Ganteng dan cantik menjadi pusat perhatian itu hal biasa. Pintar atau kaya juga akan menjadi magnet tersendiri untuk orang-orang  Tapi ada juga orang-orang yang punya daya tarik tersendiri yang membuat orang-orang betah di sekitarnya. Orang-orang seperti ini biasanya membuat kamu heran sekaligus kagum.

“Tampang sih biasa aja. Pintar? Nggak juga. Kaya juga kagak. Tapi penggemarnya banyak banget. Ya Tuhaan! Pokoknya kalau deket dia tuh nyamaaan banget. Haha asyik kali ya kalau bisa jadi pacarnya.”

Advertisement

Inilah yang disebut dengan charming, gaes! Terlepas dari kualitas-kualitas khusus seperti penampilan, kecerdasan, ataupun kecerdasan, mereka punya kualitas dalam pembawaan sehari-hari yang membuat nilainya jadi +100 dan membuat semua orang jatuh hati.

Menjadi seseorang yang charming idola semua orang memang erat hubungannya dengan kepribadian. Kamu juga bisa meningkatan level pesonamu dengan cara-cara ini!

1. Tentang segala hal, kamu tak harus menyutujui pendapat orang. Tapi menghormatinya tetap harus dilakukan

menghormati pendapat orang lain

Menghormati pendapat orang lain via www.huffingtonpost.com

Yang namanya satu miliar orang di dunia, perbedaan pendapat bukan sesuatu yang asing lagi. Jika menurutmu yang benar adalah A, bisa saja orang lain yakin bahwa yang benar adalah B. Nggak ada yang aneh dengan hal itu. Kamu juga nggak harus setuju dengan pendapat orang lain. Tapi, perihal menghormati pendapat orang lain itu wajib kamu lakukan untuk menjadi seseorang yang charming. Toh, menghargai dan memberi kesempatan kepadanya nggak berarti kamu menyetujui pendapatnya.

2.  Tak perlu membanggakan diri berlebihan. Rendah hati, sesekali menjadikan kekurangan diri sebagai bahan tertawaan justru akan membuat orang senang

Tidak perlu terlalu membanggakan diri

Tidak perlu terlalu membanggakan diri via www.bfi.org.uk

Advertisement

Ketika kamu sedang dalam percakapan dengan seseorang, bete nggak kalau lawan bicaramu terus-terusan menceritakan kehebatan dirinya sendiri? Nah, orang yang charming tidak pernah melakukan itu. Mereka yang charming juga nggak harus sempurna di segala sesuatu kok. Sama sepertimu, mereka juga manusia biasa, punya kelebihan dan kekurangan.

Yang membuat berbeda adalah rasa percaya diri mereka yang besar membuat mereka nggak ragu untuk mengakui kekurangannya dan bahkan menjadikannya lelucon. Itulah cara mereka untuk tetap rendah hati meskipun di sekitarnya orang kagum setengah mati. Dengan demikian, tentang kekuranganmu itu, orang tidak akan menertawaimu, melainkan tertawa bersamamu. Lebih asyik bukan?

3.  Orang yang charming juga selalu memperlakukan semua orang sama hormat dan baiknya. Itulah yang membuatmu selalu nyaman berada di dekatnya

Perlakukan semua orang dengan sama

Perlakukan semua orang dengan sama via galvanized1061-yahoopartner.tumblr.com

Ada sebuah tes singkat yang bisa kamu lakukan untuk mengetes kepribadian seseorang. Kalau kamu sedang penjajakan dengan gebetan, coba deh ajak dia makan siang, dan lihat bagaimana dia bersikap kepada waiter atau pelayan restoran. Untuk menjadi orang charming, kamu juga nggak boleh membeda-bedakan perlakukan. Siapapun yang kamu temui, mulai dari pejabat sampai tukang sapu jalanan, sebagaimana dirimu, mereka punya hak yang sama untuk berpendapat. Itulah yang membuatmu merasa nyaman saat bersama orang charming, karena dia pandai membuatmu merasa pendapatmu dihargai.

4. Usahakan untuk mengingat nama orang. Senang bukan bila orang yang kamu kenal mengingat namamu dengan cepat dan benar?

Hayo, jangan sampai lupa nama teman

Hayo, jangan sampai lupa nama teman via ripzander.tumblr.com

“Halo. Ah, kamu Vita kan? Dulu kita pernah sebelahan waktu naik angkot.”

Bayangkan bila kamu sudah menyapa seseorang dengan ramah, kalian sudah ngobrol banyak, tapi ternyata dia tidak ingat siapa namamu. Sebal? Pastinya. Karena itu, mengingat nama seseorang bisa menjadi cara untuk bersikap charming. Memang ini nggak mudah untuk kamu yang pelupa. Jangankan nama orang yang baru sekali dua kali kamu temui. Mengingat nama keponakanmu saja terkadang kamu kesulitan. Bila tidak malu, kamu bisa mengambil fotonya dan mencatat namanya. Bilang saja supaya kamu ingat terus namanya. Tapi semoga dia nggak menganggapmu punya niat jahat ya ;p

5. Jangan pernah mendominasi percakapan dengan kisah hidupmu saja. Sebisa mungkin buatlah lawan bicaramu untuk menceritakan dirinya juga

Jangan mendominasi pembicaraan

Jangan mendominasi pembicaraan via www.gettyimages.com

Seorang yang charming nggak butuh waktu dan panggung untuk memukai orang lain dengan kisah hidupnya. Bagi mereka, kisah hidupnya bukan sesuatu yang harus diketahui semua orang. Sebaliknya, mereka justru berusaha membuat lawan bicara untuk bercerita lebih dalam mengenai dirinya. Orang yang charming nggak memikat dengan cerita hidupnya yang hebat, tapi dengan sikap terbuka dan penuh perhatiannya yang membuat orang lain nyaman bercerita karena merasa dianggap.

6. Pepatah senyum itu ibadah ada gunanya juga. Seorang yang charming tidak akan menghadapi orang lain dengan wajah ditekuk dua belas

Senyum adalah senjata

Senyum adalah senjata via sofia-adams.tumblr.com

Memang benar pepatah “Don’t judge people by its cover”, karena seseorang yang terlihat buruk belum tentu benar-benar buruk. Tetapi slogan senyum itu ibadah juga worth it untuk diterapkan. Bila kamu banyak tersenyum, selalu menyambut orang lain dengan ramah dan hangat, otomatis orang juga akan senang berada di dekatmu. Jika kamu selalu memasang wajah bosan, kesal, terganggu, judes, ya siapa yang mau lama-lama berada di dekatmu? Toh banyak senyum juga berpengaruh baik untuk otot-otot wajahmu.

7. Orang charming tidak sungkan untuk mengungkapkan empati atas segala hal buruk yang terjadi pada orang lain

Jangan ragu mengungkapkan empati dan simpati

Jangan ragu mengungkapkan empati dan simpati via ariinisrael.tumblr.com

Salah satu tanda orang charming adalah perhatiannya yang membuat semua orang nyaman dan merasa spesial. Karena itu, jangan ragu untuk mengungkapkan simpati ataupun empati kepada seseorang. Selain itu, jika memang kamu bisa, jangan ragu pula untuk memberikan bantuan bila memang dibutuhkan. Toh, tidak ada salahnya membantu sesama. Siapa tahu di masa depan, gantian kamu yang membutuhkan bantuan.

8. Bila merencanakan sesuatu, jangan hanya wacana. Komitmen untuk melakukan apa yang sudah dikatakan, adalah kelebihan yang langka

whatever

Jangan omong doang via www.bustle.com

“Aku mau jalan-jalan ke Jogja akhir bulan ini. Mau ikut nggak?”

“Ah, kamu udah bilang gitu sejak setahun yang lalu. Mana? Udah beli tiket belum? Jangan cuma ngomong doang.”

Hei hei, sering ingkar pada apa yang dikatakan sendiri adalah jalan singkat untuk menjadi orang yang nggak disukai. Karena itu, usahakan untuk selalu menepati apapun yang kamu janjikan atau katakan. Bila memang kamu nggak bisa menepatinya, ya jangan membuat janji atau ucapan hanya untuk jadi wacana saja.

9. Saat sedang berbicara, kontak mata penting untuk menunjukkan bahwa kamu memang ada di sana. Bukan sekadar mendengarkan tanpa perhatian

Eye-contact jangan lupa

Eye-contact jangan lupa via modelbajumodern.com

Apa yang membuat seseorang begitu betah berada di sisi orang-orang charming adalah karena di sana, mereka merasa dihargai dan diperhatikan. Ketika dalam sebuah percakapan, usahakan untuk tulus berada di sana. Artinya, kamu memang menyimak dan memperhatikan, bukan sekadar mendengarkan tanpa perhatian. Kontak mata adalah faktor penting yang bisa kamu berikan saat berbicara dengan seseorang. Ikut mengangguk saat dia mengangguk, ikut tersenyum saat dia tersenyum, akan membuatnya merasa nyaman dengan dirinya sendiri.

10. Kamu harus tahu kapan lawan bicaramu merasa bosan dan kapan saat yang tepat untuk mengakhiri pembicaraan

Tapi nggak begini juga sih :|

Tapi nggak begini juga sih 😐 via seinfeldlessons.tumblr.com

Belajarlah untuk lebih sensitif mengartikan bahasa tubuh seseorang. Selain ini akan sangat berguna untuk melancarkan proses pedekatemu dengan gebetan, dengan memahami bahasa tubuh seseorang kamu juga akan tahu kapan saat yang tepat untuk mengakhiri pembicaraan. Meskipun awalnya pembicaraan begitu seru dan menarik, bukan berarti rasa bosan tidak bisa datang menghampiri. Agar kesan baikmu tetap terjaga, bila sudah terlihat tanda-tanda lawan bicaramu bosan dan percakapan juga mulai jenuh, ada baiknya kamu segera mengakhiri pembicaraan.

Siapa sih yang nggak mau jadi sosok charming yang diinginkan semua orang? Kecantikan dan ketampanan adalah anugerah Tuhan yang bisa menjadi kelebihan. Tapi untuk menjadi sosok yang menarik, kamu tidak harus cantik ataupun tampan kok. Sosok charming yang menghangatkan banyak hati ini bisa kamu dapatkan dengan pembawaan yang menarik. Membuat orang lain betah di dekatmu juga keahlian yang liar biasa membuat iri lhoo.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya