Pukul 9 pagi adalah waktu yang sakral. Kamu yang masih SMA sebentar lagi sedang menjelang waktu istirahatmu yang pertama. Kamu yang kuliah malah mungkin baru akan menyambut kelas pertamamu hari itu. Kamu yang sudah bekerja? Antara bosan selepas mengantor 2 jam, atau baru mau memulai hari.

Apapun kebiasaanmu yang normal menjelang pukul 9, di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat waktu sakral itu lebih seru. Semoga saran Hipwee kali ini bisa membantumu!

1. Bertanya kabar orang di dekatmu tanpa maksud berbasa-basi

mendengar via mandye.com

Bersikap ramah pada orang sering kita artikan sebagai gestur basa-basi. Bertanya kabar seseorang atau perhatian pada apa yang ia lakukan untuk menghabiskan malam rentan dianggap sebagai tindakan “kepo”. Padahal, belum tentu faktanya itu. Menanyakan kabar bisa menjadi bukti ketulusan seseorang. Lagipula, bukankah kita bisa bertahan hingga sekarang berkat kebaikan dan keramahtamahan?

Jangan malu-malu membuka obrolan dengan di sebelahmu. Mau teman sekelasmu, rekan satu bilik kerjamu, atau bahkan orang asing di jalan: sadari benar-benar kehadiran mereka. Jangan segan bertanya “Kamu sudah sarapan?” dan menawarkan makanan kecil yang kamu bawa. Kalau kebetulan kamu suka sesuatu dari penampilan mereka — mungkin sepatu atau model rambut baru — lontarkan pujianmu! Mereka pasti akan senang jika orang menghargai usaha mereka tampil rapi.

Advertisement

Kita tidak tahu apa yang bisa kita dapatkan dari sekedar mengobrol dengan seseorang. Lebih dari basa-basi yang membunuh waktu, mereka bisa saja mengantarkanmu pada waktu paling menyenangkan seharian itu.

2. Berlatih Yoga Tanpa Harus Takut Kelihatan “Aneh”

Yoga di kantor juga bisa! via www.huffingtonpost.com

Ini untuk kamu yang pagi tadi tak sempat angkat beban atau lari. Kenapa tidak mencoba yoga? Jangan takut kelihatan “aneh” di depan teman-temanmu, karena gerakan-gerakannya sangat sederhana. Kamu bahkan bisa melakukannya sambil duduk di atas kursi.

Pertama, duduklah dengan punggung yang lurus. Hirup napas dalam-dalam, dan perlahan, angkat tangan ke atas seolah kamu ingin meraih langit-langit. Sambil menghembuskan napas pelan-pelan, bengkokkan badanmu ke belakang. Tahan selama beberapa detik, turunkan tanganmu ke samping badan. Ulangi 3 kali.

Mudah, ‘kan?

3. Untuk cowok: memakai cologne. Untuk cewek: poles ulang gincu.

Lipstikku masih utuh! via www.zoella.co.uk

Mungkin kamu sudah beraktivitas selama beberapa jam hari ini. Saatnya untuk membenarkan ulang tampilanmu. Bagi para cewek, pergilah ke kamar mandi sebentar dan poles ulang bibirmu. Bagi kamu yang pria, semprotkan cologne dengan ringan di ujung lengan kemeja. Penampilanmu pun bisa kembali prima!

4. Membuat to-do list yang lebih baik

Beri prioritas pada to-do list-mu. via www.cremedelacraft.com

Pukul 9 adalah waktu yang tepat untuk mulai merencanakan hari. Salah satu cara berencana adalah dengan membuat daftar tugas atau to-do list. Selain bisa memicumu bersemangat mengerjakan tugas, to-do list juga bisa membantu otakmu agar tak terlalu “kepenuhan” akibat harus mengingat sesuatu.

Membuat to-do list yang efektif itu ada rahasianya. Intinya, tuliskan hanya tugas-tugas yang memang pasti akan kamu kerjakan dalam waktu dekat; terakan deadline pengerjaan tugas dengan rinci; pakai kata perintah; dan buat skala prioritas. Lebih lengkapnya, simak artikel Hipwee yang ini.

5. Merebus 2 butir telur

Dua butir telur via indianapublicmedia.org

Belum sempat sarapan? Jangan khawatir! Pergi saja ke kantin dan minta Ibu Kantin merebus 2 butir telur. Kalau kamu sudah bekerja, itu lebih bagus lagi. Kamu tinggal merebusnya sendiri di pantry.

2 butir telur adalah sarapan yang hemat, cepat, namun tetap kaya protein. Bahkan ini adalah salah satu kiat sederhana Li Ka-Shing, orang terkaya di Asia, untuk berhemat di masa-masa sulitnya!

6. Jadi vegetarian sehari

Vegetarian via www.nytimes.com

Kenapa tidak? Cuma sehari saja, kok. Menjadi vegetarian sehari dalam seminggu juga banyak manfaatnya. Pertama, kamu bisa mengontrol tekanan darahmu dan memangkas risiko obesitas, diabetes tipe II, serta beberapa tipe kanker. Kedua, vegetarianisme adalah cara mudah menyelamatkan bumi: 14,5% emisi karbon dioksida di dunia dihasilkan manusia dari industri daging.

Supaya pola makanmu tetap seimbang, konsumsilah produk-produk yang kaya vitamin C: tomat, brokoli, dan stroberi, sebagai contoh. Ini untuk memastikan bahwa tubuhmu masih mampu menyerap zat besi yang diperlukan tubuh dengan baik. Jangan ekstrem juga: kalau kamu biasa makan ayam atau sapi, tentu piringmu akan terasa “kosong” jika kamu tak memakannya hari ini. Karena itu, mulailah dengan makan versi non-daging dari sarapan favoritmu. Roti isi tanpa daging juga bisa enak, kok!

7. Mengicaukan hal yang menyenangkan di Twitter

mengicaukan hal menyenangkan via www.huffingtonpost.ca

Sadar atau tidak, kamu punya pengaruh atas para follower-mu di Twitter. Jika kamu mengicaukan keluhan di waktu sepagi ini, bisa-bisa hari mereka juga ikut runyam. Sebaliknya, jika kamu mengirim tweet berisi hal yang menyenangkan, kamu juga bisa membantu mereka meraih hari yang sama hangatnya.

Hipwee bukannya tidak tahu bahwa pagi harimu bisa sulit. Tapi kamu juga bisa menggunakan berbagai cara untuk tetap menyelamatkan semangatmu. Kamu macet dan telat ke kantor? Ganti pemikiranmu jadi “Nggak apa, yang penting sekarang sudah sampai kantor.” Dapat nilai merah di ulangan Matematika tadi pagi? Ganti pemikiranmu jadi “Aku senang kok, karena paling tidak tadi malam aku sudah berusaha belajar”. Percayalah, ini jauh lebih baik dari mengirimkan tweet marah-marah.

8. Membaca perkembangan proyek Reklamasi Bali

Pelajari, yuk via www.sorgemagz.com

Anak muda baru akan benar-benar cool ketika dia bisa perhatian pada berbagai kejadian di masyarakat. Jangan mau jadi anak muda yang hanya berpikir tentang diri sendiri saja.

Cari berita apa yang sedang hangat hari ini. Kamu bisa memulainya dengan referendum pemisahan Skotlandia dari Inggris Raya, atau protes warga Bali terhadap proyek reklamasi di Benoa. Tidak apa-apa kok kalau kamu tak bisa tahu fakta menyeluruh dari kedua peristiwa itu. Yang penting adalah kemauanmu untuk memelihara rasa ingin tahu!

9. Berdoa atau meditasi

Ibadah adalah sumber kekuatan via serinantiboy.files.wordpress.com

Ini hal penting yang sering kita lupakan! Padahal, berdoa atau meditasi bisa jadi cara ampuh mendapatkan ketenangan. Coba deh ambil 5-10 menit untuk sholat dhuha atau melatih pernapasanmu. Kadang-kadang, satu-satunya cara mengambil kontrol terhadap harimu adalah berserah diri.

Nah, setelah membaca artikel ini, hal mana saja yang rencananya akan kamu lakukan?