Bicara selera orang dalam menyantap makanan; ada yang suka bakso, nasi goreng, gudeg, pizza dan lain sebagainya. Kamu mungkin suka bakso, tapi belum tentu pacarmu juga menyukainya. Begitu pula soal preferensi atau kesukaan seseorang, satu dengan yang lainnya pasti berbeda.

Preferensi atau kesukaan ini jelas sangat mempengaruhi kebiasaanmu dalam keseharian. Bukti simpelnya adalah kamu yang punya aktivitas-aktivitas tertentu yang kamu suka dan yang nggak kamu senangi. Namun hidup ini aneh, hal-hal yang nggak disukai justru terkadang sangat bermanfaat bagi siapa saja yang mau melakukannya. Contohnya adalah 6 hal ini; kurang asik untuk dilakukan padahal banyak manfaatnya jika rutin dijalani.

1. Bangun pagi mungkin menjemukan, tapi dengan membiasakannya kamu punya kesempatan untuk lebih produktifitas jalani hari

Bangun pagi via www.unsplash.com

Advertisement

Bangun pagi adalah aktivitas yang sebenarnya mudah, tapi entah kenapa banyak yang nggak melakukannya –termasuk kamu. Dalam kasusmu, alasan yang paling mungkin mendasarinya adalah kebiasaan begadangmu yang nggak kunjung kamu kurangi.

Meski nggak asik dan malas untuk dijalani, tapi bangun pagi jelas memiliki banyak manfaat jika kamu mau melakukannya. Misalnya kamu jadi lebih waktu lebih untuk menjalani aktivitas hari, bisa menghirup udara pagi yang menyehatkan, bisa lebih produktif dan lain sebagainya.

2. Meski capek tapi berolahraga rutin memberikanmu kebugaran tubuh sekarang dan menjauhkan kamu dari beragam penyakit di masa mendatang

Olahraga rutin via www.unsplash.com

Kebanyakan orang mungkin sudah khatam dengan kalimat sehat itu mahal harganya, tapi entah mengapa hanya sedikit yang peduli kesehatannya. Kamu misalnya, berapa kali kamu berolahraga dalam seminggu? Ingatan sehatnya paling ya kalau pas sakit doang, hayoo ngaku?

Advertisement

Sederhananya olahraga nggak cuma dikhususkan untuk Muhammad Zohri, Jonatan Christie, atau atlet-atlet lainnya, melainkan untuk kamu juga. Supaya tubuhmu bugar saat ini dan terhindar dari beragam penyakit di masa mendatang.

3. Mengontrol asupan makan juga memberi banyak manfaat untuk kesehatanmu kini dan nanti. Sebab yang enak belum tentu membuatmu sehat

Enak tapi nggak sehat via www.unsplash.com

Bicara soal kesehatan juga nggak bisa dilepaskan dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Untukmu yang hobi makan apa saja mesti berhati-hati sebab nggak semua makanan baik untuk kesehatanmu, bahkan yang enak sekalipun kadang jahat kandungannya bagi tubuhmu.

Sebelum terjadi hal yang nggak kamu inginkan, maka alangkah lebih baik jika kamu mengontol pola dan apa yang kamu makan sehari-hari. Selain untuk kesehatanmu kini, juga untuk kebugaranmu nanti.

4. Boleh jadi baca buku juga menjadi aktivitas yang membosankan untukmu, tapi ingat otakmu butuh pengetahuan agar masa depan terselamatkan

Biar pintar via www.unsplash.com

Minat baca orang Indonesia terbilang rendah. Dilansir Kompas.com, bersadarkan survei perpustakaan nasional (2017) rata-rata orang Indonesia hanya membaca buku 3-4 kali per minggu, dengan durasi waktu membaca per hari rata-rata 30-59 menit. Sungguh sebuah hal yang nggak bisa dibanggakan.

Semoga kamu nggak termasuk di antaranya, ya. Sebab meskipun membosankan, aktivitas membaca sangat penting bagi otakmu. Semakin banyak membaca, semakin banyak pengetahuanmu. Pengetahuan ini yang menentukan kualitasmu dan mungkin juga karirmu di masa depan.

5. Menabung uang memang susah, tapi apabila kamu sukses melawannya tabunganmu akan menyelamatkan hidupmu dikemudian hari

Menabung via www.unsplash.com

Seiring dengan semakin berkembangnya bisnis online, godaannya untuk membeli ini-itu semakin meningkat, bener nggak? Semua jadi serba mudah. Dampaknya gajimu menjadi sering habis kurang dari sebulan. Padahal kamu masih punya tanggungan untuk masa depan yang nggak sedikit, sebut saja biaya nikah, pendidikan anak, beli rumah dan lain sebagainya. Maka dari tu mulailah membiasakan menabung dari sekarang.

6. Kuliah sambil bekerja memang nggak mudah untuk dijalani. Padahal banyak manfaat yang bisa kamu terima

Kuliah sambil bekerja via www.pexels.com

Kuliah sambil bekerja sekilas mungkin terlihat seperti aktivitas yang melelahkan. Tapi jika menilik dari dampaknya kepadamu jika kamu menjalaninya, sungguh luar biasa.

Selain memberikanmu uang jajan, bekerja sembari berkuliah memberikan pengalaman berharga untuk karirmu selepas kuliah nanti. Lalu kuliah sambil bekerja juga bisa digunakan sebagai pembelajaran untuk menghargai keringat yang menetes dari orang tuamu.

Hidup memang kadang aneh kalau dipikir-pikir; hal yang nggak kamu sukai terkadang adalah yang justru banyak manfaatnya untukmu. Mau nggak mau kamu mesti memilih; apakah kamu ingin bermalas-malasan dengan mengabaikan aktivitas-aktivitas bermanfaat di atas atau bergegas melawan kebiasaan buruk demi kebaikan hidupmu sendiri, kini dan nanti.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya