meraih karier yang mapan.

As long as you do know where it goes via rosesinwater.tumblr.com

Multipotensialitas yang ditawarkan oleh Wapnick sangatlah relevan di zaman ini. Orang butuh berbagai rencana cadangan untuk menanggulangi berbagai kegagalan. Ketika kamu telah memupuk berbagai minat sejak usia muda, maka kamu akan memiliki berbagai pilihan yang dapat dipertimbangkan untuk masa depan. Pekerjaan akan kamu dapatkan dari minat yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Semakin banyak minat, maka semakin banyak pilihan dalam hidupmu.

Pilihan di sini tidaklah melulu pilihan yang hanya dapat digunakan sekali. Kamu tetap dapat menggunakan pilihan yang kamu miliki, meskipun telah mendapatkan pekerjaan tetap. Misalkan, kamu suka membuat website, menulis, bermain musik, dan bersepeda. Lalu kamu bekerja di sebuah start up. Pengetahuanmu tentang tulisan yang baik, musik yang bagus, dan olahraga yang sehat dapat digunakan untuk membuat content yang menarik di websitemu. Begitulah cara minat dan pilihan bekerja di kehidupan nyata.

6. Menguasai satu bidang itu sangat baik, tapi memiliki banyak keahlian adalah keistimewaan. Puncak karier selalu diduduki oleh orang-orang istimewa yang memiliki banyak minat.

Mungkin mbak dian tahu via alkupra.wordpress.com

Kami sama sekali tidak menyalahkan orang-orang yang betul-betul fokus pada satu hal. Tidak ada yang salah dengan mereka. Justru sebaliknya, kami mengangkat topi atas dedikasi mereka. Namun, di lain sisi, ada beberapa orang yang masih khawatir menjawab pertanyaan di atas. Beberapa juga masih khawatir karena di usia dewasa masih juga melakoni berbagai hal. Kami pikir, tidaklah perlu khawatir selama kamu melakoni yang benar-benar menjadi passion-mu. Memiliki banyak minat adalah sebuah keistimewaan karena kamu berusaha betul menjamah berbagai kemungkinan yang potensial.

Menjadi hidup adalah tentang bagaimana merasai berbagai pengalaman. Menjadi terbuka adalah tentang bagaimana memaknai kehidupan. Janganlah ragu untuk berkomitmen pada banyak hal. Demi kayanya pengalaman dan terbukanya kehidupan. Namun, jangan harap kamu dapat dengan mudah melakoninya jika tidak disertai dengan prinsip dan displin tingkat tinggi. Puncak karier hanya milik manusia yang tahan banting dan tak pernah mengeluh sepeserpun!