Ketika menginjak usia 20-an, hidupmu seakan lebih kompleks dan punya banyak makna dari setiap hal yang terjadi padamu. Kamu tak bisa tinggal diam di usia emas ini, bisa rugi besar jika kamu hanya duduk diam menunggu keberuntungan datang padamu. Tak jarang juga kamu mengalami pertengkaran dalam batin tentang kebimbangan yang kamu alami untuk menentukan sebuah pilihan, karena kamu tidak mau terjebak kedalam pilihanmu sendiri.

Masa-masa pencarian jati diri juga kerap kamu rasakan, mencoba berbagai hal yang belum kamu lakukan sebelumnya bahkan menantang dirimu sendiri demi menjadi pribadi yang lebih baik. Darah mudamu masih sangat bergejolak di usia 20-an semangatmu untuk terus berkembang juga masih terus terpacu oleh banyak faktor. Karena itu, gunakan waktumu sebaik mungkin, manfaatkan semangat di usia 20-an untuk mencari bekal agar tak kehilangan arah di usia 30-an kelak dan 7 hal ini bisa kamu lakukan mulai sekarang.

Buat rencana hidupmu beberapa tahun ke depan, karena itu bisa menjadi acuan semangatmu

Bikin to do list via Www.unsplash.com

Advertisement

Tentukan rencana hidupmu untuk beberapa tahun kedepan. Misalnya, kamu harus lulus kuliah di usia berapa, lalu mau kerja di bidang apa, mau nikah di usia berapa. Karena menjadi visioner itu perlu demi masa depan yang lebih terarah. Tak apa jika memang standar hidupmu ketinggian dan semua masih di angan. Setidaknya kamu sudah punya tujuan, ke mana kamu akan melangkah. Hal tersebutlah yang menjadi acuanmu untuk lebih semangat menggapai ambisimu karena kamu punya motivasi menjalankan rencana hidupmu. Ciptakan banyak planning dan persiapkan plan b jika semua terjadi di luar rencanamu.

Mulai saja dari hal kecil. Seperti, membuat to do list kamu setiap hari mulai dari bangun tidur sampai kamu ingin tidur lagi. Hal apa saja yang ingin kamu lakukan, karena pencapaian itu sederhana kok. Dengan menyelesaikan setiap harimu dengan baik sudah merupakan bentuk pencapaian, lho.

Pintar mengelola keuangan dan mengurangi gaya hidup konsumtif

Save your money, as much as you can via Www.unsplash.com

Sudah saatnya di usia 20-an ini kamu pintar mengelola keuangan dan menjauhi gaya hidup konsumtif demi masa depan yang lebih baik. Gaya hidup konsumtif adalah gaya hidup yang selalu memanjakan hasrat belanja dan membeli sesuatu hal yang bukan menjadi kepentingannya. Misalnya, padahal tasmu sudah banyak tergantung di lemari tapi setiap bulan rasanya selalu ada yang baru. Oke, nggak ada salahnya memang. Tapi sebaiknya kamu sudah mulai berfikir mengelola uangmu untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dan berguna di masa depan. Investasi ilmu atau emas misalnya. Apalagi saat kamu sudah punya pekerjaan yang mumpuni, nyicil rumah kpr sudah perlu dilakukan. 

Jangan hanya meratapi kekurangan, tapi fokuslah dengan kelebihan yang kamu punya

Fokus aja sama kelebihan kamu via Www.unsplash.com

Advertisement

Jangan buang waktu mudamu percuma, kalau kamu hanya fokus pada kekuranganmu dan membandingkan dirimu dengan orang lain, sudah bukan waktunya lagi kamu punya pola pikir sesempit itu. Semakin menua umurmu, harusnya semakin luas juga pola pikirmu. Nikmati saja kekurangan itu, anggaplah itu memang keunikanmu. Toh semua orang tak ada yang luput dari kekurangan. Cari kelebihanmu yang menjual dan menjadi potensimu untuk hidup sukses di masa depan. Selagi kamu masih punya banyak waktu untuk mengembangkannya.

Jangan hanya menunggu kebahagiaan datang, tapi keluarlah dan cari kebahagiaanmu sendiri

Cari kesibukan yang positif via Www.unsplash.com

Sekarang bukan waktunya untuk berdiam diri, kebahagiaan itu perlu dijemput. Kamu butuh inisiatif ekstra untuk mengembangkan potensi dirimu sendiri. Karena kamu perlu tau, nggak ada orang sukses yang hanya duduk santai. Orang yang sudah duduk nyaman di kantoran pun juga pernah melewati masa sulit demi berjuang meniti karir.

Sembari kuliah, kamu perlu ikut komunitas ataupun mengambil kerja paruh waktu yang kamu suka, dari situ kamu akan menemukan apa yang selama ini kamu inginkan, seperti apa kemampuan terpendammu dan banyak pengalaman lain demi softskill yang membuat dirimu lebih bijaksana dalam menghadapi berbagai hal.

Coba lakukan sesuatu yang membuatmu takut, biar dirimu tahu bagaimana menghadapi tantangan hidup

Tantang dirimu dengan melakukan hal yang baru via Www.unsplash.com

Tak ada salahnya melakukan hal yang membuatmu takut, agar kamu tahu seperti apa kemampuanmu. Jangan bilang takut kalau kamu saja belum melakukannya. Selagi hal tersebut masih dalam konteks yang positif, tak ada yang harus kamu takutkan. Berani ambil risiko dan latih kemampuan problem solving mu, karena hal tersebut membantumu jalani hidup di usia 30-an dengan baik, karena di masa depan kelak banyak hal yang lebih rumit dan membutuhkan kemampuan problem solving mu itu.

Mulai merintis usaha sendiri, meski kecil setidaknya itu hasil usahamu sendiri

Jadi pengusaha kecil di usia 20-an itu mantap jiwa~ via Www.unsplash.com

Pasti ada kepuasan tersendiri yang kamu dapatkan saat kamu menghasilkan uang dari usahamu sendiri, meski kecil tapi setidaknya itu memang jerih payahmu. Apalagi kalau punya usaha sendiri, kamu juga bebas menentukan jam kerjamu. Kalau kamu memang berniat berwirausaha, kamu perlu memupuk hal tersebut dengan kesabaran dan kegigihan karena semua butuh proses untuk bisa mencapai apa yang kamu inginkan. Setidaknya, kamu sudah berani melangkah untuk berwirausaha di usia 20-an itu keren banget!

Memahami banyak karakter orang yang kamu temui, agar tahu bagaimana harus bersikap

Pantau tipis-tipis lah~ via Www.unsplash.com

Selain bergaul dengan banyak orang kamu juga perlu memahami seperti apa karakter mereka. Hal tersebut bisa sedikit membantumu terhindar dari banyak konflik, karena kemampuanmu memahami karakter orang lain, kamu pun tahu bagaimana harus bersikap. Sifat yang seperti ini memudahkanmu mencari teman dan mengurangi kesalahpahaman karena kamu bisa menempatkan diri. Dengan siapa kamu harus bercanda, dengan siapa kamu harus serius.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya