Inspirasi bisa didapat dari mana aja. Bisa dari obrolan sama teman-temanmu, membaca buku, traveling, maupun menonton film. Ternyata banyak juga loh film-film yang bisa menginspirasi kita untuk sukses.

Pernah gak sih kamu masuk ke gedung bioskop dan merasa dicerahkan setelah keluar dari sana? Film-film yang digarap dengan apik punya kekuatan yang luar biasa untuk menyampaikan pesan-pesan yang menginspirasi penontonnya. Ini dia beberapa film yang bisa menginspirasimu untuk sukses.

1. Fight Club (1999)

Fight Club via hdw.eweb4.com

You are not your job. You are not how much you have in the bank. You are not the contents of your wallet. You are not your khakis. You are not a beautiful and unique snowflake.” – Tyler Durden

Fight Club (1999) bukan hanya sekadar tentang pemberontakan. Film ini mengajari kita bahwa kita seringkali terbelenggu oleh rutinitas kita sendiri. Tanpa sadar kita juga mengikatkan diri dengan hal-hal yang sifatnya kebendaan. Padahal yang kamu punya itu belum tentu mencerminkan dirimu yang sebenarnya.

Advertisement

Lewat figur pendukung Tyler Durden yang diperankan Brad Pitt, si tokoh utama tanpa nama (Edward Norton) menyadari bahwa apa yang dia miliki selama ini sebenarnya gak terlalu berguna bagi dirinya. Bahkan itu justru menahannya untuk berbuat lebih. Ia jadi paham bahwa kebebasan sejati hanya akan didapat setelah kamu bisa merelakan segalanya.

Film ini termasuk klasik dan gak bakal ngebosenin buat ditonton berulang-ulang.

2. Top Secret: The Billionaire (2011)

The Billionaire via yprindonesia.wordpress.com

Kamu mungkin pernah mencicipi snack rumput laut Tao Kae Noi? Film Thailand yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan perjuangan Aitthipat “Top Aitthipat” Kulapongvanich meniti jalannya menjadi seorang pengusaha makanan kecil rumput laut yang sukses di Thailand pada usia 26 tahun.

Meski gagal berkali-kali dalam bisnis, Top membuktikan bahwa latar belakang pendidikan gak selalu menjadi penentu kesuksesan. Dalam berbisnis, perlu kegigihan, keberanian mengambil risiko, dan kemampuan membaca peluang.

3. The Wolf of Wall Street (2013)

The Wolf of Wall Street via www.zoho.com

Let me tell you something. There’s no nobility in poverty. I’ve been a poor man, and I’ve been a rich man. And I choose rich every fucking time.” – The Wolf Of Wall Street

Film berdasarkan kisah nyata tentang Jordan Belfort ini mengajarkan bahwa banyak hal bisa dibeli dengan uang, tapi ada juga hal-hal yang gak bisa kamu beli. Akting Leonardo DiCaprio menginspirasi kita untuk mererenungkan kembali hidup kita saat ini, dan mendorong kita untuk mengejar sesuatu yang lebih baik.

4. 3 Idiots (2009)

3 Idiots via www.fanpop.com

Film India ini berkisah tentang persahabatan 3 mahasiswa teknik mesin yang bernama Farhan, Raju, dan Rancho. Berbeda dengan Farhan dan Raju yang nilainya pas-pasan, Rancho adalah seorang genius, tapi ia berani mendobrak sistem pengajaran di kampusnya yang cenderung jalan di tempat.

Tokoh Rancho menginspirasi kita semua bahwa passion adalah bahan bakar yang baik untuk mencapai cita-cita. Tanpa kecintaan kita dan semangat untuk mengaplikasikannya, ilmu yang kita pelajari gak akan bermanfaat banyak bagi kita. Selain itu Rancho juga mengajarkan untuk melawan rasa takut dan menghalau sikap pesimis.

5. Pursuit of Happyness (2006)

Pursuit of Happyness via www.moviefancentral.com

Pursuit of Happyness adalah kisah menyentuh tentang seorang ayah yang berjuang keras demi anaknya. Film yang dibintangi oleh Will Smith dan Jaden Smith ini diangkat dari kisah nyata seorang salesman bernama Chris Gardner yang berjuang keras untuk lepas dari kesulitan ekonomi, bahkan sempat menjadi gelandangan.

Film ini menginspirasi kita untuk pantang menyerah dan terus berjuang demi orang-orang yang kita kasihi.

Hey. Don’t ever let somebody tell you… You can’t do something. Not even me. All right? You got a dream… You gotta protect it. People can’t do something’ themselves, they wanna tell you you can’t do it. If you want something’, go get it. Period.” – Chris Gardner

6. Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi via campurcss.blogspot.com

Laskar Pelangi mengisahkan anak-anak miskin dari kampung di Belitung yang berjuang demi memperoleh pendidikan. Meski sekolahnya penuh dengan keterbatasan — hanya ada dua orang guru dan sebelas murid, dengan kondisi bangunan yang memprihatinkan — itu gak menyurutkan semangat mereka untuk tetap menuntut ilmu dan berprestasi.

Film ini mengajarkan kita makna semangat dan keikhlasan. Meskipun sukar, segala yang dijalani dengan ikhlas akan membawa kebahagiaan bagi kita. Dan kita diajarkan juga bahwa pendidikan adalah salah satu jalan untuk membebaskan kita dari belenggu kemiskinan.

7. The Social Network (2010)

The Social Network via seyircikoltugu.blogspot.com

Siapa yang gak kenal Facebook? Nah, The Social Network menceritakan drama perjalanan Mark Zuckerberg dalam usahanya mendirikan perusahaan jejaring sosial Facebook serta konflik yang menyertainya.

Terlepas dari kritikan Mark Zuckerberg sendiri bahwa film ini gak akurat, The Social Network adalah film yang bisa menginsiprasi bahwa tiap orang berhak untuk sukses. Tapi film itu juga berpesan bahwa sukses juga bisa membuahkan pengkhianatan.

8. Forrest Gump (1994)

Forrest Gump via www.cinematheia.com

Film yang dibintangi Tom Hanks ini mengisahkan tentang kehidupan Forrest Gump, seorang pria ber-IQ rendah tapi baik hati. Meskipun lamban, banyak pengalaman luar biasa yang dialaminya.

Forrest Gump mengajarkan kita untuk berani bangkit menghadapi tantangan. Ia juga membuktikan bahwa kegigihan, keberanian, dan cinta jauh lebih penting daripada kemampuan dan bakat.

Life is like a box of chocolates…you never know what you’re gonna get.” — Forrest Gump.

9. Rocky (1976)

Rocky adalah film tentang perjalanan seorang petinju underdog untuk menggapai gelar juara. Film ini lebih dari sekadar drama, ia mengajarkan tentang semangat pantang menyerah dan mental juara: meskipun semua orang mengatakan kamu gak akan berhasil, tetaplah berjuang. Karena pada akhirnya kamu sendirilah yang bisa menentukan kesuksesanmu.

Kisah di balik film ini sendiri sangat inspiratif. Film yang ditulis dan dibintangi oleh Sylvester Stallone ini menjadi titik balik kehidupan Stallone yang miskin menjadi bintang sukses seperti yang kita kenal sekarang ini.

10. Slumdog Millionaire (2008)

Slumdog Millionaire via felicelog.blogspot.com

Satu lagi film India yang inspiratif banget. Slumdog bukan sekadar cerita tentang keberuntungan seorang anak India bernama Jamal Malik yang berasal dari lingkungan kumuh. Lewat kehidupan Jamal Malik, kita diajarkan bahwa terkadang kamu hanya perlu percaya pada dirimu dan instingmu untuk menggapai cita cita.

Selain itu, ada salah satu pesan lagi yang bisa kita petik dari film ini: Gak penting dari mana kamu berasal, yang penting adalah ke mana kamu akan menuju.

Itu dia beberapa film yang menurut Hipwee sangat menginspirasi kita untuk meraih kesuksesan. Dari kesepuluh ini, yang mana aja yang udah kamu tonton?